Bacaan Sholawat Ta’zhimul Qiyam dan Keutamaannya

Sholawat ta’zhimul qiyam – Salah satu sunnah yang dianjurkan bagi setiap umat muslim adalah membaca sholawat. Ada begitu banyak sholawat yang bisa dibaca di dunia ini, salah satunya adalah sholawat ta’zhimul qiyam. Sholawat yang satu ini diperkirakan membantu siapapun yang membacanya untuk memperoleh begitu banyak keutamaan dalam kehidupannya, seperti penjelasan yang ada di bawah ini.

Sejarah Sholawat Ta’zhimul Qiyam

Apabila membahas mengenai sholawat ta’zhimul qiyam, kita tidak bisa melepaskan arti yang terkandung dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 begitu saja. Ayat tersebut mengandung arti yang menyuruh seluruh umat Islam yang beriman untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad dan mengucapkan salam penghormatan kepada beliau.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏

Innal laaha wa malaaa'i katahuu yusalluuna 'alan Nabiyy; yaaa aiyuhal laziina aamanuu salluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa.

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Perintah untuk melakukan sholawat itu diperkirakan turun ketika tahun kedua Hijriyah pada bulan Syaban. Itulah yang menjadi sejarah awal mengapa sholawat yang memiliki fungsi utama untuk mendoakan dan menjunjung tinggi Nabi Muhammad menjadi salah satu perintah yang sangat disarankan untuk dilakukan.

Sholawat ini sendiri juga hadir ketika Nabi Muhammad masih memiliki tugas utama yakni menyebarkan ajaran agama Islam pada berbagai macam umat. Berdasarkan riwayat yang sudah diucapkan oleh sahabat Nabi yakni Anas bin Malik RA, beliau menyatakan bahwa Nabi bersabda siapapun yang mengucapkan sholawat akan diampuni dosanya setiap hari.

Baca juga:  Bacaan Sholawat Adrikni dan Artinya

Bahkan jika kita membacanya ketika berdiri, maka dosa yang kita miliki akan segera diampuni sebelum kita duduk. Hal tersebut pun terjadi secara sebaliknya, jika kita membaca sholawat tersebut saat duduk maka dosa akan segera diampuni sebelum kita berdiri.

Bacaan Sholawat Ta’zhimul Qiyam dan Artinya

Bacaan sholawat ta'zhimul qiyam
Arti dan bacaan sholawat ta’zhimul qiyam

Sholawat ta’zhimul qiyammemiliki bacaan yang sangat pendek dan biasanya kita sudah sering mendengarnya dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah, Anda bisa menghapalkannya dengan cepat tanpa harus membutuhkan waktu yang terlalu lama. Inilah bacaan sholawat ta’zhimul qiyam lengkap tulisan arab, latin dan artinya yang bisa Anda hafalkan.

Bacaan sholawat ta’zhimul qiyam arab:

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

Bacaan sholawat ta’zhimul qiyam latin:

Allaahumma shalli 'alaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa sallim.

Arti bacaan sholawat ta’zhimul qiyam:

“Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya.”

Cara Mengamalkan Sholawat Ta’zhimul Qiyam

Seperti yang sudah diriwayatkan oleh sahabat Nabi tadi, cara mengamalkan sholawat ta’zhimul qiyamini bisa dilakukan dengan membacanya setiap hari selama beberapa menit. Bisa dilakukan setelah melakukan ibadah sholat wajib, atau sebelum membaca kitab suci Al-Qur’an selama beberapa kali.

Jika kita rutin melakukannya dan terbiasa membacanya sebelum melakukan berbagai aktivitas tertentu, niscaya sholawat ini akan tertempel di kepala kita dan tidak perlu membuka kertas atau ponsel lagi untuk membacanya. Selain itu, pada bulan Maulid Nabi terkadang akan ada perayaan yang mengumandangkan sholawat ini sebagai bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad.

Manfaat Sholawat Ta’zhimul Qiyam

Gambar sholawat ta'zhimul qiyam
Gambar sholawat ta’zhimul qiyam

Bagi yang sering mengamalkan sholawat ta’zhimul qiyam, diperkirakan akan memperoleh berbagai manfaat yang sangat menguntungkan. Selain sebagai bentuk kehormatan umat Islam kepada Nabi Muhammad, sholawat ini juga akan menghadirkan berbagai manfaat yang fantastis, seperti uraian berikut.

Baca juga:  Keutamaan Sholawat Busyro Beserta Artinya

Dosa Bisa Terhapus

Sebagai manusia biasa, kita pasti akan memiliki dosa yang melimpah dan terlalu banyak hingga tidak bisa dihitung lagi. Dosa tersebut akan menjadi penentu apakah kita masuk neraka atau surga ketika hari kiamat nanti, sehingga perlu ibadah yang sungguh-sungguh agar dosa tersebut bisa hilang.

Membaca sholawat ini menjadi salah satu kegiatan sederhana yang membantu dosa terhapus dari catatan amal kita. Dengan terbebas dari dosa, kemungkinan besar nantinya kita akan selalu dilindungi oleh Allah dan Nabi Muhammad dalam hari akhir nanti.

Dicintai Oleh Lingkungan

Apabila Anda memiliki keinginan tinggi untuk menjadi sosok yang dicintai oleh lingkungan, maka membaca sholawat ini menjadi cara yang wajib untuk dilakukan. Sebab, sholawat ini akan membantu orang lain untuk menganggap Anda sebagai sosok yang bisa dipercaya dan sangat dihormati oleh berbagai orang.

Akan tetapi, hanya mengucapkan sholawat saja tentu tidak akan membantu Anda untuk meraih keinginan tersebut. Pastikan bahwa Anda memang berusaha sebisa mungkin untuk membuat sifat buruk yang dimiliki sebelumnya menjadi lebih baik agar orang lain bisa segan dan selalu menyatakan rasa hormat.

Memperoleh Rezeki yang Diidamkan

Sholawat ini juga akan membantu Anda untuk memperoleh rezeki yang selalu diidamkan sebelumnya. Sebagai contohnya, jika Anda ingin memiliki rumah yang bisa segera ditempati sendiri tanpa harus menumpang dengan orang tua, maka amalkanlah sholawat ini sebagai wirid tetap. Bacalah sholawat ini sebanyak 100 kali sehari selama 40 hari berturut-turut.

Apabila Anda melakukan hal tersebut, maka kemungkinan besar rumah yang diidam-idamkan sebelumnya bisa segera terkabul karena pintu rezeki menjadi terbuka dengan lebar. Namun, jangan lupa bahwa Anda harus tetap mengiringi kegiatan ini sambil bekerja keras dan bersedekah kepada pihak yang membutuhkan.

Baca juga:  Bacaan Sholawat Burdah, Arab Latin dan Artinya

Mensyukuri Nikmat yang Ada

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh dengan sholawat ini adalah kita menjadi pribadi yang lebih lapang dada dan dijauhkan dari sifat iri. Sebab, sholawat ini akan melatih kita untuk selalu mensyukuri nikmat yang sudah dimiliki.

Kesimpulan

Sholawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad memang menawarkan berbagai kelebihan yang mengagumkan. Karena itulah, mengucapkannya setiap hari menjadi salah satu hal yang begitu direkomendasikan untuk seluruh umat muslim yang ada di di dunia ini.

Nah, begitulah arti dan bacaan beserta informasi lengkap mengenai sholawat ta’zhimul qiyamyang dapat Anda pahami. Karena bacaan tersebut mengandung arti yang berusaha menjunjung Nabi Muhammad dengan lebih tinggi, maka alangkah lebih baik jika kita mengamalkannya setiap hari.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …