Keutamaan Sholawat Al Fatih dan Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Sholawat harian menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim agar memperoleh ridho dari Allah SWT. Salah satu sholawat yang memiliki begitu banyak keutamaan adalah sholawat al fatih, dan khasiatnya sudah tidak bisa diragukan lagi. Mari kita simak apa saja arti dan keutamaan dari sholawat yang dahsyat ini.

Sejarah Sholawat Al Fatih

Berdasarkan sumber sejarah, sholawat al fatih diperkirakan lahir pada tahun 1180 hijriyah. Penciptanya adalah seorang Syeikh berusia 46 tahun yang bernama Sayyid Muhammad al-Bakri, seorang keturunan sahabat dan mertua Nabi Muhammad yakni Abu Bakar As-Shiddiq. Berbeda dengan pencipta sholawat yang bermimpi bertemu Nabi, beliau justru menemuinya secara langsung.

Kabarnya, sholawat ini tidak sepenuhnya diciptakan oleh Syeikh Al-Bakri, namun beliau memang memohon kepada Allah untuk menganugerahinya suatu sholawat yang memiliki pahala besar. Setelah waktu yang cukup lama memohon kepada Allah, doa Syeikh Al-Bakri pun dikabulkan dan beliau bertemu seorang malaikat yang datang dengan membawa sholawat ini.

Sholawat tersebut datang dalam bentuk lembaran nur, karena itulah nama sholawat ini terkadang disebut juga sebagai al-Yaaqutatul Faridah atau permata Yaaqut yang tidak memiliki pesaing. Keistimewaan sholawat ini segera diberi penjelasan oleh Rasulullah sehingga seiring berjalannya waktu sholawat ini menjadi salah satu ciri khas Tarekat Tijaniyah.

Sholawat al fatih

Arti dan Bacaan Sholawat Al Fatih

Arti dari bacaan sholawat al fatih memang memiliki makna yang begitu mendalam. Hal tersebut karena sholawat ini menyimpan doa yang sangat mendalam kepada Nabi Muhammad sehingga siapapun yang membacanya pasti akan merasa tersentuh.

Sholawat al fatih arab:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Sholawat al fatih latin:

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil Faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa, wan naashiril haqqaa bil haqqi, wal haadii ilaa shiraatin mustaqiim. Shallallaahu 'alayhi, wa 'alaa aalihii, wa ashhaabihii haqqa qadrihii wa miqdaarihil 'azhiim.

Arti sholawat al fatih:

Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar – benar kekuasaannya yang Maha Agung.

Gambar sholawat al fatih

Cara Mengamalkan Sholawat Al Fatih

Cara untuk mengamalkan sholawat al fatih ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari dengan membacanya sebanyak mungkin. Anda juga bisa membacanya setelah melaksanakan sholat lima waktu setiap hari agar manfaatnya bisa dirasakan sesegera mungkin.

Tidak hanya itu saja, namun sholawat ini juga bisa dibaca ketika sedang ada tahlilan ataupun kegiatan ibadah yang lainnya. Bahkan, seorang kyai pun berkata bahwa membaca sholawat ini selama satu kali pahalanya sudah menyamai sholawat yang dibaca oleh para kyai sebanyak 600 ribu kali.

Manfaat Sholawat Al Fatih

Ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika membaca sholawat yang dibuat oleh Syeikh Al-Bakri ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang kemungkinan bisa dicapai jika mengamalkan sholawat ini setiap hari secara rutin.

Terbebas dari Siksa Neraka

Manfaat pertama dari sholawat yang sangat menakjubkan ini adalah mampu membantu kita terbebas dari siksa api neraka. Siapapun pasti tidak ingin merasakan betapa menyiksanya neraka yang begitu menakutkan, karena itulah dengan membaca sholawat ini kita pasti akan terbebas dari ancaman yang sangat mengerikan itu.

Menyamai Pahala Dzikir

Dikatakan bahwa pahala yang diperoleh ketika membaca sholawat ini hampir setara ketika kita membaca bacaan dzikir. Meskipun dzikir adalah bacaan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, namun terkadang kita pasti menginginkan variasi lain yang membantu diri untuk meraih pahala yang banyak.

Kemungkinan Bertemu Nabi

Mencintai Nabi Muhammad adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan bagi banyak orang, karena beliau adalah sosok yang membawa kita pada kebenaran. Karena itulah, bertemu dengan Nabi terkadang menjadi impian banyak orang untuk melihat secara langsung bagaimana Nabi bisa berkomunikasi dengan umat yang beliau pimpin.

Dengan membaca sholawat ini selama beberapa kali, kemungkinan besar kita bisa bertemu dengan Nabi di alam mimpi secara singkat. Meskipun kemungkinan tersebut tidak terlalu tinggi, akan tetapi bisa bertemu dengan junjungan kita semua pastinya menjadi hal yang sangat luar biasa.

Mempermudah Hidayah

Terkadang, ketika hidup kita akan merasa malas untuk melakukan ibadah dan justru melakukan kemaksiatan yang dikutuk oleh Allah. Agar terhindar dari hal tersebut dan bisa segera mendapatkan hidayah, alangkah lebih baik jika kita membaca sholawat ini secara rutin selama 40 hari berturut-turut agar bisa segera tobat.

Dijauhkan dari Malapetaka

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh saat mengamalkan sholawat ini adalah kita bisa dijauhkan dari malapetaka. Tidak ada orang yang berharap menemui kesialan dalam hidupnya, sehingga dengan membaca sholawat ini kita bisa terhindar dari keburukan.

Kesimpulan

Berdasarkan informasi di atas, tidak bisa dipungkiri lagi sholawat yang lahir sejak zaman dahulu ini memang membawa begitu banyak kebaikan. Karena itulah, mengamalkan sholawat ini hingga mendapatkan karunia yang lebih akan menjadi hal yang sangat direkomendasikan.

Begitulah beberapa penjelasan mengenai sholawat al fatih yang bisa Anda pahami. Sholawat yang satu ini memang tidak hanya indah, namun juga menjadi salah satu bukti bahwa kita memang begitu mencintai Rasulullah. Agar beliau bisa menganugerahi kita keselamatan di akhirat, maka segera amalkan sholawat ini dalam jumlah yang banyak dan rasakan sendiri khasiatnya.

Check Also

Bacaan sholawat syifa

Bacaan Sholawat Syifa: Arab Latin dan Artinya

Bacaan sholawat syifa – Sholawat syifa adalah sholawat yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama …