Sholawat Jibril

Inilah Lafadz Sholawat Jibril dan Manfaat Mengamalkannya

Diposting pada
Sholawat Jibril memiliki banyak fadhilah yang baik. Artikel ini membahas ✓ sejarah ✓ bacaan sholawat jibril arab ✓ latin ✓ arti ✓ cara mengamalkan ✓ manfaat
Bagikan artikel ini

Dalam Islam, sholawat di berikan untuk menjunjung Rasulullah dan Nabi Muhammad. Namun ada beberapa sholawat dengan nama yang berbeda karena sejarah dan fadhilah yang dimiliki, salah satunya adalah sholawat jibril. Sholawat ini memiliki banyak fadhilah yang baik, berikut adalah penjelasan mengenainya.

Sejarah Sholawat Jibril

Sholawat ini dibaca pertama kali oleh Malaikat Jibril, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul. Karena pertama kali dibaca oleh Malaikat Jibril, maka nama sholawat ini lebih dikenal sebagai sholawat Jibril.

Terdapat satu kisah ketika Nabi Adam ingin menyentuh Hawa, namun Allah belum mengizinkannya karena istrinya masih belum halal baginya. Nabi Adam pun diperintahkan untuk membayar mahar agar bisa menyentuh dan menjadikan Hawa sebagai istrinya. Nabi Adam pun bertanya kepada Allah, apa mahar yang harus diberikan untuk Hawa.

Allah menjawab, bahwa Adam harus memberikan sholawat kepada Muhammad, kekasih Allah. Jibril kemudian datang dan membisikkan pada Adam sholawat tersebut. Adam kemudian membacakan sholawat tersebut agar bisa meminang Hawa sebagai istrinya.

Bacaan Sholawat Jibril

Gambar sholawat Jibril Pendek

Ada berbagai macam bacaan sholawat ini, yang paling terkenal adalah bacaan dibawah ini.

Sholawat Jibril arab:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Sholawat Jibril latin: Shalallaahu ‘ala Muhammad

Arti sholawat Jibril: Semoga sholawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad.

Bacaan diatas adalah bacaan yang paling pendek, ada bacaan lain dengan lafadz yang lebih panjang, yakni:

الّلهُمَّاَعْطِنِيثَوَابَصَلَّىاللهُعَلَىمحمدأَنْتَرْزُقَنِيشَيْئًاأَسْتَعِيْنُبِهِعَلَىالطّاعَةِ. سُبْحَانَرَبِّكَرَبِّالِعزَّةِعَمَّايَصِفُوْنَوَسَلَامٌعَلَيالْمُرْسَلِيْنَوَالحمْدُللهربِّالعَالميْن

Sholawat Jibril latin: "Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a'thinii tsawaaba shollallahu 'alaa Muhammad an tarzuqonii syai'an asta 'iinu bihi 'alath-thoo 'ah subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun wasalaamun 'alal mursaliin walhamdulillahi robbil 'aalamiin."

Arti sholawat Jibril: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Shollalahu ‘Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam.”

Gambar sholawat Jibril Panjang

Bacaan sholawat Jibril lain yang juga sering dibaca oleh alim dan ulama adalah:

Sholawat Jibril latin: Shallallah ala Muhammad. Shallallah alaihi wasallam. Anta syamsun anta badrun. Anta nurun fauqo nurin. Anta iksirun wa gholi. Anta mishbahush-shuduri

Arti sholawat Jibril: “Semoga sholawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad. Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah). Engkau bagai matahari. Engkau bagai bulan purnama, engkau cahaya di atas cahaya. Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya. Engkaulah pelita hati.”

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril

Ada banyak cara membaca sholawat jibril, salah satu yang paling terkenal adalah membacanya selepas shalat sebanyak seribu kali untuk mendatangkan rezeki yang baik. Selain cara tersebut, ada beberapa cara lain untuk membaca sholawat ini, diantaranya:

  • Membaca sholawat ini sebanyak 5 ribu kali setelah shalat Duha, maka akan dimudahkan rezekinya.
  • Membaca sholawat ini sebanyak 313 kali setelah melakukan sholat subuh dan maghrib secara teratur. Ini akan memberikan manfaat pada pedagang karena dagangannya akan lekas laris dan barokah.
  • Umat muslim yang membaca sholawat ini satu kali selepas shalat, maka Allah akan memberikan sholawat kepadanya 10 kali. Allah juga akan menghapuskan kejelekannya dan mengangkat derajatnya.
  • Barang siapa yang membaca sholawat Jibril akan dibukakan 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah, meskipun hanya dibaca satu kali saja.
Gambar sholawat Jibril

Manfaat Membaca Sholawat Jibril

Ada banyak manfaat membaca sholawat ini, manfaat tersebut tidak hanya dapat Anda rasakan di dunia, namun juga mendatangkan rahmat dan keberkahan yang akan membantu Anda di akhirat. Berikut adalah beberapa fadhilah dan manfaat yang akan Anda dapatkan dengan membaca sholawat ini secara rutin.

Dicintai Semua Orang

Siapa saja yang membaca sholawat ini dengan hati yang ikhlas, maka akan dibukakan 70 pintu rahmat padanya. Sholawat ini harus dibaca dengan rutin agar bisa dirasakan khasiatnya. Selain pintu rahmat, siapa saja yang membaca sholawat ini akan dicintai oleh semua orang.

Hal ini berdasarkan sabda dari Rasulullah, siapa saja yang membaca sholawat ini, maka Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia. Dengan begitu, manusia tidak akan mudah marah padanya, kecuali manusia yang menyimpan kemunafikan dalam dirinya.

Dapat Melihat Nabi di dalam Mimpi

Membaca sholawat ini secara rutin juga akan membantu Anda bertemu dengan Rasulullah di dalam mimpi. Manfaat dan fadhilah ini didapatkan dari seorang perawi hadis bernama As-Sakhawi, kisahnya dimulai dari seorang lelaki Syiria yang ingin menghadap Nabi.

Lelaki Syiria tersebut datang dan bercerita kepada Nabi bahwa ayahnya buta dan renta, namun ia ingin melihat Nabi. Kemudian lelaki ini disarankan untuk membaca sholawat ini, begitu pula dengan ayahnya yang ingin melihat Nabi. Selepas itu, lelaki yang buta ini kemudian membaca sholawat Jibril selepas melakukan dzikir dan shalat.

Tak disangka, ternyata lelaki ini bisa melihat Nabi Muhammad dalam mimpinya, bahkan akhirnya bisa meriwayatkan hadis dari Nabi.

Melancarkan Rezeki

Membaca sholawat Jibril ternyata juga bisa memudahkan rezeki datang kepada Anda. Sudah banyak riwayat yang mengatakan bahwa membaca sholawat ini akan memudahkan Anda mendapatkan rezeki yang halal dari Allah.

Sholawat ini bisa dibaca langsung atau dibaca dengan tambahan istigfar atau kalimat dzikir yang lain. Jika diamalkan dengan rutin selepas shalat, maka rezeki akan dilimpahkan pada Anda.

Penutup

Meskipun terkesan sederhana, namun membaca sholawat Jibril ini akan memudahkan Anda dalam hidup. Anda bisa membacanya selepas sholat bersama dengan dzikir untuk mendekatkan diri kepada Allah. Semoga informasi tersebut dapat memudahkan Anda yang memang ingin lancar rezeki dan hidupnya. Demikian yang dapat penulis martabattujuh.com sampaikan, semoga dapat bermanfaat.