Niat Puasa Senin Kamis dan Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Niat puasa senin kamis – Puasa Ramadhan memang ibadah yang sangat wajib untuk dilakukan, akan tetapi Allah telah memberi pengecualian kepada beberapa pihak yang memang dilarang atau tidak sanggup melakukannya. Inilah bacaan niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa Ramadhan yang dapat Anda praktikkan saat ingin melakukannya.

Orang yang Berhak Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Tidak semua umat muslim diperbolehkan untuk melakukan puasa wajib Ramadhan karena puasa memang membutuhkan energi yang tinggi dan fisik yang sehat untuk melakukannya. Sebagai contohnya saja, kaum perempuan yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk berpuasa pada hari Ramadhan. Nabi Muhammad bersabda bahwa seorang wanita yang haid tidak sholat dan puasa.

Karena itu, mereka harus menggantinya pada hari di luar Ramadhan, seperti hari senin atau kamis. Mereka harus membaca niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa Ramadhan sebagai bukti bahwa perempuan telah melaksanakan kewajiban yang diperintahkan oleh Allah kepada mereka.

Tidak hanya kaum perempuan yang haid saja, namun ada pula beberapa pihak lain yang boleh meninggalkan kewajiban berpuasa Ramadhan. Pihak yang bebas melakukan puasa Ramadhan atau tidak adalah:

  • Ibu yang menyusui atau hamil
  • Orang sakit yang kemungkinan akan sembuh
  • Musafir yang sedang melakukan perjalanan jauh

Mereka bisa melakukan niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa Ramadhan ketika memutuskan tidak sanggup melakukan puasa wajib. Nabi Muhammad telah menyatakan bahwa, “Sungguh Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Mulia telah membebaskan puasa dan separuh salat bagi orang yang bepergian, dan membebaskan pula dari puasa orang hamil dan orang yang menyusui.” [HR. al-Khamsah].

Baca juga:  6 Tata Cara Wudhu dan Doanya Latin, Arab dengan Artinya

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Mungkin ada yang merasa penasaran mengapa niat puasa senin kamis dan membayar hutang Ramadhan ini begitu penting untuk dilakukan, namun hal tersebut sesuai dengan kepercayaan umat Islam yang menganggap hari kamis dan senin adalah hari yang istimewa. Pada dua hari itu, amalan setiap manusia akan diangkat menuju ke hadapan Allah.

Bahkan, pada hari senin dan kamis itu pula pintu-pintu surga akan dibuka dan manusia akan memperoleh ampunan dari Allah SWT. Maka dari itu, mengetahui niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa Ramadhan menjadi salah satu hal yang sangat penting karena kemungkinan besar kita akan mendapatkan pahala yang besar.

Nabi Muhammad SAW pun bersabda bahwa, “”Amal ibadah manusia diperiksa di hadapan Allah setiap pekan dua kali, yaitu pada Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan …” (H.R. Muslim). Karena itu, tidak mengherankan jika kita menganggap kedua hari ini begitu penting.

Niat dan Cara Meng-Qadha Puasa Ramadhan pada Senin dan Kamis

Niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa ramadhan
Niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa ramadhan

Apabila Anda hendak melakukan qadha puasa Ramadhan pada hari kamis atau senin, maka tidak perlu menggabungkan niat puasa tersebut dengan niat puasa pada hari kamis dan senin. Ada hanya perlu melafalkan niat puasa qadha saja, karena niat tersebut hukumnya termasuk wajib. Mengenai apakah nanti memperoleh pahala atau tidak, itu termasuk ke dalam kewenangan Allah semata.

Anda bisa membaca niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa Ramadhan ketika malam hari seperti biasanya. Berikut ini adalah bacaan niat puasa senin kamis saat ingin mengganti hari puasa wajib.

Baca juga:  8 Manfaat Ruqyah dalam Islam Beserta Dalilnya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhaa’I fardhi syahri Ramadhaana lillaahi ta‘aalaa.

Artinya, “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Puasa Senin Kamis yang Mudah Dipahami

Bagi Anda yang ingin melaksanakan puasa senin kamis, tentunya harus mengetahui tata cara yang sudah ada sehingga Allah bisa menerima amalan ini dan tidak sia-sia begitu saja. Lantas, bagaimanakah tata cara puasa senin kamis yang mudah untuk dipahami?

Baca Niat Terlebih Dahulu

Tata cara pertama yang bisa dilakukan tentunya dengan membaca niat terlebih dahulu. Niat tersebut seperti yang sudah tertera pada penjelasan sebelumnya. Anda bisa membacanya dari dalam hati ataupun dengan mengucapkannya menggunakan mulut, keduanya tidak ada yang berbeda asalkan diri sendiri memang mantap untuk melakukannya.

Sahur

Setelah membaca niat, maka Anda bisa sahur dengan mengkonsumsi makanan sehat dalam porsi yang tidak terlalu berlebihan. Sebab, jika sahur dengan porsi makanan yang terlalu banyak kemungkinan besar akan menghasilkan akibat yang cukup merugikan terhadap organ tubuh Anda.

Puasa

Jika sudah sahur, Anda harus menahan diri selama beberapa jam hingga sholat maghrib tiba. Pastikan diri Anda sudah kuat dan mampu menahan diri dari berbagai macam godaan seperti makanan yang lezat, godaan setan, dan kenikmatan lainnya yang sangat mengganggu iman dan berpotensi tinggi untuk menghancurkan niat berpuasa senin kamis yang sudah diungkapkan.

Berbuka

Setelah melakukan puasa selama seharian penuh, hal tersebut bisa Anda akhiri dengan berbuka. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang nikmat dan manis-manis, namun alangkah lebih baik lagi jika berbuka dengan meminum air terlebih dahulu. Sebab, air tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan energi kembali dalam waktu yang cepat.

Baca juga:  Doa Memakai dan Doa Melepas Pakaian agar Dijaga Allah

Nah, itulah niat puasa senin kamis dan membayar hutang puasa Ramadhan yang dapat Anda lakukan ketika ingin mengganti hari puasa wajib Ramadhan. Karena ibadah ini sangat wajib untuk dilakukan, Anda harus sudah mengganti semua hari puasa wajib yang tidak Anda lakukan pada tahun sebelumnya sebelum Ramadhan datang menghampiri lagi.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …