Pengertian istiqomah

Pengertian Istiqomah Menurut Islam

Diposting pada
Pengertian istiqomah menurut agama Islam. Membahas tentang ✓ istiqomah ✓ arti ✓ macam macam istiqomah ✓ keutamaan istiqomah ✓ tanya jawab ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Pengertian istiqomah menurut agama Islam. Istiqomah merupakan salah satu kata yang mungkin sering kamu dengar bahkan kamu tentu pernah mengatakannya. Namun meskipun sudah sering mengatakan, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa sebenarnya makna dari kata istiqomah tersebut. Istiqomah sendiri kerap diucapkan oleh orang-orang dalam berbagai kegiatan maupun kesempatan.

Secara etimologi istiqomah memiliki makna tegak, lurus atau konsisten. Sedangkan menurut terminology islam, istiqomah adalah orang yang memiliki pendirian teguh atau berpendirian kuat. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) juga disebutkan bahwa istiqomah merupakan sikap berupa pendirian yang teguh dan selalu konsekuen. Secara istilah istiqomah merupakan ketetapan hati berupa pendirian yang kuat untuk selalu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan secara terus-menerus atau konsisten untuk menggapai tujuannya.

Selain pengertian di atas, terdapat beberapa definisi yang disebutkan oleh para sahabat tentang pengertian istiqomah. Menurut Ali Bin Abi Thalib Istiqomah diartikan dengan tindakan dalam melakukan suatu kewajiban. An-Nawawi memaknai istiqomah sebagai ketetapan diri seseorang dalam sebuah ketaatan. Sedangkan Ibnu Abbas mengartikan istiqomah menjadi 3 hal, yakni istiqomah lisan dengan mempertahankan bacaan syahadat. Kedua istiqomah hati dengan melakukan segala hal dengan niat, dan yang ketiga istiqomah jiwa dimana setiap manusia harus melakukan ibadah dan ketaatannya kepad Allah secara terus-menerus.

Pengertian istiqomah
Pengertian istiqomah

Macam-macam istiqomah

Pengertian istiqomah adalah kewajiban setiap muslim mencakup segala bentuk ketaatan, seperti dalam firman Allah dalam surah Al Fushilat ayat 6:

اَنَّمَآ اِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَاسْتَقِيْمُوْٓا اِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوْهُ

Artinya: “karena itu tetaplah kamu (beribadah) kepada-Nya dan mohonlah ampunan kepada-Nya”

Dalam ajaran Islam, secara spesifik dari pengertian istiqomah adalah sebuah komitmen dan eksistensi yang terdiri dari 3 hal tauhid, ibadah dan akhlak.

Istiqomah tauhid atau iman

Sebagai seorang muslim, tentunya kita harus selalu istiqomah dalam iman dengan cara mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kita harus selalu menjaga dari hal-hal yang bisa saja membuatnya jatuh ke dalam lubang kekufuran. Untuk bisa mencapai istiqomah dalam iman kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara. Salah satunya seperti saat kamu belum terbiasa bangun lebih awal untuk melaksanakan ibadah sholat subuh. tetapi kemudian kamu berniat untuk berubah dan selalu ingin mengerjakan sholat subuh dengan tepat waktu. Maka istiqomah dalam hal ini memiliki arti kamu harus menerima segala konsekuensi yang ada untuk menghilangkan rasa malas saat akan melaksanakan sholat subuh.

Istiqomah ibadah atau hati

Istiqomah selanjutnya berkaitan dengan ibadah atau hati. Istiqomah disini diartikan dengan melakukan segala hal termasuk ibadah dengan niat yang tulus dan jujur. Contohnya seperti jika kamu adalah muslimah yang sebelumnya tidak berhijab kemudian memutuskan untuk memakai hijab. Maka arti istiqomah disini adalah ketika kamu sudah memutuskan untuk memakai hijab, maka kamu juga harus mau menerima segala resiko yang terjadi. Misalnya seperti diledek atau dibully oleh orang-orang disekitar kamu. Saat kamu memutuskan untuk selalu menggunakan hijab, maka kamu juga harus melaksanakannya secara konsisten.

Istiqomah dalam akhlaq atau perilaku

Slaah satu contoh istaqamah dalam bentuk akhaq adalah dengan menjaga lisan. Istiqomah secara lisan yaitu terus mengucakan kalimat syahadat dimanapun serta kapanpun kamu berada. Jika hati seseorang bersih, maka kat-kata yang keluar dari lisannya adalah kata-kata yang postif. Begitupun juga sebaliknya, jika hati seseorang kotor, maka ucapannyan terkadang juga kotor. Oleh karena itu selalu tanamkan sikap istiqomah dalam berbagai hal, termasuk dalam berbuat, mengerjakan dan mengucapkan segala sesuatu dengan terus mengingat kepada Allah.

Pengertian istiqomah
Pengertian istiqomah

Keutamaan Penerapan Istiqomah Dan Dalil Yang Menerangkannya

Sebagaimana yang telah tersirat dalam Firman Allah di atas, istiqomah merupakan salah satu amal yang sangat penting untuk masa depan setiap manusia. Baik itu masa depan di dunia maupun masa di depan di akhirat kelak. Karena istiqomah adalah bukti ketaatan dan kesungguhan seorang hamba dalam melaksanakan ibadah. Berikut keutamaan dari pengertian istiqomah dalam beribadah:

Istiqomah adalah amalan yang dicintai Allah

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari digambarkan jika: ”Berbuat sesuatu yang tepat dan bernarlah kalian dan amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang teru-menerus meskipun sedikit.” (HR. Bukhari). Dengan melakukan ibadah secara bertahap dan konsisten meskipun itu berupa ibadah-ibadah kecil dan hanya diniatkan oleh Allah. Maka hal tersebut akan menjadi amalan-amalan yang sangat dicintai oleh Allah.

Mendapatkan pahala

Setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia pasti ada imbalannya, tak terkecuali perbuatan istiqomah. Orang yang sanggup melewati istiqomah beserta dengan ujian yang menyertainya akan mendapatkan pahala berupa surge di akherat kelak. Hal ini tentunya hanya dapat dijalankan oleh orang yang benar-benar dan bersungguh-sungguh dalam beribadah, dan hanya meniatkan ibadahnya kepada Allah. Seperti yang disebutkan dalam surah Al-Fushilat ayat 30 tentang pengertian istiqomah:

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ

Artinya: ”Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

Mendapatkan rizki yang lapang

Dalam surah Al Jinn ayat 16 tentang pengertian istiqomah dijelaskan:

وَّاَنْ لَّوِ اسْتَقَامُوْا عَلَى الطَّرِيْقَةِ لَاَسْقَيْنٰهُمْ مَّاۤءً غَدَقًاۙ

Artinya: “Dan sekiranya mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), niscaya Kami akan mencurahkan kepada mereka air yang cukup.

Setiap rezeki memang telah di atur oleh Allah, dan rezeki akan menjadi lebih berkah dan lapang jika manusia sebagai hamba-Nya mampu beristiqomah dalam melakukan setiap ibadah. Sehingga dapat dikatakan jika istiqomah adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperlancar rizki menurut Islam.

Mendapatkan motivasi

Orang yang selalu istiqomah akan mendapatkan ketenangan hati dan terhindar dari kekhawatiran serta kesedihan. Hati mereka akan selalu menyadari jika Allah senantiasa bersama dan melindungi sebagaimana firman-Nya tentang pengertian istiqomah dalam surah Al-Ahqaf ayat 13-14:

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَۚ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَنَّةِ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۚ جَزَاۤءً ۢبِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” kemudian mereka tetap istiqomah tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati. Mereka itulah para penghuni surga, kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.”

Wujud syukur atas nikmat Allah

Bersyukur adalah bentuk pujian atas nikmat yang telah senantiasa Allah berikan. Adapun wujud bentuk syukur yang bisa dilakukan adalah dengan ketaatan. Sebagai hamba yang masih diberi kesempatan hidup, sudah sepantasnya jika manusia memanfaatkan hal tersebut untuk selalu berbuat amal kebaikan. Dengan selalu bersyukur kepada Allah, jiwa akan terasa lebih tenang, tentram serta rezeki yang terus mengalir bahkan dari arah yang tidak disangka-sangka.

Tanya Jawab Seputar Pengertian Istiqomah

Apa yg dimaksud dengan istiqamah?

Arti menurut An-Nawani, pengertian istiqomah adalah tetap atau kekal di dalam suatu ketaatan. Sehingga arti dari istiqomah itu sendiri yaitu seseorang akan senantiasa berada dalam ketaatan dan selalu berada di jalan yang lurus dalam menempuh perjalanan ibadahnya kepada Allah SWT.

Apa yang dimaksud dengan istiqomah dan contohnya?

Pengertian istiqomah adalah sikap tegas dari seorang muslim yang dapat mempertahankan keimanannya secara konsisten dalam bertindak. Contoh dari perilaku istiqomah di dalam kehidupan sehari-hari seperti: Tak peduli dimanapun atau kapanpun, akan selalu menjalankan perintah Allah SWT dan senantiasa untuk selalu menjauhi segala larangannya.

Bagaimana cara istiqomah?

Cara agar tetap istiqomah di jalan Allah ada 6, yaitu yang paling utama adalah meluruskan niat untuk tetap istiqomah, memahami makna dari syahadat, memperbanyak membaca Al-Qur’an, meningkatkan kualitas ibadah, bergaul dengan orang shaleh, dan yang terakhir dengan perbanyak berdoa dan berzikir kepada Allah SWT.

Apa keuntungan orang yang istiqamah?

Keuntungan atau manfaat dari istiqomah di dalam meyakini kebenaran agama Islam akan menjadikan seseorang tetap terjaga kehormatan dan kemuliaannya sebagai manusia dikarenakan ia tak akan mudah untuk terkena bujukan yang mengarah kesesatan. Tak mudah untuk putus asa dalam menghadapi masalah yang ada.

Bagaimana cara istiqomah dalam berhijrah?

Cara istiqomah dalam berhijrah pun hampir sama dengan cara istiqomah yang sudah dijelaskan diatas yaitu niatkan hati dengan ikhlas, bersahabat dengan orang orang shaleh, memahami syahadat islam dengan baik, membersihkan hati, jiwa dan juga raga, pelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya, berdoa memohon keistiqomaan dan keikhlasan, dan yang terakhir adalah beramal.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian istiqomah yang dapat ditulis oleh tim redaksi martabattujuh.com, lakukan perubahan memulai dari sekarang dengan rutin menjalankan ibadah tepat waktu meskipun itu sedikit. Dengan kebiasaan ini, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan ibadah tersebut dan merasa ada yang kurang jika tidak melakukannya. Dengan ibadah yang rutin membuat kamu selalu mengingat keberadaan Allah sehingga dalam menjalankan segala aktivitas menjadi lebih berhati-hati.