Sholawat Shohibun Nasab Serta Cara Mengamalkannya

Ada sholawat yang bisa Anda gunakan agar lebih cepat memiliki keturunan. Nama sholawat tersebut adalah sholawat shohibun nasab. Sholawat ini memiliki lafadz yang pendek dan bisa dibaca untuk dzikir selepas sholat, khususnya dzikir untuk minta keturunan yang sholeh dan sholehah. Berikut ini adalah lafadz dan manfaat mengamalkannya.

Sejarah Sholawat Shohibun Nasab

Sholawat shohibun nasab pertama kali disebutkan dalam kitab dengan nama al-Qaulul Lathif fi Bayanin Nasabisy Syarif. Kitab tersebut merupakan karangan Habib atau keturunan nabi yang terkenal, yakni Habib Abu Bakr bin Abdullah al-Atthas. Ibnu Wattiniyah pernah memasukkan sholawat ini di dalam bukunya, yakni Kumpulan Sholawat Nabi Super lengkap.

Sejarah mengenai pembuatan dan latar belakang pembuatan sholawat ini belum diketahui. Namun banyak riwayat yang mengatakan bahwa sholawat ini bisa digunakan untuk memudahkan seseorang memiliki anak dan keturunan yang sholeh dan sholehah.

sholawat shohibun nasab

Lafadz dan Arti dari Sholawat Shohibun Nasab

Untuk memudahkan Anda dalam mengamalkan sholawat ini, berikut adalah lafadz dan arti dari sholawat ini, yakni:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ النَّسَبِ الشَّرِيْفِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin shohibin nasabisy syarifi wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Arti dari sholawat shohibun nasab diatas adalah:

Ya Allah, berikanlah shalawat dan salam sejahtera kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, pemilik nasab yang mulia dan semoga shalawat tercurah kepada para keluarga dan para sahabat beliau, dan juga berikanlah keselamatan.

gambar sholawat shohibun nasab

Cara Mengamalkan Sholawat Shohibun Nasab

Ada banyak cara dalam mengamalkan sholawat ini, Anda bisa memilih salah satu dari cara mengamalkan yang disebutkan dibawah. Jika Anda datang berkunjung ke kiai, Anda juga bisa menggunakan ijazah yang mereka berikan untuk mengamalkan sholawat ini.

  • Dibaca bersama dengan surat al-Furqan ayat 74. Dengan membaca sholawat ini bersama ayat tersebut, Anda akan dimudahkan untuk mendapatkan keturunan yang baik.
  • Dibaca bersama dengan surat al-Anbiya ayat 89. Sama seperti sebelumnya, surat ini juga dibaca bersamaan dengan sholawat tersebut untuk mendapatkan keturunan yang baik.
  • Dibaca bersama dengan surat al-Imran ayat 38. Anda yang kesulitan memiliki keturunan, bisa menggunakan kombinasi surat dan sholawat ini untuk memudahkan proses memiliki anak yang sholeh.
  • Dibaca bersama dengan doa nabi Zakaria ketika meminta keturunan, yakni surat Maryam ayat 4-6. Anda yang ingin mendapatkan keturunan yang baik, sholeh dan juga sholehah bisa membacanya bersama dengan doa nabi Zakaria ketika hendak meminta keturunan pada Allah.
  • Anda bisa membaca sholawat shohibun nasab ini ketika selesai melakukan sholat fardhu. Membacanya secara rutin bersama dengan pasangan akan memudahkan proses untuk mendapatkan anak yang baik.
  • Jika diamalkan dengan istiqomah, maka Anda bisa mendapatkan keturunan dan anak-anak yang saleh dan berakhlak mulia.

Terdapat cara membaca sholawat ini yang bisa Anda gunakan agar proses ikhtiar mendapatkan anak di pemudah, yakni dengan melakukan hal-hal berikut:

Ikhtiar

Anda diminta ikhtiar untuk terus berusaha mendapatkan anak, salah satunya dengan beribadah dan bersikap baik. Ini berdasarkan ajaran yang dilakukan oleh Rasulullah, bahwa bersikap baik akan mendatangkan keberkahan.

Anda bisa meminta doa, memohon kepada Allah dan membaca sholawat minta anak ini sebagai langkah ikhitar. Mereka yang ikhtiar untuk memiliki anak dan disambung dengan membaca sholawat ini, maka prosesnya akan dimudahkan oleh Allah.

Penuhi Hak Anak

Sebelum anak dilahirkan, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan hak anak dengan baik. Misalnya, dengan menyiapkan dana yang cukup untuk menghidupinya. Membaca sholawat shohibun nasab saja tidak akan cukup jika Anda memang tidak berniat untuk memenuhi hak anak.

Beberapa hak anak yang harus Anda penuhi sebelum dia dilahirkan adalah hak mendapatkan pendidikan, hak untuk hidup, dan hak mendapatkan perlindungan dari Anda sebagai orang tua. Dalam Islam, hak anak harus dipenuhi oleh orang tuanya sebelum ia dilahirkan.

Memiliki Sikap yang Sholeh

Anda diminta untuk memiliki sifat yang shaleh, yang bisa ditiru oleh anak jika mereka sudah dilahirkan. Hak anak untuk menjadi anak yang dibesarkan oleh orang tua yang baik, karena itu pastikan Anda memiliki sifat yang baik untuk dicontohkan kepada anak.

Memperbaiki diri untuk mempersiapkan keturunan bisa menjadi ikhtiar bersama pasangan. Dengan memperbaiki sifat yang dimiliki, maka tidak sulit untuk membesarkan anak sesuai dengan tuntunan Islam nantinya.

Manfaat Mengamalkan Sholawat Shohibun Nasab

Berdasarkan keterangan yang telah disebutkan diatas, sholawat shohibun nasab merupakan sholawat yang digunakan untuk meminta keturunan kepada Allah. Banyak ulama yang menyarankan untuk membaca sholawat ini jika ingin mendapatkan anak yang baik, berperilaku sholeh dan cerdas.

Ada banyak cara mengamalkan sholawat ini, bisa Anda pilih salah satu dari cara cara diatas. Jika memang dimungkinkan, Anda bisa meminta pasangan untuk melakukan hal yang sama agar proses untuk memiliki anak dapat dilakukan lebih mudah. Anda juga bisa menggunakan cara-cara kedokteran dan medis sebagai penyeimbang dari langkah-langkah bathiniah dan dogmatis.

Penutup

Anda bisa memanfaatkan doa diatas dan kombinasi ayat-ayat lainnya untuk proses ikhtiar mendapatkan anak. Jika memang dimungkinkan, atas izin Allah, Anda akan mendapatkan seorang anak sebagai keturunan yang baik serta sholeh atau sholehah. Ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk Anda sebagai orang tua.

Demikianlah penjelasan singkat yang dapat penulis martabattujuh.com sampaikan mengenai sholawat shohibun nasab dan bagaimana cara mengamalkannya. Dengan informasi tersebut, semoga Anda bisa lebih mudah dalam ikhtiar memiliki anak dengan cara-cara Islam. Memiliki keturunan bisa menjadi salah satu aspek yang diinginkan oleh semua orang tua di dunia.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …