Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Bacaan sholawat munjiyat arab, latin dan artinya – Membaca sholawat adalah hal yang dianjurkan untuk setiap muslim. Inilah kenapa ada banyak jenis sholawat yang bisa Anda temukan dalam kitab kumpulan sholawat. Membaca sholawat bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan hajat yang dimiliki oleh seseorang, salah satunya mengenai sholawat munjiyat.

Sejarah Sholawat Munjiyat

Sejarah dari sholawat ini cukup panjang, awalnya bacaan sholawat ini berasal dari peristiwa yang dialami oleh seorang yang arif dan alim. Kisahnya terdapat dalam Kitab al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala al-Basyir wa an-Nadzir. Orang alim tersebut dikatakan merupakan seorang yang terkemuka dalam tarekat Syadziliyah.

Tersebut seorang ahli tarekat Syadziliyah yang bernama Syekh as-Shalih Musa ad Dahir. Suatu hari, Syekh as-Shalih pergi mengendarai perahu, lalu berkata, ada badai yang menyerangnya ketika berperahu, nama badai tersebut adalah aqlabiyah. Badai ini membuat banyak orang tenggelam dan hanya sedikit yang selamat.

Karena lelah berjuang dengan badai tersebut, maka Syekh as-Shalih kemudian tidur. Dalam tidurnya, ia bertemu dengan Rasulullah dan berkata, “Katakan pada penumpang perahu, mereka harus membaca sholawat ini” sholawat yang disebutkan oleh Nabi merupakan sholawat munjiyat.

Kemudian Syekh as-Shalih bangun dan mengajak seluruh penumpang yang tersisa untuk membaca sholawat tersebut. Dalam bacaan yang ke-300, badai pun reda dan semua penumpangnya selamat.

Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Gambar sholawat munjiyat

Berikut merupakan lafadz yang dari sholawat ini, Anda bisa mengucapkannya sebagai bentuk amalan guna melindungi diri.

Bacaan sholawat munjiyat arab:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Bacaan sholawat munjiyat latin:

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aali Sayyidina Muhammadin shalaatan tunjina biha min jami’il ahwali wal aafaat wa taqdhi lanaa biha jami’al haajat wa tuthahhiruna biha min jami’is sayyiaat wa tarfa’una biha ‘indaka a’lad darajat wa tuballighuna biha aqshal ghayat min jami’il khairati fil hayati wa ba’dal mamaat.

Arti sholawat munjiyat:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan, dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami, dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan, dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi, dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Cara Mengamalkan Sholawat Munjiyat

Ada banyak cara untuk mengamalkan sholawat munjiyat, bisa Anda sesuaikan dengan ijazah yang didapatkan dari kiai, bisa pula dengan mengikuti beberapa cara berikut ini, yakni:

Dibaca Seribu Kali

Anda bisa menggunakan sholawat ini untuk melindungi diri dari berbagai bencana dan masalah yang mungkin menyerang. Caranya dengan membaca sholawat ini sebanyak 1000 kali setiap harinya.

Nantinya dengan seizin Allah, masalah yang tengah dihadapi akan selesai dan Anda bisa membebaskan diri dari bencana yang tengah terjadi. Harapan-harapan yang Anda inginkan juga bisa terkabul dengan izin Allah.

Dibaca Setelah Sholat Fardhu

Anda bisa membaca sholawat ini selepas melakukan sholat, yakni sholat fardhu lima kali sehari. Meski begitu, Anda juga masih bisa membacanya setelah selesai melakukan sholat sunnah yang Anda lakukan.

Dengan membaca sholawat munjiyat secara rutin selepas melakukan sholat, maka permintaan dan keinginan Anda akan terkabul. Anda bisa membacanya bersamaan dengan hajat yang diinginkan.

Dibaca dengan Dzikir

Cara lain yang bisa digunakan untuk membaca sholawat ini adalah dengan menggunakannya sebagai dzikir harian. Anda bisa membacanya dengan bacaan talbiyah yang lain, asmaul husna, doa atau sholawat tambahan.

Dengan membaca secara rutin dan digabungkan dengan dzikir, maka sholawat ini akan menjadi pelengkap doa. Doa-doa yang Anda panjatkan akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Dibaca Setelah Melakukan Sholat Hajat

Anda juga bisamembaca sholawat ini selepas melakukan sholat hajat, harapannya agar hajat, harapan dan keinginan Anda bisa lebih mudah dikabulkan oleh Allah. Dengan membaca doa ini, maka Anda bisa mendapatkan keinginan yang dinantikan.

Sholat hajat sendiri bisa Anda lakukan kapan saja, sesuai dengan waktu luang. Bisa setiap hari, bisa pula dengan melakukannya secara terjadwal. Anda bisa membaca sholawat munjiyat ini dengan doa hajat agar lebih makbul doa yang dipanjatkan.

Sholawat munjiyat

Keutamaan Membaca Sholawat Munjiyat

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, sholawat ini dimaksudkan untuk memudahkan kaum muslimin untuk meminta hajat mereka. Setidaknya ada beberapa manfaat membaca sholawat ini, diantaranya:

Terkabul Hajatnya

Anda yang membaca sholawat ini akan lebih mudah dan terkabul hajatnya. Anda bisa membacanya dengan rutin, bisa pula dibaca dengan kumpulan doa dan sholawat yang lain. Hajatnya akan dikabulkan oleh Allah dan memudahkan Anda untuk mendapatkannya.

Dilindungi dari Musibah

Sebagaimana sejarah dalam munculnya sholawat ini, membaca sholawat munjiyat akan membantu Anda untuk selamat dari musibah yang mungkin terjadi. Anda bisa membacanya ketika sedang menghadapi musibah atau bencana yang mengancam nyawa.

Terhindar dari Marabahaya

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan adalah terhindarnya dari marabahaya yang mungkin mengancam Anda. Apalagi jika dibaca rutin setiap hari, aktivitas sehari-hari akan lebih aman dilakukan, lebih berkah, dan lebih lancar. Sehingga aktivitas berjalan dengan lancar atas izin Allah.

Tanya Jawab

Berikut dibawah ini yang sering dipertanyakan tentang sholawat ini.

Apa khasiat dari sholawat munjiyat?

Khasiat dari sholawat munjiyat jika dibaca secara rutin akan lebih mudah dan terkabul hajatnya. Sholawat ini juga terkenal sebagai sholawat penyelamat bagi mereka yang membaca sholawat munjiyat dengan niat memohon doa dan pertolongan dari Allah SWT. Anda bisa membaca sholawat ini pada awalan bacaan doa yang lainnya seperti doa tahlil.

Berapa kali sholawat munjiyat?

Ada banyak cara untuk mengamalkan sholawat ini. Untuk membaca sholawat munjiyat jika Anda memiliki hajat yang tidak terlalu mendesak, sangat dianjurkan untuk membaca sholawat ini sebanyak 100 kali atau bisa juga 313 kali setiap harinya. Selain itu Anda bisa membacanya diatas dengan subjudul cara mengamalkan sholawat munjiyat diatas.

Kapan waktu membaca sholawat munjiyat?

Banyak cara untuk mengamalkan sholawat munjiyat. Kapan pun bisa dikerjakan, namun jika Anda mempunyai keinginan atau hajat di dunia dan akhirat, bisa dibaca sholawat ini sebanyak 1000 kali di waktu malam hari pada saat melakukan sholat hajat.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan sholawat munjiyat arab, latin dan artinya beserta cara membaca dan bagaimana mengamalkannya. Penulis martabattujuh.com berharap semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda, terutama yang sudah berniat untuk mengamalkan sholawat ini. Anda bisa membacanya secara mandiri setiap hari atau berjamaah dengan orang lain agar lebih berkah.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …