7 Contoh Pembukaan Pidato Islami Singkat dan Tips Tambahan

Pembukaan pidato islami singkat – Ketika melakukan pidato, pembukaan merupakan bagian yang paling penting agar pendengar tidak merasa bosan dengan apa yang kita sampaikan.

Pembukaan Pidato Islami Singkat

Pembukaan dan berdoa mengenai kelancaran dari pidato yang ingin diutarakan sangat lah penting untuk dipikirkan terlebih dahulu.

Tentunya untuk memilih kata-kata yang sesuai agar bisa membuka pidato islami yang menarik.

Contoh Pembukaan Pidato Islami Singkat dan Padat

Contoh Pembukaan Pidato Islami Singkat
Contoh Pembukaan Pidato Islami Singkat

Dibawah ini merupakan contoh pembukaan pidato islami singkat yang bisa kamu jadikan sebagai acuan.

Contoh Pembukaan Sederhana

Contoh pembukaan pidato islami singkat yang pertama ini terbilang sangat sederhana. kamu tidak perlu merasa kesusahan untuk menghapalkannya karena memang hanya terdiri atas beberapa kalimat saja.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismilahirrahmanirrahim, ya ayyuhal muslimin rahimakumullah.

Marilah kita memanjatkan rasa syukur kepada Allah yang sudah memberi kita kesempatan agar bisa hadir ke dalam acara pada hari ini dengan keadaan sehat.

Semoga melalui acara ini kita dapat mendapatkan ampunan dan rahmat oleh Allah SWT.

Contoh Pembukaan yang Penuh Rasa Syukur

Pembukaan pidato islami singkat yang selanjutnya bisa dibuat dengan menekankan rasa syukur yang dirasakan kepada Allah, Nabi Muhammad dan seluruh pengunjung.

Hal itu akan membantu mereka untuk merasa dihargai keberadaannya karena sudah hadir pada acara pidato kamu.

Baca juga:  Niat Puasa Senin Kamis dan Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala puji yang ada hanyalah milik Allah, Dzat Yang Maha Ghafur, yang telah memberikan nikmat yang tidak terukur lagi kepada kita semua yang hadir.

Baik itu nikmat Islam, nikmat iman, hingga nikmat kesehatan yang mampu membantu kita hadir ke tempat ini dengan baik.

Sholawat serta salam, semoga akan selalu dilimpahkan kepada Nabi yang proses kelahirannya saja akan membuat alam semesta goncang dan membuat seluruh malaikat merasa heboh.

Siapakah sosok yang begitu istimewa itu, tidak lain adalah junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang begitu kita cintai.

Semoga sahabat, keluarga, dan kita semua sebagai umatnya mampu mendapatkan syafaatnya di hari akhir.

Contoh Pembukaan Disertai Doa Bahasa Arab

kamu juga bisa memasukkan doa berbahasa Arab ke dalam pembukaan pidato islami singkat. Ada doa yang terdengar sederhana namun tetap memiliki makna yang mendalam, seperti doa yang ada di bawah ini.

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Hadirin yang saya hormati, sebagai umat yang beragama Islam tentunya akan terasa kurang apabila kita tidak mengucapkan puji syukur kepada Allah yang begitu agung.

Marilah kita merefleksikan diri karena hanya atas karunia Allah sajalah kita mampu berkumpul bersama untuk mendapatkan ilmu yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Pembukaan Islami

Pembukaan pidato islami singkat memang harus disertai oleh pujian kepada Allah sehingga acara bisa berlangsung dengan lancar.

Kamu dapat membuka pidato yang ingin disampaikan dengan mengucapkan beberapa hal seperti ini.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala puji harus kita sampaikan kepada Allah, Tuhan yang menciptakan tujuh langit tanpa tiang, tujuh bumi tanpa adanya gantungan.

Baca juga:  Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil Agar Selamat dan Bayi Sehat

Tidak lupa, kepada Nabi Muhammad tempat kita bernaung sebagai salah satu umat dari beliau.

Contoh Pembukaan yang Singkat

Contoh pembukaan pidato islami singkat yang berikutnya tidak akan terlalu sulit untuk diingat karena bisa diimprovisasi ketika ada di atas panggung.

Inilah pembukaan pidato bertema Islami yang dapat kamu utarakan.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, hadirin yang saya hormati.

Mari kita panjatkan kepada Allah yang sudah memberikan ribuan nikmat kepada kita semua, hamba-Nya yang begitu tidak berdaya ini.

Sholawat dan salam pun tidak lupa untuk dicurahkan untuk junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya.

Kalimat Pembuka yang Ringkas

Dari sekian pembukaan pidato islami singkat yang sudah beredar di internet, ada satu contoh yang dapat ditiru dengan mudah. Inilah contoh kalimat pembuka yang sudah dibuat sambil mempertimbangkan banyak hal.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Innal hamdalilah wasolatu wasalamu ala rosulillah syaidina Muhammad ibni abdilah waala alihi wahbihi wamawalah (amma ba’du).

Hadirin muslimin dan muslimat yang semoga selalu dimuliakan oleh Allah, patutnya kita ucapkan rasa syukur mendalam kepada Allah yang memberi kita kesempatan untuk berada di sini.

Mudah-mudahan, dengan berkumpulnya kita semua di sini, akan menjadi amalan soleh yang bisa membantu kita memperoleh pahala.

Semoga Allah menjadikan hari yang nantinya akan datang menjadi hari yang lebih baik setelah melalui hari ini, insyaallah.

Kalimat Pembuka yang Persuasif

Contoh pembukaan pidato islami singkat yang terakhir ini memiliki sifat persuasif dalam artian berusaha mengajak pendengar melakukan kebaikan.

Inilah contoh pembuka yang bisa dipakai tanpa terdengar seperti menyuruh pendengar.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala syukur kepada Allah karena telah diberikan kesempatan untuk menjalani aktivitas yang indah ini.

Baca juga:  Kumpulan Doa Setelah Sholat Sesuai Sunnah dan Dianjurkan Nabi

Masyaallah, dari sekian hamba-Nya, kita telah dipilih agar bisa dilembutkan hatinya dan diringankan langkahnya untuk mempelajari tuntunan agama yang kita miliki.

Semoga kita bisa mendapatkan petunjuk yang baik dari Allah di kemudian hari.

Cara Menghapalkan Pembukaan Pidato Islami Singkat

Cara Menghapalkan Pembukaan Pidato Islami Singkat

Bagi kamu yang seringkali lupa dengan teks pidato, pastinya akan merasa sedikit kesulitan untuk menghapal pembukaan pidato islami singkat.

Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba mempraktikkan langkah berikut:

Catat Pembuka di Kertas

kamu bisa coba untuk mencatat kalimat pembuka itu di atas kertas. Kemudian, bacalah pembuka itu secara berulang-ulang hingga informasi itu bisa terekam dengan jelas di otak kamu.

Latih Kalimat Pembuka di Cermin

Jika berlatih berulang kali, kemungkinan kamu bisa menghapal pidato dan pembukaan yang ingin diutarakan dengan lebih jelas.

Salah satu tips yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan berlatih di depan cermin, seolah-olah kamu sedang berhadapan dengan audiens yang banyak.

Jangan Menghapal secara Kata Per Kata

Sebisa mungkin hindari menghapal kalimat pembuka secara kata per kata karena terkadang hal itu akan membuat kamu merasa sering lupa.

Karena metode tersebut tidak cocok diterapkan kepada teks yang isinya sedikit panjang ataupun yang nantinya akan dibaca di depan banyak orang.

Tips Membuat Pembukaan Pidato Islami Singkat yang Bermanfaat

Sebelum membuat atau menyusun pembukaan pidato, alangkah baiknya untuk mempersiapkan 2 bagian seperti:

Perkenalan Diri

Ketika ingin membuat pembukaan pidato islami, jangan lupa untuk memperkenalkan siapa diri kamu yang sebenarnya.

kamu bisa menaruh informasi singkat tentang siapa nama kamu dan atas urusan apa melakukan pidato tersebut.

Salam yang Sopan

Hal yang tidak boleh dilupakan selanjutnya adalah salam yang harus disampaikan dengan sopan. Jangan menganggap remeh ucapan salam pembuka karena nantinya akan membuat pendengar merasa muak.

Akhir Kata

Itu dia contoh pembukaan pidato islami singkat yang dapat kamu perhatikan dan dijadikan sebagai acuan ketika berusaha untuk membuat kalimat pembuka sendiri. Dengan niat dan latihan yang intens, pastinya kamu tidak akan gampang merasa gugup ketika melakukannya.

Check Also

kata-kata bijak islami untuk wanita sholehah

Kata-Kata Bijak Islami untuk Wanita Sholehah

Kata-kata bijak islami untuk wanita sholehah: Allah SWT menciptakan manusia baik pria maupun wanita dengan …