Inilah Niat Sholat Malam Sebelum Tidur yang Benar

Niat sholat malam sebelum tidur merupakan hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya sholat ini dianggap sebagai sholat yang baik dan tidak terikat syarat, sehingga bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa membaca penjelasannya lebih lengkap dengan rincian berikut ini.

Niat Shalat Malam Sebelum Tidur dan Macam-Macamnya

Ada dua jenis sholat malam, pertama adalah sholat malam yang dilakukan sebelum tidur dan sesudah tidur. Biasanya banyak umat muslim yang melakukan shalat sesudah tidur malam, yakni sholat tahajud. Padahal ada juga sholat yang bisa dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu.

Ada empat jenis shalat yang bisa dilakukan sebelum tidur, yakni shalat tarawih dan shalat witir. Kedua shalat ini biasanya dilakukan ketika bulan Ramadhan, namun Anda tetap bisa melakukan sholat witir kapan saja tanpa adanya batasan waktu.

Sedangkan kedua sholat yang terakhir adalah sholat hajat dan sholat mutlak. Sholat hajat merupakan sholat untuk meminta keinginan kepada Allah agar lebih cepat terkabul. Sedangkan sholat mutlak adalah sholat sunnah yang tidak memiliki sebab, sholat ini juga tidak terikat dengan waktu khusus.

Anda bisa melakukan empat sholat ini sebelum tidur, berikut adalah rincian mengenai niat sholat malam sebelum tidur dari jenis-jenis sholat yang telah disebutkan.

niat sholat malam sebelum tidur

Sholat Tarawih

Sholat ini merupakan sholat yang dilakukan hanya pada bulan Ramadhan. Jadi Anda tidak bisa melakukannya diluar bulan tersebut. Untuk sholat ini di Indonesia umumnya dilakukan secara berjamaah, namun juga bisa dilakukan secara mandiri. Rakaat yang umum digunakan untuk sholat tarawih adalah 8 – 20 rakaat.

Baca juga:  Ayat Alquran dan Hadis yang Menjelaskan Tentang Hari Kiamat

Bacaan niat untuk sholat tarawih adalah sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adā'an ma'mūman lillāhi ta'ālā

Sedangkan arti dari niat sholat tarawih tersebut adalah:

Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.

Sholat Witir

Selanjutnya adalah niat sholat malam sebelum tidur untuk sholat witir. Sholat ini bisa Anda lakukan setelah melakukan sholat tarawih, sholat isya ataupun selepas sholat tahajud. Salah witir dilakukan dengan rakaat yang ganjil, yakni 3 rakaat, 5 rakaat atau 1 rakaat saja.

Sedangkan untuk lafad niat yang harus Anda baca untuk melakukan sholat witir adalah:

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka'aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Arti dari niat sholat witir diatas adalah:

Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Sholat Hajat

Anda juga bisa melakukan sholat hajat sebelum tidur. Sholat ini merupakan jenis sholat sunnah yang disarankan untuk dilakukan jika Anda ingin hajatnya dikabulkan oleh Allah. Jumlah rakaat sholat hajat adalah 2 rakaat, bisa dilakukan dengan berjamaah atau sendiri.

Untuk niat sholat malam sebelum tidur dari sholat sunnah hajat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal-haajati rak’ataini lillahi ta’ala.

Sedangkan untuk terjemahan dari niat sholat tersebut adalah:

Aku niat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah.

Sholat Mutlak

Terakhir adalah sholat mutlak, shalat ini termasuk dalam shalat sunnah yang tidak diberikan ketentuan terkait dengan waktu, sebab atau rakaat jumlah yang harus dilakukan. Bisa dilakukan sendiri ataupun berjamaah, biasanya dimulai dari 2 rakaat dan bisa lebih rakaatnya.

Baca juga:  4 Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

Untuk melakukan sholat mutlak, Anda sebaiknya membaca niat dengan lafadz sebagai berikut:

Ushalli sunnatal-mutlaqi rak’ataini lillâhi ta’âla

Sedangkan arti dari niat sholat mutlak diatas adalah:

Saya berniat shalat mutlak dua rakaat karena Allah Ta’ala

Manfaat Melakukan Sholat Sebelum Tidur

Setelah mengetahui niat sholat malam sebelum tidur dan jenis sholatnya, Anda harus tahu juga apa keutamaan dan manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan sholat ini. Menurut para ulama, berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan, diantaranya:

Waktu untuk Bermunajad

Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk bermunajad dan mendekatkan diri kepada Allah. Orang yang sering melakukan sholat sunnah tentu akan lebih dekat kepada Allah, sehingga menjadi pribadi yang sholeh dan beramal baik.

Jauh dari Godaan Syetan

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika melakukan sholat hajat adalah terhindar dari gangguan dan godaan syetan. Ketika tidur, tentu manusia tidak bisa menguasai tubuhnya sendiri. Sholat malah akan menghindarkan manusia dari ikatan dan godaan yang dibawa oleh syetan.

Sebaik-Baiknya Lelaki

Laki-laki yang melakukan sholat sunnah dan membaca niat sholat malam sebelum tidur kemudian melakukannya, merupakan sebaik-baik lelaki. Ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah mengatakan bahwa sebaiknya lelai adalah mereka yang mendirikan sholat di malam hari.

Dibalas dengan Surga

Anda yang sering melakukan sholat sunnah pada malam hari sebelum tidur akan diganjar oleh kebaikan dan pahala oleh Allah. Kebaikan tersebut berupa nikmat surga yang akan didapatkan di akhirat kelak.

Hal tersebut berdasarkan firman Allah dalam surat al-Dzariyat yang mengatakan bahwa mereka yang tidur sedikit di waktu malam dan memohon ampun pada Allah, akan mendapatkan taman surga.

Baca juga:  6 Tata Cara Wudhu dan Doanya Latin, Arab dengan Artinya

Merupakan Sumber Pahala

Anda bisa melakukan sholat sunnah sebelum tidur, namun jangan lupa untuk melakukan sholat fardhu. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari sholat sunnah ini, khususnya yang dilakukan setelah sholat fardhu. Salah satunya adalah mendapatkan pahala yang besar dari Allah.

Penutup

Demikianlah rincian mengenai niat sholat malam sebelum tidur dan jenis sholat yang bisa Anda lakukan sebelum tidur. Penulis martabattujuh.com berharap semoga informasi tersebut dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan Islam untuk Anda.

Check Also

Ucapan duka cita islami khusnul khotimah

Ucapan Duka Cita Islami Khusnul Khotimah yang Bermanfaat

Secara umum, ucapan duka cita islami khusnul khotimah ditujukan kepada keluarga yang sanak saudaranya telah …