Bacaan sholawat khawwash

Bacaan Sholawat Khawwash dan Artinya yang Mendalam

Diposting pada
Ada berbagai macam sholawat yang bisa kita amalkan, salah satunya sholawat khawwash. Artikel ini Membahas ✓ sejarah ✓ bacaan ✓ cara mengamalkan ✓ manfaat
Bagikan artikel ini

Bacaan sholawat khawwash – Keutamaan membaca sholawat sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi kita sebagai umat muslim. Ada berbagai macam sholawat yang bisa kita baca, baik itu bacaan yang pendek ataupun bacaan panjang. Salah satu bacaan sholawat yang pendek dan bisa dihapalkan adalah sholawat khawwash seperti yang ada di bawah ini.

Sejarah Sholawat Khawwash

Tidak terlalu banyak yang diketahui mengenai sejarah sholawat khawwash ini, akan tetapi satu hal yang pasti adalah sholawat ini lahir ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup di dunia. Hal tersebut terbukti atas beberapa hadits yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad merekomendasikan umatnya untuk membaca sholawat ini agar memperoleh berbagai keuntungan di dunia.

Ada salah satu kisah yang berhubungan dengan sholawat ini. Kisah tersebut dituturkan oleh seorang imam yang bernama asy-Sya’rani’, dan beliau menyatakan bahwa pada zaman Nabi Muhammad pernah ada suatu kejadian yang cukup menyentuh hati umat Islam. Kisah tersebut yaitu ketika ada seorang penduduk negeri Syam yang tiba-tiba datang menghadap Nabi Muhammad.

Penduduk negeri Syam tersebut menyatakan bahwa ayahnya sudah sangat berumur dan buta, namun dia memiliki keinginan yang sangat kuat untuk bertemu dengan Rasulullah. Nabi Muhammad pun menjawab untuk membawa ayahnya menghadap nabi, namun penduduk Syam tersebut menyatakan bahwa ayahnya tidak sanggup untuk melakukannya.

Karena itulah, Nabi Muhammad pun menyarankan penduduk Syam itu untuk menyampaikan pesan pada ayahnya agar mengucapkan kalimat Shollâllâhu ‘alâ Muhammadin selama 7 minggu setiap malam. Jika melakukan hal tersebut, maka niscaya ayahnya akan melihat Nabi Muhammad di dalam mimpi dan mampu meriwayatkan hadits yang berasal dari nabi.

Nasihat pun diikuti oleh ayah penduduk Syam tersebut. Kemudian, beberapa minggu kemudian dia benar-benar melihat Nabi di dalam mimpi dan mendapatkan hadits dari Rasulullah.

Arti dan Bacaan Sholawat Khawwash

Gambar bacaan sholawat khawwash

Bacaan dari sholawat khawwash ini bisa dibilang sangat singkat dan sederhana, namun artinya cukup menyentuh. Karena sholawat ini dapat menjadi salah satu cara bagi kita sebagai umat Islam untuk menunjukkan kepada Allah mengenai kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah bacaan dan arti sholawat ini yang bisa Anda hapalkan.

Bacaan sholawat khawwash arab:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Bacaan sholawat khawwash latin:

Shalallaahu ‘ala Muhammad

Arti sholawat khawwash:

Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad.

Cara Mengamalkan Sholawat Khawwash

Membaca sholawat khawwash direkomendasikan untuk dilakukan selama berulang kali setiap hari karena bacaan ini memang sangat pendek dan tidak akan memakan waktu terlalu lama untuk mengucapkannya. Bahkan, bacaan sholawat ini sudah merasuk ke dalam beberapa pujian-pujian yang biasa diucapkan pada setiap masjid di dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa mengamalkan sholawat ini dengan membacanya setelah selesai melakukan ibadah wajib yakni sholat lima waktu. Selain itu, sholawat ini juga seringkali disenandungkan ketika sudah memasuki waktu Maulid Nabi. Hal tersebut tidak mengherankan karena sholawat ini memang berfungsi untuk mendoakan Nabi Muhammad SAW.

Manfaat Sholawat Khawwash

Sama seperti sholawat pada umumnya, bacaan pendek yang satu ini juga akan membaca begitu banyak manfaat yang melimpah. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat membacanya secara rutin.

Mendapat Pahala Besar

Manfaat utama yang dapat diperoleh saat mengamalkan sholawat ini yaitu mendapatkan pahala dalam jumlah yang besar. Menjadi keinginan bagi setiap umat muslim untuk memperoleh pahala yang melimpah, sehingga mengucapkan sholawat ini setiap hari akan membawa kita untuk hidup dalam jalan yang lurus.

Sholawat ini juga akan membantu kita untuk tidak terjerumus ke dalam nikmat duniawi yang menyesatkan. Hidup yang tenang dan sesuai dengan perintah-Nya akan membuat kita terhindar dari ancaman siksa api neraka yang menakutkan.

Mendapat Ridho Nabi Muhammad

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sholawat ini memang bertujuan untuk mendoakan Nabi Muhammad agar di akhirat bisa selalu hidup dengan nyaman. Apabila kita mengumandangkan sholawat ini setiap hari, kemungkinan bisa memperoleh ridho dari Nabi Muhammad selama kita hidup.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat karena Nabi Muhammad bisa membantu kita terbebas dari ancaman siksa kubur yang tidak bisa dibayangkan lagi tingkat mengerikannya. Karena itu, membaca sholawat ini selalu dianjurkan agar tidak membuat diri berada dalam kerugian.

Rezeki Selalu Diperlancar

Manfaat lainnya yaitu rezeki kita akan selalu diperlancar oleh Allah SWT karena kita selalu mendoakan keselamatan Nabi Muhammad. Hal tersebut terbukti atas adanya riwayat yang menyatakan bahwa siapapun yang membaca sholawat ini niscaya akan diperluas pintu rezekinya dan selalu dicintai oleh orang-orang mukmin.

Dijauhkan dari Malapetaka

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh saat membaca sholawat ini yaitu kita akan selalu dijauhkan dari malapetaka. Dalam hidup, terkadang akan menemui berbagai macam hambatan yang membuat diri merasa frustrasi dan menyalahkan segala keadaan kepada Allah. Dengan membaca sholawat ini, kita akan selalu berada dalam lindungan-Nya dan tidak akan menemui malapetaka yang berbahaya.

Kesimpulan

Setelah membahas mengenai sholawat ini secara mendalam, bisa disimpulkan bahwa sholawat yang turun pada zaman Nabi ini memang membawa begitu banyak keuntungan di dalam kehidupan. Karena itulah, siapapun yang membacanya selama berkali-kali akan dijamin derajatnya dan selalu ditinggikan oleh Allah.

Itulah beberapa informasi mengenai bacaan sholawat khawwash dan artinya yang bisa Anda ketahui. Karena ada begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari sholawat ini, alangkah lebih baik jika Anda menyempatkan beberapa waktu di sela-sela kehidupan sehari-hari untuk membaca sholawat ini.