Sholawat Asyghil

Sholawat Asyghil: Lirik Latin dan Artinya

Diposting pada
Sholawat Asyghil dan artinya. Sholawat Asyghil sebagai salah satunya sholawat yang sering didengarkan oleh warga Muslim terutamanya warga Nahdliyin di Tanah Air
Bagikan artikel ini

Sholawat Asyghil: Lirik latin dan artinya. Sholawat Asyghil sebagai salah satunya sholawat yang sering didengarkan oleh masyarakat Muslim terutamanya masyarakat Nahdliyin di Tanah Air. Sholawat ini cukup terkenal dengan panggilan sholawat Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy. Hal itu karena sholawat ini terhitung bacaan sholawat yang digabungkan dalam kitabnya Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah.

Dikutip dari pecihitam.org, kelebihan Sholawat Asyghil selain dari memohonkan sholawat dan salam atas Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, dan juga kerabat dekatnya, mempunyai tujuan minta kepada Allah supaya umat Islam dapat ditolong dari segala macam kejahatan dari beberapa orang yang zalim.

Selain dikenali dengan nama Sholawat Asyghil, sholawat ini pun ada yang mengatakan dengan nama Sholawat Zhalimin, Sholawat Salimin, Sholawat Sibuk, Sholawat Mlipir, dan juga sebagainya.

Sejarah Sholawat Asyghil

Sholawat Asyghil ini awalannya sebagai sholawat yang sering dipanjatkan oleh Imam Ja’far ash-Shadiq. Adapun Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy, yang kabarnya hanya memberikan sholawat ini di dalam kitabnya.

Imam Ja’far ash-Shadiq sendiri sebagai salah seorang tonggak keilmuan dan religiusitas Islam pada awal kejayaan umat Islam. Imam Ja’far hidup diakhir periode Dinasti Umayyah dan awalnya zaman Abbasiyyah yang penuh rekayasa dan perselisihan politik.

Karena sholawat ini mendapati momen ketika golongan muslimin sedang dalam situasi yang cukup genting. Itu lah sebabnya dulu pada periode penjajahan di pesantren-pesantren, masjid, musala, Surau, atau majelis taklim, beberapa kiai dan santri selalu membacakan sholawat ini.

Lirik Latin Sholawat Asyghil dan Artinya

Pada kesempatan kali ini tim martabattujuh.com ingin berkreasi membuat musik dengan berdasarkan sholawat berikut yang dapat dilihat dari youtube channel martabat tujuh pada tautan link: sholawat asyghil atau melihat langsung dibawah ini.

Musik original by Martabat Tujuh
Vocal / Artist: Surya Atmaja (Yayank)
Aransemen: Maulana Sofyan Ardiansyah (Ardh)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

"Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad(din), wa asyghilidz dzaa limiin(a) bidz dzaalimiin(a), wa akhrijnaa min bainihim saalimiin(a) wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma'iin(a)."

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim dengan orang dzalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat Nabi SAW.”

Penutup

Demikian bahasan mengenai sholawat asyghil yang dilengkapi lirik latin dan artinya. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian dan sampai jumpa lagi pada kesempatan di lain waktu.