Nama Anak Perempuan dalam Al Quran yang Disukai Rasulullah

Nama anak tidak boleh dibuat sembarangan, sebab akan menjadi doa bagi anak di masa yang akan datang. Begitu pula dengan nama anak perempuan, jangan sampai nama yang digunakan tidak sesuai dengan tuntunan yang diberikan Rasullah. Ada beberapa nama anak perempuan dalam Al Quran yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif.

Dengan memberikan nama dari dalam Al-Qur’an, diharapkan anak perempuan nantinya tidak hanya mencintai Al-Qur’an tersebut, namun juga memiliki sikap yang baik dan berbakti kepada orang tua. Banyak dari orang tua yang memberikan nama dari Al-Qur’an, dengan harapan anak memiliki keterikatan diri dengan kitab suci umat Islam tersebut.

Rekomendasi Nama Anak Perempuan dalam Al Quran

Kamila

Di dalam Al-Qur’an, nama kamila memiliki arti sebagai kesempurnaan, diharapkan anak perempuan dapat berperilaku baik dan menjadi kesempurnaan untuk dijadikan suri tauladan yang lain. Anda bisa menemukan nama kamila, dalam surat Al-Baqarah ayat 196, berikut adalah petikan ayat untuk nama kamila.

…..tilka 'asyaratung kāmilah, żālika limal lam yakun ahluhụ ḥāḍiril-masjidil-ḥarām, wattaqullāha wa'lamū annallāha syadīdul-'iqāb

Artinya: …Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.

Sempurna yang dimaksud dalam ayat tersebut, tidak hanya sebagai nama anak perempuan dalam Al Quran saja, melainkan juga sebagai kesempurnaan dalam melakukan ibadah puasa.

Khalisa

Gambar QS. Al-A'raf Ayat 32

Nama selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk buah hati perempuan, adalah khalisa. Nama ini bisa ditemukan dalam surat Al-A’raf ayat 32, yang memiliki makna sebagai suatu yang suci dan bersih dari dosa.

Baca juga:  Cara Belajar Baca AlQuran Otodidak yang Wajib Diketahui

Berikut ini merupakan potongan ayat dari surat tersebut, yang menandakan bahwa khalisa bisa menjadi nama yang baik untuk anak perempuan.

قُلۡمَنۡحَرَّمَزِيۡنَةَاللّٰهِالَّتِىۡۤاَخۡرَجَلِعِبَادِهٖوَالطَّيِّبٰتِمِنَالرِّزۡقِ‌ؕقُلۡهِىَلِلَّذِيۡنَاٰمَنُوۡافِىالۡحَيٰوةِالدُّنۡيَاخَالِصَةًيَّوۡمَالۡقِيٰمَةِ‌ؕكَذٰلِكَنُفَصِّلُالۡاٰيٰتِلِقَوۡمٍيَّعۡلَمُوۡنَ

Qul man harrama ziinatal laahil latiii akhraja li'ibaadihii wattaiyibaati minar rizq; qul hiya lillaziina aamanuu fil hayaatid dunyaa khaalisatany Yawmal Qiyaamah; kazaalika nufassihul Aayaati liqawminy ya'lamuun

Arti surat Al-A’raf ayat 32: “Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah disediakan untuk hamba-hamba-Nya dan rezeki yang baik-baik? Katakanlah, “Semua itu untuk orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, dan khusus (untuk mereka saja) pada hari Kiamat.” Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu untuk orang-orang yang mengetahui.”

Di dalam ayat tersebut, disebutkan bahwa nama anak perempuan dalam Al Quran, yakni khalisa bermakna baik, dan tidak memiliki dosa sampai hari kiamat berlangsung.

Maisara

Gambar Surat Al-Baqarah Ayat 280

Apabila Anda ingin mendapatkan anak yang tidak hanya berbakti dan dekat dengan Al-Qur’an, maka memberi nama maisara bisa menjadi pilihan. Maisara bisa ditemukan dalam surat Al-Baqarah, di ayat ke-280.

Maisarah memiliki makna sebagai orang yang diberi kemudahan dan kekuatan. Sehingga mereka bisa menjalani kehidupan dengan lebih mudah, dan dekat dengan Allah, berikut adalah penggalan ayat Al-Qur’annya:

وَاِنۡكَانَذُوۡعُسۡرَةٍفَنَظِرَةٌاِلٰىمَيۡسَرَةٍ.وَاَنۡتَصَدَّقُوۡاخَيۡرٌلَّـكُمۡ‌ اِنۡكُنۡتُمۡتَعۡلَمُوۡنَ

Wa in kaana zuu 'usratin fanaziratun ilaa maisarah; wa an tasaddaquu khairul lakum in kuntum ta'lamuun

Arti surat Al-Baqarah ayat 280: “Dan jika (orang berutang itu) dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan. Dan jika kamu menyedekahkan, itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”

Laila

Untuk nama anak perempuan dalam Al Quran yang lahir di malam, maka Anda bisa menggunakan nama laila, yang memiliki arti malam hari. Laila tidak hanya memberikan nama Islam, namun juga memberikan kesan nama khas Timur Tengah.

Baca juga:  Doa untuk Anak Perempuan dan Cara Mendidiknya

Di dalam Al-Qur’an, ada banyak surat yang menyematkan laila sebagai kata malam. Misalnya di surat Al-Qadr yang menjelaskan tentang keutamaan dari malam lailatul qadr.

Ilmi

Gambar Surat Al-Baqarah Ayat 47

Memiliki anak perempuan, yang tidak hanya sholehah, namun juga cerdas bisa menjadi salah satu keinginan orang tua. Untuk memberikan doa tersebut secara terus menerus kepada anak, Anda bisa menggunakan nama ilmi.

Nama anak perempuan dalam Al Quran ini memiliki arti sebagai pengetahuan. Anda bisa menemukannya dalam surat Al-Baqarah, ayat ke-47, berikut adalah petikan dari ayat tersebut:

يٰبَنِىۡٓاِسۡرَآءِيۡلَاذۡكُرُوۡانِعۡمَتِىَالَّتِىۡٓاَنۡعَمۡتُعَلَيۡكُمۡوَاَنِّىۡفَضَّلۡتُكُمۡعَلَىالۡعٰلَمِيۡنَ

Yaa Baniii Israaa'iilaz kuruu ni'matiyal latiii an'amtu 'alaikum wa annii faddaltukum 'alal 'aalamiin

Arti surat Al-Baqarah ayat 47: “Wahai Bani Israil! Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepadamu, dan Aku telah melebihkan kamu dari semua umat yang lain di alam ini (pada masa itu).”

Maryam

Maryam untuk nama anak perempuan terlihat feminim dan bisa digunakan sebagai doa agar anak menjadi sholehah ketika dewasa. Nama Maryam bisa dilihat di dalam Al-Qur’an, khususnya nama surat yang menggambarkan kesholehahannya.

Maryam sendiri merupakan nama ibu dari Nabi Isa, yang menggambarkan kepasrahan diri kepada Allah, dengan sikap tawakal dan hati yang mulia. Anda bisa menggunakan nama tersebut sebagai nama anak perempuan dalam Al Quran.

nama anak perempuan dalam Al Quran

Adab Memberikan Nama untuk Anak Perempuan

Setelah mengetahui berbagai nama yang tepat untuk anak perempuan, ada baiknya Anda juga mengetahui adab terkait pemberian nama. Jangan sampai salah dalam memberikan nama, sehingga anak tidak mendapatkan keberkahan.

Dalam Islam, terdapat aturan yang harus dipenuhi oleh orang tua untuk memberikan nama pada anak. Dengan begitu, Anda turut melakukan sunnah Nabi dan anak memberikan berkah kepada orang tuanya.

Baca juga:  Bacaan Doa Menyembelih Hewan Aqiqah dan Tata Cara sesuai Syariat

Hak Ayah

Untuk pemberian nama, baik nama anak perempuan dalam Al Quran, maupun anak laki-laki, ayah memiliki hak untuk melakukan hal tersebut. Jika bukan ayah anak secara langsung, maka ia menjadi tanggung jawab kedua orang tuanya.

Hal tersebut disampaikan Rasulllah dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibu Najjar, disana Rasulllah menerangkan tentang tiga hak yang harus diterima anak. Ketiga hak tersebut adalah memiliki nama yang baik dari orang tua, menerima pendidikan, dan terakhir adalah dibantu memilih pasangan yang baik.

Memberi Nama Anak dengan Nama yang Disukai Allah

Nama anak, seperti yang terterang sebelumnya, diharapkan tidak hanya memberikan berkah untuk anak dan orang tua, namun juga sebagai doa harapan. Karena itu, sebaiknya gunakan nama yang disukai oleh Allah swt.

Nama yang disukai Allah bisa diambil dari berbagai sumber keislaman, misalnya nama anak perempuan dalam Al Quran, bisa juga diambil dari hadits atau sahabat dekat Nabi saw. Jangan lupa untuk memberikan nama pada anak di waktu yang tepat, yakni dari sejak lahir sampai 7 hari setelah anak dilahirkan.

Tidak Memberi Nama Seperti Orang Kafir

Terakhir, jangan memberi anak sebagaimana nama orang kafir, karena hal tersebut merupakan hal yang dilarang oleh agama. Dengan memberikan nama menggunakan identitas orang kafir, maka mereka membawa identitas non-Islam sebagai identitas diri, yang mana memberikan harapan kurang baik kepada anak.

Penutup

Demikianlah berbagai nama anak perempuan dalam Al Quran yang sesuai dengan anjuran Allah dan Nabi Muhammad. Untuk Anda yang masih kebingungan memilihkan nama untuk anak, nama-nama yang direkomendasikan sebelumnya bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan. Menurut penulis martabattujuh.com, selain memberikan harapan, ia juga memiliki arti yang baik sebagai berkah untuk anak dan keluarga.

Check Also

Ucapan duka cita islami khusnul khotimah

Ucapan Duka Cita Islami Khusnul Khotimah yang Bermanfaat

Secara umum, ucapan duka cita islami khusnul khotimah ditujukan kepada keluarga yang sanak saudaranya telah …