Bacaan Sholawat Burdah, Arab Latin dan Artinya

Jenis sholawat dalam Islam ada banyak macamnya, mulai dari sholawat syifa, sholawat nuril anwar hingga sholawat burdah. Sholawat ini akan memberikan banyak manfaat kepada mereka yang mengamalkannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai sholawat burdah, ladafz dan juga fadhilah karena mengamalkannya.

Sejarah Sholawat Burdah

Burdah memiliki terjemahan mantel dalam bahasa Arab, riwayat lain mengatakan bahwa kata burdah berasal dari kata bur’ah, yang bermakna kesembuhan atau syifa. Sholawat ini disusun oleh Imam Busyiri, ia merupakan penyusun syair yang terkenal di zaman Rasulullah.

Imam Busyiri membuat sholawat ini setelah diminta oleh Rasulullah membuat sholawat atau syair yang berasal dari mimpi Rasulllah. Tak butuh waktu lama, Imam Busyiri pun membuat sholawat dengan rincian dari mimpi Nabi Muhammad.

Namun, ada riwayat lain yang mengatakan bahwa Imam Busyiri membuatnya dengan cara yang berbeda. Imam Busyiri dikatakan pernah menderita sakit setengah lumpuh yang tidak kunjung sembuh, penyakit ini disebut sebagai faalij. Penyakit ini tidak kunjung sembuh meskipun sudah pergi ke dokter manapun.

Suatu hari, Imam Busyiri bermimpi bertemu dengan Rasulullah, di dalam mimpi tersebut Imam diminta untuk membuat syair yang isinya memuji Rasulullah. Imam Busyiri kemudian menyusun sholawat burdah dengan 10 pasal. Menurut riwayat, syair sholawat ini dibuat sekitar tahun keenam atau ketujuh Hijriyah.

Setelah membuat sholawat tersebut, Imam Busyiri bertemu kembali dengan Rasulullah yang menyelimuti dirinya dengan mantel atau burdah. Setelah mendapatkan mimpi tersebut, Imam Busyiri langsung sembuh dari sakitnya. Inilah alasan sholawat ini dinamakan burdah setelahnya.

Sholawat ini juga tersebar di berbagai kalangan umat muslim di seluruh dunia. Sekitar 20 orang ulama juga memberikan syarah atau ijazah mengenai sholawat ini. Salah satu ulama yang terkenal karena mensyarahkan sholawat ini adalah Imam Baijuri dan Imam Syaburkhuti.

Lafadz dan Arti Sholawat Burdah

Berikut ini merupakan lafadz dari sholawat burdah yang terkenal, Anda bisa membacanya kapan saja sebagai bentuk dzikir kepada Allah dan puji-pujian kepada Rasulullah.

Bacaan sholawat burdah arab:

مَوْلَايَ صَلِّي وَسَلِّـمْ دَآئِــماً أَبَـدًا ۞ عَلـــَى حَبِيْبِـكَ خَيْــرِ الْخَلْقِ كُلِّهِمِ

هُوَالْحَبِيْبُ الَّذِيْ تُرْجَى شَفَاعَتُهُ ۞ لِكُلّ هَوْلٍ مِنَ الْأِهْوَالِ مُقْتَحِـــــــمِ

أَمْ هَبَّتِ الرِّيْحُ مِنْ تِلْقَاءِ كَا ظِمَةٍ، وَأَوْمَضَ الْبَرْقُ فِى الظَّلْمَاءِ مِنْ إِضَمِ

يَا رَبِّ بِالْمُصْطَفَى بَلِّغْ مَقَاصِدَنَا، وَغْفِرْلَنَامَامَضَى يَاوَاسِعَ الْكَرَمِ

Bacaan sholawat burdah latin:

Maulaa ya shollli wasallim daaiman abada, ‘alaa habiibika khoiril kholqi kullihimi
Amin tadzakkuri jirooni bidzi salami, mazajta dam’an jaroo muqlatin bidami
Am habbatirriihu mintilqooi kaadhzimatin, wa auwmadhzol barqu fidz dhzomaai idhzomi
Ya Robbi bil Musthofa balligh maqoo sidanaa, waghfirlana mamadhzo yaa wa-asi’al karomi

Arti dari bacaan sholawat burdah:

Wahai Tuhan kami (Allah Swt) curahkanlah selalu sholawat dan salam selalu selama – lamanya dan abadi, kepada kekasih-Mu (Muhammad) yang terbaik diantara semua makhluk.

Apakah karena teringat tetangga yang tinggal di Dzalim, sehingga engkau cucurkan air mata bercampur darah yang mengalir di matamu.

Ataukah karena tipuan angin kencang yang kencang yang berhembus dari arah “Kadzhimah”, atau karena sinar kilat yang membelah kegelapan malam dari Gunung “Idhzam”.

Wahai Tuhanku demi Al-Musthofa Muhammad, sampaikanlah maksud dan hajat – hajat kami, dan ampunilah dosa – dosa kami yang terdahulu wahai Yang Maha Luas dan wahai Yang Maha Dermawan.

Cara Mengamalkan Sholawat Burdah

Ada banyak cara untuk mengamalkan sholawat burdah, diantaranya adalah:

  • Anda bisa membaca sholawat ini sebelum meminum air, setelah selesai tiupkan nafas ke dalam air tersebut. Nantinya air ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.
  • Jika Anda ingin anak Anda cerdas dan memiliki perilaku yang sholeh, Anda bisa membacakan sholawat ini untuk membuatnya cepat pintar, sholeh ataupun berperilaku baik. Cukup dibaca satu kali seminggu secara terus menerus.
  • Anda juga bisa membaca sholawat ini seminggu sekali di rumah. Nantinya rumah tersebut akan dipelihara oleh Allah dan orang-orang di dalamnya akan mendapatkan hati yang tenang.
  • Hal yang sama jika Anda membacanya seminggu sekali dalam satu kampung. Dalam satu minggu tersebut satu kampung akan terlindungi dari kebakaran dan musibah lainnya.
  • Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, cukup dibaca satu kali sepanjang malam untuk memudahkan proses penyembuhan penyakit.
  • sholawat burdah juga bisa digunakan untuk menjinakkan binatang buas agar tidak mengganggu manusia. Ada riwayat yang mengatakan bahwa terjadi musim paceklik dan banyak binatang buas berkeliaran, cukup dibacakan sholawat ini secara rutin dan rumah-rumah akan lebih aman.

Ketika membaca sholawat ini, Anda disarankan membaca dari awal sampai akhir. Namun karena liriknya yang panjang, Anda bisa memilih beberapa bait untuk dibaca agar lebih mudah dalam pelafalannya.

Manfaat Mengamalkan Sholawat Burdah

Beberapa manfaat sholawat burdah sudah disebutkan diatas, namun manfaat sholawat ini tidak hanya berhenti disana saja. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengamalkan sholawat ini, diantaranya adalah:

Mengabulkan Hajat

Banyak yang menggunakan sholawat ini untuk mengabulkan hajat yang dimiliki oleh manusia. Hajat akan lebih mudah dikabulkan atas izin Allah dengan membaca sholawat ini secara rutin.

Terhindar dari Santet

Anda bisa melindungi diri, keluarga, dan lainnya dari berbagai gangguan, mulai dari jin, santet, hingga hal yang ghaib. Cukup dengan membaca sholawat ini secara rutin setiap harinya.

Lebih Cinta kepada Rasullah

Anda yang rutin membaca dan mengamalkan sholawat ini bisa lebih dekat dan cinta dengan Rasulullah. Ini tentu membuat hati lebih tenang dan bersih karena bisa meniru berbagai perilaku baik Nabi.

Penutup

Manfaat dari sholawat burdah sangat besar, karena itulah Anda disarankan membacanya secara rutin. Anda bisa membacanya selepas sholat fardhu atau menyanyikan syair-syairnya. Jika dibaca dengan ikhlas dan hati yang lapang, tentu Anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya.

Check Also

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …

Exit mobile version