Keutamaan Sholawat Busyro Beserta Artinya

Mengucapkan sholawat menjadi salah satu kegiatan yang selalu dianjurkan sejak zaman Nabi. Hal tersebut karena sholawat membawa banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita. Untuk itu, mari kita simak beberapa keutamaan sholawat busyro dan artinya yang sangat mendalam dan begitu indah.

Sejarah Sholawat Busyro

Berdasarkan sejarah, sholawat busyro lahir dari sebuah mimpi yang dialami oleh putra Habib Hasan Baharun. Cerita ini diungkapkan oleh Habib Segaf dan beliau mengatakan bahwa putra Habib itu memimpikan Rasulullah yang memberi sholawat ini sebagai salah satu bentuk kepeduliannya terhadap seluruh umat.

Bacaan Sholawat Busyro Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Gambar sholawat busyro

Membaca sholawat ini dianggap menjadi salah satu bukti bahwa kita mencintai Nabi Muhammad SAW, Karena itu kita harus melakukan sholawat ini setiap shubuh agar hidup menjadi lebih lancar lagi. Berikut dibawah ini adalah bacaan sholawat busyro arab yang bisa Anda hafalkan.

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

Sholawat busyro latin: Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin shaahibil busyraa shalaatan tubasysyiruna bihaa wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii’a masyaayikhinaa wa mu’alliminaa wa thalabatanaa wa thaalibaatinaa min yawminaa haadzaa ilaa yawmil aakhirah.

Arti sholawat busyro: “Ya Allah, semoga rahmat dan keselamatan senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad pemilik kabar gembira yang memberi kabar gembira kepada keluarga kami, anak-anak kami, guru-guru kami, para pengajar kami, dan siswa-siswi kami sejak hari ini hingga sampai hari akhirat.”

Cara Mengamalkan Sholawat Busyro

Untuk mengamalkan sholawat ini, kita dianjurkan untuk membacanya pada waktu masih pagi hari atau setelah melaksanakan sholat shubuh sehingga bisa semakin manjur. Untuk jumlah bacaannya yaitu kita bisa membacanya sebanyak 41 kali, karena itu marilah kita meluangkan diri untuk membaca sholawat ini sebagai salah satu rutinitas setiap hari.

sholawat busyro

5 Keutamaan Sholawat Busyro yang Sangat Manjur

Sholawat ini memiliki manfaat, keutamaan dan memang sangat manjur jika diamalkan. Berikut dibawah ini 5 keutamaan dari sholawat tersebut.

Mengabulkan Seluruh Permintaan yang Baik

Keutamaan sholawat busyro yang pertama yakni mampu mengabulkan seluruh permintaan baik. Sebagai manusia, pastinya kita memiliki berbagai macam permintaan yang ingin kita raih baik itu dalam bidang pendidikan, hiburan, atau berbagai hal lainnya. Tidak ada yang namanya permintaan bisa terkabul tanpa berdoa dan memanjatkan sholawat terlebih dahulu.

Karena itulah, sebagai umat muslim yang mencintai Rasulullah kita harus mampu memunajatkan sholawat ini agar permintaan yang kita miliki bisa segera terkabulkan dalam waktu dekat. Bahkan permintaan sekecil apapun yang kita miliki dapat menghasilkan kesenangan tersendiri jika kita segera mendapatkannya.

Disehatkan Rohani dan Jasmani

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, pastinya kita ingin selalu beraktivitas dengan lancar tanpa mengalami gangguan apapun. Karena itulah kita menginginkan kehidupan yang penuh dengan kesehatan baik itu dalam hal rohani ataupun jasmani. Tanpa adanya kesehatan yang maksimal, kita tidak akan bisa beraktivitas sesuai dengan harapan.

Dengan mengucapkan sholawat ini, kemungkinan besar kita akan diberi kesehatan yang melimpah dalam bentuk rohani dan jasmani. Kita pun akan terbebas oleh berbagai macam ancaman kesehatan yang tidak diinginkan sama sekali, dan bisa beraktivitas dengan sesuka hati. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa rezeki paling indah adalah diberi kesehatan yang konstan.

Rezeki Semakin Lancar

Siapapun pastinya akan menginginkan rezeki yang melimpah untuk membuat hidup menjadi mudah. Rezeki hanya bisa didapatkan jika kita berusaha sekeras mungkin dan tidak berhenti bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Hanya saja, usaha tidak cukup untuk membantu kita meraih rezeki yang melimpah.

Sejak zaman dahulu, umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan sholawat agar rezeki yang didapatkan menjadi lebih banyak dan tidak terhambat. Jika setiap hari kita mengucapkan sholawat sebagai bentuk cinta kepada Nabi, sudah pasti nantinya rezeki kita akan selalu dibantu oleh Allah SWT.

Segala Urusan Semakin Mudah

Mengucapkan sholawat setiap hari juga menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh agar urusan kita menjadi semakin mudah dan lancar. Urusan duniawi dan akhirat akan semakin gampang untuk ditempuh jika pikiran kita tenang dan tidak gampang panik.

Memanjatkan sholawat kepada Rasulullah dikatakan menjadi salah satu cara yang mampu membuat hati kita menjadi lebih tenang dan bisa berpikir dingin ketika dihadapkan pada berbagai macam masalah yang menanti. Karena itu, jika ingin urusan duniawi dipermudah maka alangkah lebih baik jika kita selalu memunajatkan sholawat kepada junjungan kita semua Nabi Muhammad SAW.

Membawa Kabar Kesenangan yang Bahagia

Selain rezeki dan urusan duniawi, sholawat busyro yang dipanjatkan setiap hari juga mampu membawa kita pada kabar yang membawa kesenangan. Terkadang hidup akan dipenuhi berbagai cerita yang tidak kita antisipasi sebelumnya, baik itu berita yang membuat hati menjadi kecewa ataupun berita yang justru membawa kebahagiaan.

Sholawat akan membantu kita untuk selalu merasa tabah dan menerima dengan lapang dada atas segala hal yang terjadi di kemudian hari. Sehingga jika kita sudah merasa siap, kita mampu mengatasi hal tersebut dengan hati yang ikhlas tanpa harus merasa kecewa dengan keadaan yang sudah terjadi.

Kesimpulan

Berdasarkan seluruh informasi di atas, sholawat busyro yang disadur dari Habib Segaf ini memang membawa banyak sekali manfaat. Tidak ada salahnya jika kita selalu berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah informasi mengenai sholawat busyro yang dapat Anda pahami. Mengucapkan sholawat menjadi salah satu hal yang paling penting dan selalu direkomendasikan oleh seluruh ulama di dunia, sehingga sebagai umat yang taat kita harus mampu mengamalkan sholawat tersebut dan mengimplementasikannya. Penulis martabattujuh.com berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …