5 Pantangan Suami Saat Istri Hamil Menurut Islam yang Wajib Dipahami

Sebagai seorang suami apakah kamu sudah familiar dengan berbagai pantangan saat istri sedang hamil? Sampai saat ini masih banyak sekali jenis pantangan yang dipegang erat oleh masyarakat Indonesia. Ada beberapa pantangan suami saat istri hamil menurut Islam yang harus dihindari.

Sebagai seorang suami haruslah memperbanyak melakukan berbagai amalan baik, dan juga menghindari berbagai pantangan yang tidak dibolehkan menurut Islam. Kalau berbagai pantangan ini masih saja dilanggar oleh para suami maka bisa berakibat fatal terutama bagi ibu hamil dan janin. Bahkan dampaknya bisa juga berimbas pada keluarga.

Daftar Pantangan Suami Saat Istri Hamil Menurut Islam

Para suami pastinya akan merasa bahagia ketika istrinya hamil dan sangat senang saat menyambut buah hatinya. Namun sebagai seorang suami ada beberapa pantangan bagi suami yang harus dipatuhi saat istri hamil.

Pantangan-pantangan dalam ajaran agama Islam yang sesuai ketentuan Allah berbeda dengan pantangan yang berdasarkan mitos saja. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa pantangan suami saat istri hamil menurut Islam. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini:

Mengkonsumsi makanan haram

Pantangan dalam islam kalau dilanggar dampaknya sangatlah fatal sehingga para calon ayah sangat disarankan jangan sekali-kali membawa yang haram ke dalam rumah. Jangan sampai istri kamu diberi makanan haram saat sedang mengandung. Dampaknya sangatlah berbahaya.

Hal yang haram itu pasti dari yang tidak baik seperti hasil penipuan, hasil sogokan, riba, dan lainnya. Saat yang haram ini dimasak jadi sebuah makanan dan dimakan oleh istri dan diserap janin, itu sungguh sangat berbahaya.

Dalam Islam, para ayah diminta untuk mencari nafkah yang halal agar selamat bagi istri dan janinnya. Sebagai ayah yang baik, tentu sudah paham akan hukum Islam untuk menjauhi semua yang haram. Hal ini tidak hanya saat ibu hamil saja, tetapi dalam kehidupan sehari-hari janganlah memberi makan keluarga dari hasil yang haram.

Membunuh Binatang

Pasti kamu sudah pernah mendengar kalau istri sedang hamil dilarang untuk membunuh binatang. Hal ini bisa membahayakan kondisi janinnya di dalam perut istri. Walau banyak yang beranggapan kalau itu mitos, namun sebagai suami harus paham dan tidak boleh mengabaikan hal tersebut.

Tentu pantangan membunuh binatang ini sebagai peringatan bagi para ayah yang memiliki hobi memancing, memelihara burung, dan menembak burung. Dalam agama Islam perilaku membunuh binatang atau hanya menyakiti binatang, haram hukumnya dan bisa menimbulkan dosa.

Bahkan ada sebuah pertanyaan, “Ketika istri hamil, suami yang membunuh binatang bisa menyebabkan anaknya cacat” apakah benar demikian?

Agama Islam telah mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk berbuat lembut penuh kasih sayang terhadap lingkungan, termasuk kepada binatang. Apabila ingin membunuh hewan, haruslah dengan cara yang baik.

Menyembelih binatang

Pantangan suami saat istri hamil menurut Islam selanjutnya adalah menyembelih binatang. Saat menyembelih binatang lakukan dengan cara yang benar sesuai ajaran Islam. Jadi dalam agama Islam, para suami yang menyembelih binatang itu aman-aman saja. Satu hal yang paling penting adalah menyembelih binatang dengan tujuan yang baik. Menyembelih binatang sapi atau ayam untuk dikonsumsi dan sesuai syariat Islam.

Lain cerita saat menyembelih hewan hanya untuk menyakitinya maka itu termasuk dosa besar. Lantas, bagaimana dengan para ayah yang memiliki profesi sebagai penyembelih ayam, kambing, dan sapi ? sesuai dengan hadist, qiyas, kitab hukumnya diperbolehkan.

Tidak shalat wajib

Saat istri sedang hamil maka para suami dilarang untuk meninggalkan shalat wajib. Sebenarnya pantangan ini tidak termasuk kedalam pantangan suami saat istri hamil menurut Islam. Namun, sebagai umat muslim menang memiliki kewajiban untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Nah, dengan selalu melaksanakan kewajiban shalat para suami bisa berdoa untuk kebaikan istri dan janin. Dalam hal ini para suami selain menjalankan yang wajib bisa menambahkan dengan sholat sunah.  

Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika ibu sedang hamil seperti berikut ini:

  1. Mencerdaskan ibu dan janin
  2. Menghindarkan ibu dan janin dari berbagai penyakit
  3. Proses persalinan akan lancar

Melihat beberapa manfaat ditawarkan, baik para suami dan istri harus menjalankan kewajiban sholat. Bagi istri yang sudah kesulitan shalat seperti biasanya, bisa shalat sambil duduk, dan seterusnya.

Berzina

Pantangan suami saat istri hamil menurut islam selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jangan mendekati zina. Berbuat zina merupakan dosa yang paling besar sehingga para suami harus bisa menghindarinya.

Dosa zina para suami ternyata mampu menimbulkan dampak negatif bagi hubungan dengan keluarga. Terlebih pada saat istri sedang hamil, hindari zina agar rumah tangga tetap rukun dan bahagia.

Saat istri sedang hamil memang ada risiko yang memaksa para suami agar berpuasa dulu untuk tidak berhubungan. Terlebih ketika istri memiliki riwayat tekanan darah tinggi ketika sedang hamil, keguguran, dan lainnya.

Dalam hal ini harus saling memberi pengertian dan tetap bisa memuaskan pasangan dengan cara yang lain. Cara ini pastinya lebih aman untuk kesehatan janin dan rahim dan sesuai dengan syariat Islam.

Sebagai suami yang paham akan syariat Islam harus menghindari zina agar tidak membahayakan istri dan janin. Daripada berzina, para suami lebih baik berusaha menyenangkan istri saat hamil.

Sebagai seorang suami menyenangkan istri saat hamil itu adalah perkara yang cukup sulit. Seorang istri sering kali alami perubahan hormon yang membuat suasana hati istri sering kali berubah.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa pantangan suami saat istri hamil menurut Islam yang dapat penulis martabattujuh.com sampaikan. Sebagai suami yang baik dan paham agama haruslah menjauhi pantangan-pantangan tersebut demi kebaikan istri dan janin. Terutama jangan memberikan yang haram agar istri dan janin bisa berkembang dengan baik dan lahir dengan selamat.

Check Also

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …

Exit mobile version