nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran

Nama Panjang Bayi Perempuan Menurut Al Quran

Diposting pada
Terdapat banyak kata di dalam Al-Qur'an mengandung arti yang baik. Artikel ini membahas ✓ nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran ✓ kewajiban orang tua
Bagikan artikel ini

Memberikan nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran merupakan hal yang bisa dipertimbangkan oleh orang tua muslim. Dengan memberikan nama anak sebagaimana nama yang disukai Allah, maka anak akan tumbuh sesuai dengan harapan orang tua serta menjadi anak yang sholehah.

Terdapat banyak nama ataupun kata di dalam Al-Qur’an yang memiliki makna dan arti yang baik, sehingga bisa digunakan untuk nama anak perempuan. Berikut ini merupakan rekomendasi nama panjang untuk perempuan, yang susunan atau katanya diambil dari Al-Qur’an.

Rekomendasi Nama Panjang Bayi Perempuan Menurut Al Quran

Pada kesempatan kali ini penulis martabattujuh.com mau share rekomendasi nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran yang bisa Anda gunakan menjelang kelahiran si buah hati. Berikut dibawah ini adalah rekomendasi dari penulis.

Akifah

Akifah juga merupakan kata di dalam Al-Qur’an yang memiliki makna I’tikaf, atau aktivitas mendekatkan diri kepada Allah. Dengan memberikan nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran tersebut, diharapkan anak sering atau rajin melakukan I’tikaf dan dekat dengan Allah.

Terdapat beberapa rangkaian nama yang bisa digunakan untuk nama akifah, bisa digabungkan dengan nama Indonesia, atau menggunakan nama yang Islami. Misalnya menggabungkan nama akifah dengan nama keluarga besar, Akifah Susilowati, atau Akifah Husna, yang memiliki arti orang yang ber-I’tikaf dan baik.

Balqis

Anda tentu pernah mendengar kisah ratu Balqis, yang cantik dan masuk Islam karena mengetahui bahwa apa yang dimilikinya tidak lebih dari Nabi Sulaiman. Ia bisa menjadi rekomendasi nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran, karena memiliki kisah yang baik.

Anda bisa menemukan kata balqis di dalam Al-Qur’an ketika ia bertemu dengan Nabi Sulaiman. Ada beberapa pilihan kata yang bisa digunakan untuk menyambungkan nama tersebut agar terlihat serasi dengan anak perempuan Anda, misalnya Balqis Nurrul Ummah, atau Calista Balqis untuk kesan yang lebih modern.

Aiza

Di dalam Al-Qur’an, ditemukan pula kata Aiza yang memiliki makna sebagai kehormatan dan kemuliaan. Kata tersebut tersemat dalam al-Quran, surat Al-Maidah ayat ke-54, berikut merupakan petikan dari ayat tersebut:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مَنۡ يَّرۡتَدَّ مِنۡكُمۡ عَنۡ دِيۡـنِهٖ فَسَوۡفَ يَاۡتِى اللّٰهُ بِقَوۡمٍ يُّحِبُّهُمۡ وَيُحِبُّوۡنَهٗۤ ۙ اَذِلَّةٍ عَلَى الۡمُؤۡمِنِيۡنَ اَعِزَّةٍ عَلَى الۡكٰفِرِيۡنَ يُجَاهِدُوۡنَ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ وَلَا يَخَافُوۡنَ لَوۡمَةَ لَاۤٮِٕمٍ‌ ؕ ذٰ لِكَ فَضۡلُ اللّٰهِ يُؤۡتِيۡهِ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

QS. Al-Maidah ayat 54 latin:

Yaa aiyuhal laziina aamanuu mai yartadda minkum 'an diinihii fasawfa yaatil laahu biqawminy yuhibbuhum wa yuhibbuunahuu azillatin 'alal mu'miniina a'izzatin 'alal kaafiriina yujaahiduuna fii sabiilil laahi wa laa yakhaafuuna lawmata laaa'im; zaalika fadlu.

Arti QS. Al-Maidah ayat 54:

“Wahai orang-orang yang beriman! Barangsiapa di antara kamu yang murtad (keluar) dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, Dia mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, dan bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman, tetapi bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.”

Afida

Nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran lainnya adalah Afida. Afida memiliki arti sebagai hati nurani, sehingga diharapkan anak memiliki hati nurani yang baik dan suka menolong orang lain.

Untuk penggabungan nama, Anda bisa meletakkan nama Afida tidak hanya sebagai nama awal. Bisa juga sebagai nama tengah, atau nama akhir dari anak perempuan tersebut, ia juga bisa digabungkan dengan nama yang lebih modern karena mudah diucapkan. Anda bisa menemukan nama Afida dalam surat An-Nahl ke 78, berikut petikannya:

وَاللّٰهُ اَخۡرَجَكُمۡ مِّنۡۢ بُطُوۡنِ اُمَّهٰتِكُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ شَيۡـــًٔا ۙ وَّ جَعَلَ لَـكُمُ السَّمۡعَ وَالۡاَبۡصٰرَ وَالۡاَفۡـِٕدَةَ‌ ۙ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

QS. An-Nahl ayat 78 latin:

Wallaahu akhrajakum mim butuuni ummahaatikum laa ta'lamuuna shai'anw wa ja'ala lakumus sam'a wal absaara wal af'idata la'allakum tashkuruun.

Arti QS. An-Nahl ayat 78:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur.”

Aghnia

Aghnia memberikan kesan seperti bukan nama Islam, padahal ia merupakan kata yang bisa ditemukan dalam al-Quran dengan mudah. Aghnia bisa Anda temukan dalam surat al-Baqarah ayat 273, yang memiliki arti sebagai kekayaan.

Nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran ini memiliki makna bahwa anak tersebut nantinya memiliki kekayaan dan rezeki yang cukup. Sehingga hidupnya lebih mudah dan bisa menolong mereka yang masih kesusahan, berikut adalah potongan ayat yang menggunakan kata Aghnia:

لِلۡفُقَرَآءِ الَّذِيۡنَ اُحۡصِرُوۡا فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ لَا يَسۡتَطِيۡعُوۡنَ ضَرۡبًا فِى الۡاَرۡضِ يَحۡسَبُهُمُ الۡجَاهِلُ اَغۡنِيَآءَ مِنَ التَّعَفُّفِ‌ۚ تَعۡرِفُهُمۡ بِسِيۡمٰهُمۡ‌ۚ لَا يَسۡـــَٔلُوۡنَ النَّاسَ اِلۡحَــافًا ‌ؕ وَمَا تُنۡفِقُوۡا مِنۡ خَيۡرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيۡمٌ

QS. Al-Baqarah ayat 273 latin:

Lilfuqaraaa'il laziina uhsiruu fii sabiilil laahi laa yastatii'uuna darban fil ardi yah sabuhumul jaahilu aghniyaaa'a minat ta'affufi ta'rifuhum bisiimaahum laa yas'aluunan naasa ilhaafaa; wa maa tunfiquu min khairin fa innal laaha bihii 'Aliim

Arti Al-Baqarah ayat 273:

“(Apa yang kamu infakkan) adalah untuk orang-orang fakir yang terhalang (usahanya karena jihad) di jalan Allah, sehingga dia yang tidak dapat berusaha di bumi; (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta). Engkau (Muhammad) mengenal mereka dari ciri-cirinya, mereka tidak meminta secara paksa kepada orang lain. Apa pun harta yang baik yang kamu infakkan, sungguh, Allah Maha Mengetahui.”

nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran

Kewajiban Memberikan Nama yang Baik untuk Anak Perempuan

Pemberian nama yang baik untuk anak perempuan bukanlah tanpa alasan, sebab nama merupakan hak anak, baik laki-laki atau perempuan. Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk memberikan nama yang baik untuk buah hati mereka.

Nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran juga termasuk salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua, berikut merupakan hadits yang menerangkan perihal tersebut.

Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka membantu mereka memilih pasangan yang baik,” (Ibnu Najjar).

Dari hadits tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap anak berhak untuk mendapatkan nama yang baik, sebagaimana harapan dan keinginan dari orang tua. Ada beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika hendak memberi nama pada anak, diantaranya:

Waktu yang Tepat Pemberian Nama

Ada waktu yang tepat memberikan nama pada anak, yang sebaiknya dilakukan setelah anak tersebut lahir. Hal tersebut sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, sebagai berikut:

“Anak laki-lakiku lahir, kemudian aku membawanya kepada Nabi SAW.dan beliau lalu memberinya nama Ibrahim (anak tertua Abu Musa), beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan mendoakannya dengan keberkahan, setelah itu menyerahkannya kepadaku.” (HR. Bukhari)

Memberikan Nama yang Baik

Nama yang baik dan bagus tidak hanya mudah dihafalkan, namun juga berisi pengharapan orang tua terhadap anak. Memberikan Nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua, sebagaimana ayat berikut:

“Dan bagi Allah adalah nama-nama terbaik, jadi mintalah kepada mereka oleh mereka. Dan tinggalkan lah (rombongan) orang-orang yang melakukan penyimpangan tentang nama-nama-Nya. (Surat al-Araf ayat 180).

Nama yang baik bisa dari kata-kata di dalam al-Quran, bisa juga dari nama Nabi atau Rasul terdahulu. Harapannya anak akan menjadi orang yang disayang Allah karena perilakunya yang mencerminkan uswatun khasanah.

Menghindari Nama yang Dibenci Allah

Sebagaimana perintah Allah, sebagai orang tua, Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan nama anak dengan nama yang tidak disukai-Nya. Hal tersebut akan memberikan doa pengharapan yang kurang baik kepada anak, dan berpotensi menjadi olok-olokan.

“Memang, nama-nama terbaik dan paling dicintai Allah adalah: Abdullah, dan Abd-ur-Rahman. Nama-nama yang paling jujur adalah: al-Harith (penggarap) dan Hammam (perencana). Yang paling jelek adalah: Harb (perang) dan Murrah (pahit),” (Ibnu Ummar)

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Ummar tersebut, memilihkan nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran harus didasarkan pada kata-kata yang memiliki arti baik. Sehingga anak tidak dirundung dan disayang Allah, karena memiliki nama yang disukai-Nya.

Penutup

Demikianlah berbagai rekomendasi nama panjang bayi perempuan menurut Al Quran yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang hendak mempersiapkan nama untuk anak dan buah hatinya.