Bacaan Sholawat Nariyah dan Keutamaan serta Cara Mengamalkannya

Ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh umat muslim untuk mengungkapkan kecintaan kita kepada Rasulullah. Salah satu caranya yaitu dengan memanjatkan sholawat nariyahyang sudah sering dilakukan oleh orang-orang dari zaman dahulu hingga sekarang. Mari kita bahas mengenai cara mengamalkan dan apa saja keutamaan dari sholawat ini.

Sejarah Sholawat Nariyah

Seperti halnya sholawat lain pada umumnya, sholawat nariyah juga memiliki sejarah tersendiri. Proses penyusunan sholawat ini kabarnya disusun oleh seorang syeikh terkenal yang bernama Syeikh Nariyah.

Kabarnya Syeikh Nariyah adalah sosok yang termasuk ke dalam jajaran sahabat nabi sebab beliau hidup ketika Nabi Muhammad masih hidup. Nariyah senantiasa memperhatikan Nabi yang selalu bekerja keras dalam menyampaikan wahyu yang diturunkan oleh Allah dan kegigihan beliau dalam mengajarkan Islam pada orang lain.

Karena sangat kagum kepada Nabi, maka Syeikh Nariyah pun mulai menyusun sholawat yang berisikan doa kepada Allah agar Nabi Muhammad senantiasa berada dalam kesejahteraan dan keselamatan. Sholawat tersebut diturunkan sejak generasi hingga generasi sampai selalu terdengar hingga pada masa modern.

Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Gambar Sholawat Nariyah

Membaca sholawat nariyah dipercaya akan membuat hidup menjadi lebih tentram. Berikut dibawah ini adalah bacaan beserta arti sholawat ini.

Sholawat nariyah arab:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Sholawat nariyah latin:

Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka.

Arti sholawat nariyah:

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.”

Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah di Kehidupan

Kabarnya, proses pengamalan sholawat nariyah ini biasa dilakukan dengan mengucapkannya setelah selesai menunaikan ibadah sholat wajib sebanyak 11 kali. Seseorang juga disarankan untuk membaca sholawat ini sebanyak 21 kali setelah melakukan sholat maghrib atau shubuh sepanjang hari.

Proses pengamalan sholawat ini bisa dilakukan secara individu ataupun berkelompok dengan orang banyak. Beberapa tahun yang lalu, bahkan terdapat sebuah komunitas Islam yang mengadakan acara membaca sholawat ini sebanyak satu juta kali secara bersama-sama yang diperkirakan mencetak rekor di seluruh Indonesia.

Manfaat Sholawat Nariyah

Manfaat Sholawat Nariyah

Selain bertujuan untuk mendoakan Nabi Muhammad, sholawat nariyah juga membawa banyak sekali manfaat bagi siapapun yang mengucapkannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan jika mengucapkan sholawat ini.

Dilindungi dari Penyakit

Manfaat sholawat ini yang pertama yaitu mampu melindungi kita dari penyakit. Sebab sholawat akan memberi kita kesehatan yang melimpah dan membantu kita terhindar dari marabahaya. Kesehatan yang selalu membantu kita dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat bermanfaat agar kita bisa beraktivitas dengan normal.

Agar Keinginan Dikabulkan

Apabila Anda memiliki keinginan yang terlalu banyak namun hanya duduk manis tanpa melakukan apapun, tentunya keinginan tersebut tidak akan bisa terkabulkan. Dengan memanjatkan sholawat, keinginan kita terkabul akan semakin tinggi sebab Allah pasti mendengarkan apa yang diucapkan oleh hamba-Nya yang selalu mencintai Rasulullah.

Pembuka Pintu Rezeki

Jika kita senantiasa membaca bacaan sholawat yang sudah tertera di atas, maka kemungkinan kita tidak akan merasa asing lagi. Sebab, bacaan tersebut memang senantiasa dikumandangkan dan diperdengarkan di masjid setiap waktu sholat sudah hampir datang.

Semakin sering kita membaca bacaan sholawat tersebut, maka Allah pasti akan mengangkat derajat kita dan kemungkinan akan membuat pintu rezeki menjadi selebar mungkin. Karena hal tersebut, jika sedang berada dalam waktu luang dan tidak memiliki kegiatan apapun yang harus dilakukan, membaca bacaan sholawat ini adalah hal yang perlu direkomendasikan.

Menghilangkan Kesedihan

Apabila Anda saat ini merasa dunia sedang tidak berpihak dan dirundung oleh berbagai macam masalah dan cobaan yang datang tidak henti-hentinya, tidak perlu merasa terlalu sedih lagi. Sebab, sholawat ini bisa menjadi salah satu obat penawar yang cukup mujarab. Sholawat yang satu ini dapat meringankan masalah yang sedang dihadapi dan membantu menghilangkan kesedihan.

Hal tersebut tentunya sangat berguna sehingga kita tidak merasa bahwa hanya kitalah orang yang sedang ditimpa oleh masalah yang bertubi-tubi. Allah tidak akan menguji seseorang tanpa mengenal kemampuan orang tersebut, sehingga dengan memanjatkan sholawat kita pasti akan terbantu untuk berpikir dengan lebih rasional dan tidak gampang menyerah begitu saja.

Mempermudah Seluruh Urusan

Ketika hidup di dunia yang fana ini, seluruh umat manusia menyimpan berbagai macam urusan yang masing-masing ingin dikabulkan. Bahkan, tidak jarang urusan ini akan menimbulkan beberapa masalah yang cukup pelik karena kita mengalami kesulitan yang cukup tinggi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kesimpulan

Sholawat nariyah adalah sholawat yang membawa banyak hal baik bagi siapapun yang mengucapkannya. Karena itulah, alangkah lebih baik jika kita selalu mengucapkan sholawat ini setiap hari agar bisa selalu tenang.

Demikian informasi mengenai sholawat nariyah yang bisa diketahui. Karena khasiatnya sudah tidak bisa diragukan lagi, jangan bermalas-malasan dan segera jadikan sholawat ini sebagai rutinitas sehari-hari. Penulis martabattujuh.com berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …