Ucapan Selamat Menikah Islami Barakallah

Dalam agama Islam, ketika ada sanak saudara, tetangga atau teman telah menemukan pasangan sejatinya dan memutuskan untuk menikah, hendaknya kamu turut berbahagia dan memberikan ucapan selamat menikah islami barakallah.

Ucapan selamat menikah islami barakallah
Ucapan selamat menikah islami barakallah

Ucapan tersebut tak hanya sekedar ucapan, namun ada doa yang terselip di dalamnya sehingga pasangan yang kamu doakan menjadi pasangan sehidup sesurga.

Beberapa Ucapan Barakallah yang Bermakna Selamat Menikah

Ucapan yang diberikan kepada pasangan yang menikah bisa melalui ucapan secara langsung maupun ditulis di secarik kertas dan diselipkan di dalam kado yang diberikan kepada pasangan tersebut. Agama Islam mengajarkan bahwa hendaknya kamu tidak hanya mengucapkan selamat tanpa ada doa-doa yang menyertainya. Berikut beberapa variasi ucapan mengandung kata ‘barakallah’ :

Barakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Barakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin

Artinya : “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”.

Ucapan di atas merupakan ucapan selamat menikah islami barakalllah yang lengkap. Di dalam ucapan tersebut terselip banyak doa untuk pasangan yang menikah dimana maknanya adalah suami dan istri akan dikumpulkan dalam kebaikan dan Allah akan selalu mencurahkan keberkahan pada kehidupan pasangan tersebut.

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jama’a bainakumaa fii khoir

Artinya : “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang atau susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”. (HR. Abu Dawud)

Ucapan tersebut merupakan ucapan selamat untuk pasangan suami istri yang paling banyak digunakan di kalangan masyarakat. Doa yang terselip pada ucapan di atas mengandung makna bahwa harapannya pernikahan selalu diselimuti oleh berkah dari Allah di segala kondisi baik ketika sedang senang maupun ketika sedang susah.

Baarakallahu lakum wa baraka alaikum

Artinya : “Semoga Allah memberikan keberkahan bagi kalian dan melimpahkan keberkahan atas kalian.”

Ucapan selamat menikah islami barakallah di atas lebih ringkas dan simpel namun tetap mengandung doa yang baik untuk kedua mempelai. Dengan memberikan ucapan berisikan doa tersebut, kamu mendoakan mereka supaya pernikahannya selalu diliputi keberkahan yang melimpah dan diberikan kebahagiaan dalam menjalankan rumah tangga mereka.

Barakallahu lakuma wa jama’a baina kuma fii khair 

Artinya : “Semoga Allah senantiasa selalu memberkati, melimpah curahkan kepadamu dan menghimpun engkau berdua dalam keadaan baik (bahagia).”

Dengan mengucapkan variasi ucapan barakallah di atas untuk pasangan yang menikah, kamu mendoakan mereka supaya rumah tangganya selalu dilimpahkan berkah dan kehidupan mereka berdua selalu diselimuti oleh keadaan yang bahagia dan baik dalam segala hal. Ucapan selamat menikah islami barakallah ini juga kerap digunakan di kalangan masyarakat.

Jazakallahu khairan khatira

Artinya : “Alhamdulilah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga dari awal pernikahan kalian bisa dilimpahi cinta, kebaikan dan kebahagiaan”.

Ucapan tersebut meskipun sangat singkat dan ringkas namun mengandung doa dengan makna yang sangat baik. Dengan ucapan ini, kamu memberikan selamat atas bersatunya pasangan menjadi suami istri yang diberkahi oleh Allah. Ucapan tersebut juga mengandung doa supaya pernikahan mereka sellau diberkahi oleh kebahagiaan, kebaikan, dan cinta.

Barakallahu laka

Artinya : “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu”.

Ucapan selamat menikah islami barakallah tersebut sangat singkat namun tetap mengandung doa. Dengan ucapan ini, kamu memberikan doa pada kedua mempelai supaya mereka diberikan keberkahan oleh Allah. Apabila pernikahan diselimuti dengan keberkahan, maka kehidupan rumah tangga akan sakinah, mawaddah, warrahmah.

Barakallahu lakum wa baraka alaikum. Alf Mabrouk Ala Alzeefaf Alsa’eed

Artinya : “Semoga Allah selalu melimpah curahkan berkatnya. Selamat atas pernikahan kalian”.

Kehidupan pernikahan yang kamu doakan dengan ucapan ini akan selalu dilimpahi oleh berkah dari Allah. Sehingga ucapan selamat menikah islami barakallah tersebut mengandung doa yang baik untuk kedua mempelai.

Baca juga:  Inspirasi Kisah Nyata Sukses Dengan Sholawat

Makna Barakallah yang Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ucapan selamat menikah islami barakallah
Ucapan selamat menikah islami barakallah

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kamu kerap mendengar ucapan Barakallah di beberapa momen. Ungkapan tersebut berasal dari bahasa arab yang di dalamnya mengandung doa. Asal mula ungkapan Barakallah adalah dari kata ‘barakah’ yang bermakna ‘memberkati’ atau ‘berkah’ dan kata ‘Allahu’ yang merujuk pada Allah sebagai subjek karena Allah lah yang memberikan berkah kepada manusia.

Terdapat dua pengembangan kata pada ungkapan Barakallah :

Barakallahu Lak

Ucapan selamat menikah islami barakallah bisa menggunakan ungkapan Barakallahu Lak sebagai ungkapan terimakasih dan rasa syukur pada seseorang ketika kamu berbicara dengan orang lain. Makna Barakallahu Lak yakni ‘’semoga Allah menganugerahkan berkah kepadamu”.

Pengucapan ungkapan ini hampir mirip karena bisa ditujukan untuk perempuan (Barakallahu Laki) atau untuk laki-laki (Barakallahu Laka) sehingga bisa dipersingkat dengan Barakallahu Lak. Apabila ada banyak orang yang didoakan, ucapannya menjadi Barakallahu Lakum yang bermakna “Semoga Allah memberkahi kalian”.

Barakallahu Fiik

Ungkapan Barakallah juga bisa diikuti dengan tambahan fikum atau fiik. Sehingga ungkapan tersebut menjadi Barakallahu fikum atau Barakallahu fiik yang maknanya adalah “Semoga Allah memberkati kamu”. Walaupun menggunakan akhiran yang berbeda, namun pengucapan ucapan selamat menikah islami barakallah ini hampir sama.

Pengucapan tersebut sangat mirip jika digunakan untuk laki-laki dengan akhiran fiika atau untuk perempuan dengan akhiran fiiki karena keduanya sama-sama dibaca dengan Barakallahu fiik. Kecuali untuk Barakallahu fikum digunakan jika kamu mendoakan orang banyak karena maknanya adalah “Semoga Allah memberkahi kalian”.

Kapan Pengucapan Barakallah dan Bagaimana Balasannya?

Barakallah kerap digunakan sebagai ungkapan untuk menyatakan terima kasih pada orang lain. Namun sebenarnya makna Barakallah secara harfiah bukanlah terima kasih. Akan tetapi, ungkapan ini merupakan ekspresi sebagai tanda berkat dan rasa syukur dari Tuhan secara langsung kepada orang terkait. Ungkapan ini bisa digunakan untuk menanggap ucapan Jazakallah Khairan atau Jazakallah.

Ungkapan Barakallah juga dapat diucapkan pada pasangan yang menikah sebagai ucapan selamat menikah islami barakallah. Ucapan tersebut adalah Barakallah lakum atau fikum maupun Barakallahu fikum wa baraka lakum yang memiliki makna “Semoga Allah memberkati Anda dan melimpahkan bekah kepada Anda”.

Ungkapan Barakallahu Lak atau Barakallahu fiik termasuk doa sehingga balasan untuk ungkapan tersebut adalah “aaminn ya Rabbal alamiin” atau “aamiin”. Ada juga jawaban lain yang bisa digunakan yaitu “wafiika barakallah” yang bermakna “Dan semoga Allah juga memberkahimu”. Jawaban tersebut sama artinya dengan mendoakan kembali siapa saja orang yang mengucapkan ungkapan tesrebut.

Baca juga:  Peristiwa Isra Miraj, Sejarah dan Pelajaran Penting

Ucapan selamat menikah islami barakallah ini bisa dibalas dengan jawaban “wafiiki barakallah” jika yang mendoakan dengan ungkapan tersebut adalah perempuan. Sementara itu, jika yang mendoakan adalah banyak orang, jawaban yang bisa diucapkan adalah “wafiikum barakallah”. Oleh karena itu, balasan ungkapan yang seharusnya dikatakan tergantung dengan siapa yang mengucapkan.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …