Ucapan Duka Cita Islami Khusnul Khotimah yang Bermanfaat

Secara umum, ucapan duka cita islami khusnul khotimah ditujukan kepada keluarga yang sanak saudaranya telah meninggalkan dunia ini untuk selamanya.

Ucapan duka cita islami khusnul khotimah

Kematian bukanlah hal yang bisa diragukan lagi, karena semua orang nantinya pasti akan mati. Agar bisa menguatkan keluarga yang sudah ditinggalkan, inilah ucapan duka cita islami khusnul khotimah yang bisa kamu ucapkan kepada mereka.

Beberapa Ucapan Duka Cita Islami kepada Keluarga yang Berduka

Seperti yang sudah sering beredar di internet, ucapan duka cita islami khusnul khotimah memang ada banyak. Ada beberapa ucapan yang bisa kamu kirimkan kepada pihak keluarga mendiang, seperti yang ada di bawah ini:

  • Ucapan duka cita islami khusnul khotimah yang pertama yaitu:“Inna lillahi wainna ilaihi raji’un. Saya turut berduka cita, apa yang menimpa kamu pastinya terasa menyakitkan. Semoga kamu beserta keluarga yang sudah ditinggalkan bisa dikuatkan agar bisa melangkah maju di masa depan”
  • “Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga Allah SWT mengampuni doa yang dimiliki oleh almarhum/almarhumah dan menerima seluruh amal ibadah yang sudah beliau lakukan. Saya berharap kamu mampu diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini”
  • Apabila orang yang meninggal adalah pria, kamu bisa mengucapkan ucapan duka cita islami khusnul khotimah seperti berikut: “Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu. Wahai Allah, kasihanilah dia, ampunilah dia, ampuni segala kesalahan dan dosanya, dan sejahterakanlah dia. Semoga kamu kuat dalam menghadapi hal ini, sesungguhnya Allah tidak akan memberi cobaan yang ada di luar batas kemampuan seseorang”
  • Apabila orang yang meninggal adalah perempuan, berikanlah ucapan duka cita islami khusnul khotimah ini: “Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu. Semuanya pasti akan indah pada saat waktunya sudah tiba, tidak apa-apa untuk menangis sekarang karena kesedihan yang kamu rasakan pasti akan segera digantikan dengan kebahagiaan yang sesungguhnya”
  • “Saya merasa sangat menyesal atas kehilangan yang sudah kamu alami saat ini. semoga Allah memberi beliau tempat pada surga firdaus yang indah, amin. Saya berdoa agar kamu dan sekeluarga mampu merelakan kepergian beliau”
  • “Selamat jalan teman yang selalu bersama saya, semoga kamu akan selalu hidup dalam kebahagiaan dimanapun kamu berapa. Meskipun kini kita dijauhkan oleh jarak yang mustahil untuk dikalahkan, saya berdoa semoga kamu memperoleh tempat terbaik di sisi Tuhan yang sangat menyayangimu. Semoga kelak di hari akhir, kita semua bisa berkumpul lagi”
  • “Ya Allah, semoga almarhum/almarhumah mampu mendapatkan tempat yang diridhoi tanpa merasakan rasa sakit lagi. Mudah-mudahan teman yang saya cintai mampu pergi dengan penuh rasa cinta, dan keluarga yang ditinggalkan tetap bertahan dengan tegar. Innallaha ma’ashobirin, sesungguhnya Allah selalu bersama mereka yang bertakwa dan sabar”
Baca juga:  8 Manfaat Ruqyah dalam Islam Beserta Dalilnya

Etika Mengucapkan Ungkapan Duka Cita yang Sesuai

Setelah membahas mengenai ucapan duka cita islami khusnul khotimah, alangkah lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu mengenai etika yang harus dipahami sebelum mengucapkan hal tersebut. Jika kita lalai dan tidak memperhatikan etika dengan saksama, kemungkinan keluarga yang berduka itu akan merasa sakit hati. Ini dia etika mengungkapkan perasaan duka cita secara umum:

Jangan Menyebarkan Berita Hoax

Etika pertama dalam mengutarakan ucapan duka cita islami khusnul khotimah adalah dengan tidak menyebarkan berita yang kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pada zaman yang serba internet ini, sangat cepat untuk menyebarkan rumor yang tidak benar dan bisa melebar menjadi permasalahan yang lebih berbahaya.

Agar kamu tetap bisa menjalin silaturahmi dengan keluarga yang berduka dengan baik, maka jangan pernah mencoba untuk menyebarkan berita hoax mengenai kematian seseorang. Seperti bagaimana dia meninggal ataupun apa saja yang dia lakukan ketika masih hidup. Allah tentunya sangat membenci seseorang yang melakukan fitnah meskipun sosok tersebut sudah meninggal.

Jangan Merasa Kepo

Ketika sedang menghadiri upacara pemakaman, kamu harus menghargai privasi keluarga dan orang yang sudah meninggal itu. Jangan merasa kepo dengan menanyakan beberapa pertanyaan tidak penting dan terkesan memojokkan keluarga tersebut. Mereka tentunya akan merasa keberatan jika ada orang asing yang bertanya dengan detail mengenai peristiwa yang menyakitkan.

Bahkan meskipun kamu dan keluarga itu adalah sosok yang sangat dekat sekalipun, jangan sekali-kali merasa kepo secara berlebihan. Pihak keluarga adalah satu-satunya pihak yang berhak menyampaikan informasi yang sudah mereka miliki ketika sudah siap, bukannya dipaksa untuk menyampaikannya.

Jangan Tag Akun Seseorang yang Sudah Meninggal

Ketika seseorang yang kamu kenal tiba-tiba meninggal dunia, biarkan pihak keluarga yang mengurus peninggalan yang sudah mereka tinggalkan. Salah satu peninggalan tersebut bisa berupa akun sosial media yang nantinya akan menjadi sebuah memoriam bahwa sebelumnya mereka memang memiliki kehidupan yang menyenangkan.

Baca juga:  Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Akan tetapi, ketika sudah meninggal, jangan sampai kamu meng-tag akun mereka meskipun itu untuk hal yang baik sekalipun. Sebab, jika kamu melakukannya secara terus menerus hal itu bisa menjadi pemicu mengenai kenangan yang menyedihkan bagi keluarga ataupun pasangannya. Hindari mengunggah atau menkamui orang yang sudah meninggal untuk menghormati mereka.

Tulis dengan Diksi yang Bijak

Menyatakan ucapan duka cita islami khusnul khotimah bukanlah hal yang mudah, sebab kamu harus bisa merangkai kata-kata yang baik dan mampu membuat mereka merasa dihormati atas perasaan kehilangan yang begitu besar. Apabila diksi yang digunakan terdengar meremehkan dan tidak sopan, hal itu tentunya bisa menimbulkan luka besar bagi keluarga mendiang.

Karena itulah, jangan sampai kamu merasa lalai dan mengabaikan etika yang wajib untuk dipatuhi saat ingin menyatakan ucapan duka cita. Jangan sekadar menyalin kata-kata yang sudah ada di internet, namun kamu juga harus bisa merangkai kata-kata yang tepat agar mereka bisa merasa tenang dan tidak terlalu sedih lagi.

Ayat yang Membahas Tentang Kematian di Dalam Alquran

Ucapan duka cita islami khusnul khotimah yang sudah tertera di atas kemungkinan besar dapat diterima dengan mudah oleh pihak keluarga. Mereka harus tabah dan mengerti bahwa kematian adalah hal yang tidak bisa dielakkan lagi, seperti yang ada di kandungan ayat berikut:

  1. Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh. (QS. An-Nisa: 78)
  2. “Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Jumu’ah : 8).
Baca juga:  Penjelasan Maulid Nabi Muhammad Secara Lengkap

Itu dia beberapa ucapan duka cita islami khusnul khotimah yang bisa kamu gunakan ketika sanak saudara ataupun kerabat sudah meninggal. Karena orang yang sudah ditinggalkan adalah sosok yang paling merasa sakit dan sedih, perlu ungkapan yang penuh kehati-hatian agar perasaan duka mereka tidak tersinggung dan mampu menguatkan mereka.

Check Also

Kisah nyata sukses dengan sholawat

Inspirasi Kisah Nyata Sukses Dengan Sholawat

Kisah nyata sukses dengan sholawat – Kita tentu sering sekali mendengar sholawat Nabi dibacakan dalam …