Ini Dia Bacaan Sholawat Fatih Yang Asli, Punya 4 Keutamaan!

Sholawat Fatih merupakan salah satu bacaan sholawat yang cukup populer dari beberapa macam sholawat nabi lainnya. Sholawat Fatih memiliki kelebihan yang luar biasa layaknya beberapa sholawat lainnya. Seperti sholawat munjiyat, sholawat Jibril dan juga sholawat Nariyah. Namun tahukah kamu bagaimana bacaan sholawat fatih yang asli?

Sholawat Fatih Yang Asli

Dari beberapa versi sholawat fatih yang ada, bacaan yang dinilai paling asli adalah dari Syaikh At Tijani rahimahullah. Mengapa harus dari Syaikh At Tijani rahimahullah? Sebab bacaan sholawat fatih dari Syaikh At Tijani rahimahullah paling umum dan banyak dibaca. Selain itu bacaan sholawat fatih versi Syaikh At Tijani dianggap asli karena belum ada tambahan lafadz-lafadz apapun di dalamnya.

Adapun bacaan sholawat fatih dari Syaikh At Tijani rahimahullah beserta cara membaca dan artinya sebagai berikut bacaan sholawat fatih yang asli dibawah ini.

Gambar sholawat fatih yang asli

Bacaan sholawat fatih yang asli arab:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْ رِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

Bacaan sholawat fatih yang asli latin:

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi Ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ālihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Arti sholawat fatih:

Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

Bacaan sholawat fatih asli ini merupakan sholawat dari Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya, oleh karena itu sholawat ini sering disebut juga dengan rajanya sholawat. Dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56 dijelaskan tentang bagaimana sholawatnya Allah kepada Rasul dan jawabannya yakni sholawat fatih inilah yang asli.

Sholawat Fatih tidak hanya menjadi sholawat pembuka bagi sholawat-sholawat lainnya, melainkan juga menjadi sholawat penutup. Dan berkat dari sholawat fatih ini, semua sholawat-sholawat pengiring lainnya diturunkan. Dalam kitab-kitab karya Syaikh At Tijani sholawat fatih disebut dengan raja sholawat karena merupakan sholawat yang diajarkan langsung oleh Rasulullah kepada para sahabat.

Sholawat fatih yang asli

Keutamaan Mengamalkan Bacaan Sholawat Fatih

Sama seperti dengan bacaan sholawat lainnya, Bacaan sholawat fatih yang asli ini juga memiliki fadhilah atau keutamaan yang sangat luar biasa. Bersholawat sama halnya dengan berdzikir atau berdoa kepada Alah, yakni supaya allah memberi rahmat serta anugerah-Nya kepada Rasulullah SAW. Berdzikir dengan sholawat itu artinya tidak hanya mengingat Allah saja semata melainkan juga kepada Nabi Muhammad SAW. Jika mengingat Allah bisa membuat hati merasa tenang, maka ditambah dengan mengingat Rasul-Nya pasti akan semakin tentram. Karena Nabi Muhammad SAW adalah rahmat bagi seluruh alam.

Berikut ini keutamaan lainnya jika mengamalkan bacaaan shaawat fatih setiap saat:

Mendapatkan pahala 600.000 ribu kali lipat

Dalam sebuah pendapat dijelaskan jika “Barang siapa membaca sholawat fatih 1 kali, maka itu sebanding dengan membaca sholawat lainnya sebanyak 600.000 kali.” Pahala yang didapatkan dari sholawat fatih sangatlah besar yakni 600.000 kali lipat dibandingkan dengan sholawat-sholawat lainnya.

Jika dengan membaca 1 kali sholawat fatih saja pahala yang didapatkan 600.000 kali lipat, lalu bagaimana jika membaca sholawat fatih sebanyak 100 kali atau bahkan lebih. Maka tentu saja pahala yang bisa didapatkan akan semakin banyak.

Keutamaan membaca sholawat fatih 1x

Dalam Kitab Alfadz Ash Sholawat dijelaskan jika syaikh Ash Showi rahimahullah berkata, “Sholawat fatih ini memiliki nasab dari Sayyid Al Bakri. Barang siapa yang membaca sholawat fatih 1x seumur hidupnya, maka ia tidak akan masuk neraka.” Kemudian dijelaskan oleh salah satu keturunan Rasullullah dari wilayah barat yakni Sayyid Al-Magrib jika “Sholawat fatih ini berasal dari lembaran-lembaran yang turun kepada Rausululah dari Allah.”

Pendapat inilah yang juga mengatakan bahwa bacaan sholawat fatih yang asli bukanlah karangan dari manusia. Melainkan sholawat yang asli turun dari Allah SWT. Sehingga khasiat dan keutamaan dari bacaan sholawat fatih yang asli ini tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Keutamaan membaca shalawat fatih 100 kali

Dalam Kitab Majmu’ karangan dari Al Ustadz As Sayyid Ahmad Dahlan menyebutkan bahwasanya sholawat atih memiliki silsislah dengan Syaikh Abdul Qadir Al Jailan. Sholawat ini sangat bermanfaat untuk siapa saja yang mau membaca dan mengamalkannya. Sudah banyak para uama yang menjeaskan tentang rahasia keajaiban dari sholawat fatih, bahkan sampai dianggap keajaibannya tidak masuk akal.

Baang siapa membaca sholawat fatih setiap hari seabnyak 100 kali maka Allah aan mengabulkan segala haja-hajat ang diminta oleh hambanya. Allah juga akan menghilangkan segala penghalang-pnghalang dan memberikan cahaya kepada  orang yang mengamalkannya.

Keutamaan membaca sholawat fatih 1000 kali

Kemudian dalam Kitab Alfadzush Sholawat dijelaskan, jika mengamalkan sholawat fatih sebanyak 1000 kali terutama pada malam senin, malam kamis atau malam jum’at. Maka Allah akan mengumpulkannya bersama Nabi Muhammad SAW dan bisa mimpi bertemu langsung dengan Rasul.

Penutup

Dengan demikian sangat beruntung sekali orang-orang yang selalu membaca dan mengamalkan bacaan sholawat fatih yang asli meskipun hanya 1 kali. Karena menjadi raja dari semua sholawat, maka tentnya selain pahala yang didapatkan lebih besar. Membaca sholawat setiap saat juga akan mendatangan kebaikan yang besar pula. Penulis berharap agar artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua umat muslim.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …