Fadhilah dan Cara Mengamalkan Sholawat Nabi Khidir

Sholawat nabi khidir adalah sholawat yang belakangan banyak dicari umat muslim untuk diamalkan. Pasalnya, sholawat ini memiliki manfaat dan fashilah yang besar apabila diamalkan dengan baik. Dengan mengamalkan sholawat tersebut, Anda akan diberikan kesehatan dan keselamatan dunia akhirat.

Sejarah Sholawat Nabi Khidir

Nabi Khidir merupakan nabi yang kisah hidupnya cukup menarik, sampai sekarang banyak orang yang beranggapan bahwa Nabi Khidir masih hidup. Banyak ulama yang juga masih bersilang pendapat mengenai Nabi Khidir, ada yang mengatakan Nabi Khidir hanyalah seorang yang sholeh, yang lain mengatakannya sebagai nabi.

Dari berbagai penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa Khidir adalah seorang nabi. Hal ini terlihat dengan penyebutannya dalam surat al-Kahfi mengenai pertemuannya dengan Nabi Musa. Dikatakan bahwa Nabi Khidir memiliki pengetahuan yang lebih baik dibandingkan Nabi Musa.

Selain mengenai pertemuannya dengan Nabi Musa, Nabi Khidir juga dikenal karena doa-doa dan sholawatnya. Banyak yang mengamalkan doa dan sholawat dari Nabi Khidir karena dikatakan bisa mengabulkan hajat seseorang.

Bacaan Sholawat Nabi Khidir

bacaan sholawat nabi khidir

Jika Anda tertarik untuk mengamalkan sholawat Nabi Khidir, berikut adalah lafadz dan artinya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

اَللَّهُمَّ كَمَا لَطَفْتَ فِى عَظَمَتِكَ دُونَ اللُّطَفَاءِ، وَعَلوْتَ بِعَظَمَتِكَ عَلَى الْعُظَمَاءِ ، وَعَلِمْتَ مَاتَحْتَ أَرْضِكَ كَعِلْمِكَ بِمَا فَوْقَ عَرْشِكَ ، وَكَانَتْ وَسَاوِسُ الصُدُورِ كَاْلعَلاَنِيَّةِ عِنْدَكَ ، وَعَلاَنِيَّةُ اْلقَوْلِ كَالسِّرِ فِى عِلْمِكَ ، وَانْقَادَ كُلُّ شَىْءٍ لِعَظَمَتِكَ ، وَخَضَعَ كُلُّ ذِى سُلْطَانٍ لسُلْطَانِكَ ، وَصَارَ أَمْرُ الدُّنْيَا والْأَخِرَةِ كُلُّهُ بِيَدِكَ، اِجْعَلْ لِى مِنْ كُلِّ هَمٍ أَصْبَحْتُ أَوْ أَمْسَيْتُ فِيهِ فَرَجًا وَمَخْرَجًا، اللَّهُمَّ إِنَّ عَفْوَكَ عَنْ ذُنُوبِى ، وَتَجَاوَزَكَ عَنْ خَطِيئَتىِ ، وَسِتْرَكَ عَلَى قَبِيحِ عَمَلِى ، أَطمِعْني أَنْ أَسْألَكَ مَا لاَ أَسْتَوْجِبُهُ مِنْكَ مِمَّا قَصَّرْتُ فِيهِ ، أَدْعُوكَ اَمِنًا وَأَسْألُكَ مُسْتَأْنِسًا . وَإِنَّكَ الْمُحْسِنُ إِلَىَّ، ، وَأَنَا الْمُسِيئُ إلىَ نَفْسِى فِيِمَا بَيْنِى وَبَيْنِكَ ، تَتَوَدَّدُ إِلَيَّ بِنِعْمَتِكَ، وَأَتَبَغَّضُ إلَيْكَ بِالْمعَاصِى، وَلَكِنَّ الثِّقَةَ بِكَ حَمَلَتْنِى علَى الْجَرَاءَةِ عَلَيْكَ، فَعُدْ بِفَضْلِكَ وإحْسَانِكَ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الَّرَحِيمُ، وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Allahumma Sholli alaa Sayyidinaa Muhammadin wa aalihi wa shahbihiI wa sallim,
Allahumma kamaa lathafta fii ‘azhamatika duunal luthofaa', wa ‘alauta bi‘azhamatika alal ‘uzhomaa', wa ‘alimta maa tahta ardhika ka’ilmika bimaa fauqa ‘arsyik, wa kaanat wasaawisus shuduuri kal’alaaniyyati ‘indaka, wa ‘alaaniyyatul qauli kassirri fii ‘ilmika, wanqaada kullu syai-in li ‘azhomatika, wa khadha’a kullu dzi sulthaanin li sulthaanika, wa shooro amrud dunyaA wal aakhirati kulluhu biyadika. Ij’al lii min kulli hammin ashbahtu aw amsaiytu fiihi farajan wa makhrajaa, Allahumma inna ‘afwaka ‘an dzunuubiy, wa tajaawazaka ‘an khathii’atII, wa sitraka alaa qabiihiI a’maaliy, athmi’niy an as-aluka maa laa astawjibuhu minka mimma qashhartu fiihi, ad’uuka aaminan, wa as-aluka mustaanisan. Wa innakal muhsinu ilayya, wa anal musii’u ilaa nafsiI fiima baIniI wa bainika, tatawaddadu ilayya bini’matika, wa atabagghodhu ilaika bilma’AashiI, walakinnatS-tsiqata bika hamalatniI ‘alal Jaraa-ati ‘alaika, fa’ud bifadhlika wa ihsaanika ‘alayya. innaka antat tawaabur rahiim, wa shallallahu alaa sayyidina muhammadin wa aalihi wa shohbihIi wa sallam.

Arti sholawat nabi khidir adalah sebagai berikut:

Ya Allah, sebagaimana Engkau bersikap lemah lembut dalam keagungan-Mu melebihi segala yang lemah lembut, dan Engkau Maha Tinggi degan kegungan-Mu atas segala yang agung, dan Engkau Maha Mengetahui apa yang aada di dalam buni-Mu sebagaimana Engkau mengetahui apa yang ada di atas ‘arsy-Mu, dan bisikan hati di sisi-Mu sama seperti ucapan terang-terangan, dan ucapan terang-terangan sama di sisi-Mu dengan bisikan hati, dan tunduklah segala sesuatu kepada keagungan-Mu, dan merendahlah segala yang memiliki kekuasaan kepada kekuasaan-Mu, dan jadilah perkara dunia dan akhirat berada di tangan-Mu, jadikanlah bagiku dari segala keluh-kesah yang menimpaku pada sore / pagi hari kelapangan dan jalan keluar darinya. Ya Allah, sesungguhnya kemaafan-Mu atas dosa-dosaku, dan penghapusan-Mu atas semua kesalahanku, dan penutupan-Mu atas perbuatan burukku, kesemuanya itu mendorongku untuk memohon kepada-Mu apa-apa yang aku tak pantas menerimanya dari apa-apa yang aku teledor padanya, aku memohon kepada-Mu dalam keadaan aman, dan aku meminta kepada-Mu denga keadaan rasa senang hati, sedangkan Engkau adalah selalu berbuat baik kepadaku, dan aku selalu berbuat jahat terhadap diriku sendiri dalam masalah yang menyangkut hubungan aku dengan Engkau, Engkau selalu membuatku menyayangi-Mu dengan senantiasa memberi nikmat-Mu kepadaku meskipun Engkau tidak membutuhkan aku, dan aku selalu membuat-Mu murka dengan bermaksiat kepada-Mu, akan tetapi kepercayaanku kepada-Mu membawaku untuk berani (memohon) kepada-Mu, maka jenguklah aku dengan karunia dan kebaikan-Mu kepadaku, dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat, lagi Maha Penyayang. Semoga Shalawat dari Allah senantiasa terlimpah atas Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya sekalian.

Semoga Shalawat dari Allah senantiasa terlimpah atas Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya sekalian.”

sholawat nabi khidir

Cara Mengamalkan Sholawat Nabi Khidir

Ada banyak cara untuk mengamalkan sholawat Nabi Khidir, salah satunya adalah dengan membacanya setelah shalat lima waktu dengan posisi kaki yang belum berubah dari posisi shalat (tahiyat akhir).

Untuk membaca sholawat ini, Anda bisa sekaligus mengirimkan tawasul kepada Rasulullah, Nabi Khidir Baylyan bin Malkan As, kepada Kyai As’ad Syamsul Arifin dan Maulana Rahmatullah Sunan Ampel. Setelah selesai membaca sholawat Nabi Khidir tersebut, Anda bisa membacakan hajat dan niat Anda.

Manfaat Mengamalkan Sholawat Nabi Khidir

Ada banyak manfaat mengamalkan sholawat Nabi Khidir, salah satunya adalah memudahkan rezeki untuk datang dalam kehidupan. Selain itu, jika Anda ingin berhaji ke Mekah, Anda akan dimudahkan. Begitu pula jika ingin lebih mudah sampai ke Mekkah dan Madinah untuk menunaikan ibadah kepada Allah.

Terakhir, ketika sedang sakaratul maut, Nabi akan hadir untuk menemani. Banyak juga yang mengatakan dengan membaca sholawat ini, maka Anda akan dijauhkan dari berbagai penyakit dan teluh. Banyak ulama yang mengatakan untuk sering membaca sholawat Nabi Khidir di masa pandemic untuk melindung diri.

Penutup

Membaca sholawat Nabi Khidir bisa menjadi salah satu amalan yang bisa Anda lakukan untuk lebih dekat dengan Allah. Meskipun tidak ada riwayat yang shahih mengenai sholawat ini, namun dengan manfaat yang diberikan, tidak ada rugi untuk mengamalkannya.

Semoga informasi dari penulis martabattujuh.com mengenai sholawat nabi Khidir diatas bisa menambah pengetahuan Anda. Untuk Anda yang beragama Islam, Anda bisa mengamalkan sholawat ini sesuai dengan panduan diatas. Namun, Anda tetap bisa membacanya selepas sholat sebagaimana doa biasa.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …