Bacaan Sholawat Bani Hasyim Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sholawat bani hasyim – Ada banyak jenis sholawat, masing-masing memiliki manfaat dan keutamaannya sendiri. Salah satu yang belakangan banyak diamalkan adalah sholawat bani hasyim. Sholawat ini memiliki sejarah yang menarik dan manfaat yang besar jika diamalkan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenainya.

Sejarah Sholawat Bani Hasyim

sholawat bani hasyim

Sejarah dari sholawat ini masih simpang siur, namun banyak dikatakan bahwa sholawat ini diwajibkan untuk mereka yang bertarekat Naqsabandiyah. Sejarahnya bisa ditilik dari Syaikh Mursyid Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad yang berguru pada Syeikh Kholil Bangkalan Madura.

Syeikh Mursyid mendapatkan ijazah khusus sholawat ini, kemudian Syeikh Mursyid pulang dari Madura naik perahu. Namun perahu tersebut tidak memiliki dayung atau layar, padahal Syeikh Mursyid rumahnya di Cirebon. Karena sudah diijazahi oleh Syeikh Kholil mengenai sholawat bani hasyim, maka Syeikh Mursyid membacanya di sepanjang perjalanan.

Atas izin Allah, dengan sholawat tersebut Syeikh Mursyid bisa sampai ke Cirebon dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Ada sejarah lain yang mengatakan bahwa sholawat ini berdasarkan kisah keluarga Nabi Muhammad, yakni Bani Hasyim yang dulu pernah diboikut oleh Suku Quraisy di Mekkah.

Bani Hasyim di boikot selama 3 tahun, tidak diberikan makan, tidak boleh melakukan perdagangan dan tidak boleh menikah dengan suku lainnya di Arab. Kemungkinan munculah sholawat ini untuk menguatkan hati dan iman yang dimiliki oleh Bani Hasyim, terutama yang beragama Islam.

Sampai sekarang sholawat ini banyak dilafadzkan dengan tujuan yang sama, yakni memberikan ketenangan pada pembacanya, terutama jika hatinya sedang sedih atau gundah.

Bacaan Sholawat Bani Hasyim Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Mengamalkan sholawat tentu menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Anda juga bisa mengamalkan sholawat ini dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah lafadz dan artinya.

Bacaan Sholawat Bani Hasyim arab:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِىِّ الْهَاشِمِىِّ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Bacaan Sholawat Bani Hasyim latin:

Allahumma shalli ‘alán-nabiyil Håsyimiyyi Muhammadin wa’ala alihi wa sallim tasliman

Arti Sholawat Bani Basyim tersebut adalah:

Ya Allah, berikanlah rumat serta salam kepada seorang nabi keturunan bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera.

Cara Mengamalkan Sholawat Bani Hasyim

gambar sholawat bani hasyim

Ada banyak cara untuk mengamalkan sholawat ini, jika Anda tertarik untuk mengamalkannya berikut adalah rincian penting yang harus Anda ketahui mengenainya.

Dibaca Setelah Sholat Fardhu

Anda bisa membaca sholawat ini setelah menyelesaikan sholat fardhu. Sholawat ini merupakan bacaan yang pendek, sehingga bisa dibaca untuk dzikir atau dibaca dalam doa selepas melakukan sholat.

Dibaca Setelah Sholat Sunnah

Selain sholat fardhu, Anda juga bisa membacanya setelah selesai melakukan sholat sunnah. Manfaat dari membaca sholawat ini adalah ketentraman hati, sehingga membacanya sehari-hari akan membuat hati menjadi lebih tenang dan tidak gundah.

Dibaca Sebagai Dzikir

Cara lainnya adalah membaca sholawat tersebut sebagai dzikir, cara ini juga sering dilakukan oleh ulama dan kiai. Dengan berdzikir menggunakan sholawat dan kalimat talbiyah, maka Anda bisa mendapatkan hati yang tenang dan lebih dekat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Dibaca Ketika Perjalanan

Cara lainnya untuk membaca sholawat bani hasyim adalah dibaca ketika sedang melakukan perjalanan. Ini dicontohkan dengan Kiai Mursyid sebelumnya, yang berlayar dari Madura ke Cirebon tanpa layar dan dayung, namun bisa sampai ke Cirebon dengan selamat.

Selain beberapa cara diatas, Islam juga memberikan rincian bagaimana membaca sholawat. Cara ini bersifat umum, tidak hanya untuk sholawat ini saja, namun untuk semua jenis sholawat yang disyariatkan atau tidak disyariatkan sebelumnya oleh ulama, cara tersebut adalah:

  • Dibaca sebagai ibadah dan dalam bentuk dzikir, khususuny auntuk syariat yang disyariatkan. Ibadah ini dibangun berdasarkan sunnah yang sebelumnya dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.
  • Memperbanyak membaca sholawat di waktu tertentu, misalnya malam jumat, atau ketika nama Nabi Muhammad disebut atau diucapkan. Ini sebagamana hadis shahih lain yang mengatakan bahwa bersholawat kepada Nabi mendatangkan banyak pahala.
  • Tidak menentukan jumlah, cara, atau waktu yang tidak ditentukan secara syariat. Dalam artian, Anda tidak memiliki batasan kapan membaca sholawat bani hasyim asalkan tidak bersifat bid’ah.
  • Sebaiknya bersholawat dilakukan secara mandiri, tidak dilakukan secara berjamaah. Dianjurkan pula menggunakan suara yang lembut atau siir, tidak keras dan tidak mengganggu orang lain.

Manfaat Membaca Sholawat Bani Hasyim

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membaca sholawat ini, diantaranya adalah:

Selamat dari Bahaya

Banyak riwayat yang mengatakan banyak alim ulama yang selamat dari bahaya dengan membaca sholawat ini. Bahaya tersebut terjadi ketika sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Sebabnya bermacam-macam, biasanya karena keadaan yang kurang baik atau cuaca buruk. Dengan membaca sholawat ini, maka Anda bisa selamat dari bahaya.

Membuat Masalah Cepat Selesai

Anda yang sedang memiliki masalah, bisa membaca sholawat bani hasyim ini. Menurut pendapat ulama, tidak ada masalah yang besar, jika masalah besar maka itu masalah yang Anda buat sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa maksudnya untuk Bani Hasyim, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.

Menghapus Dosa

Anda bisa membaca sholawat ini untuk menghapus dosa yang dimiliki. Tentunya ini juga harus dibarengi dengan amal perbuatan baik dan komitmen untuk tidak melakukan dosa lagi. Sehingga Allah memberikan pengampunan.

Penutup

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan membaca sholawat bani hasyim. Meskipun hanya berupa sholawat pendek, namun manfaat yang akan Anda dapatkan cukup besar. Anda bisa membacanya secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang besar dalam hidup. Penulis martabattujuh.com berharap artikel ini dapat menambah iman kita sebagai muslim. Insha Allah.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …