Manfaat ruqyah dalam Islam

8 Manfaat Ruqyah dalam Islam Beserta Dalilnya

Diposting pada
Ruqyah adalah upaya dan proses penyembuhan melalui ayat-ayat suci yang ada di dalam Al-Qur'an. Artikel ini membahas mengenai ✓ 8 manfaat ruqyah dalam Islam
Bagikan artikel ini

Ruqyah adalah sebuah metode yang dipercaya oleh umat muslim dan dianggap mampu menyembuhkan penyakit hati yang selama ini diderita. Kegiatan ini juga bisa membuang seluruh hawa negatif yang ada di dalam tubuh umat Islam. Ruqyah ini seringkali disamakan dengan proses pengusiran makhluk gaib yang mengganggu di dalam diri kita.

Sebenarnya di dalam ajaran agama Islam, ruqyah adalah sebuah upaya dan proses penyembuhan melalui ayat-ayat suci yang ada di dalam Al-Qur’an. Secara tidak langsung, ruqyah ini salah satu bentuk dari usaha manusia untuk mendekatkan diri sekaligus meminta perlindungan dari Allah SWT.

Manfaat ruqyah dalam Islam

8 Manfaat Ruqyah dalam Islam dan Dalilnya

Sebenarnya apa saja manfaat ruqyah dalam Islam yang berfungsi untuk menjauhkan manusia dari marabahaya? Berikut ini adalah beberapa manfaat ruqyah dalam Islam beserta dalil yang mengiringinya.

Suatu Bentuk Keimanan kepada Allah

Manfaat ruqyah dalam Islamyang pertama adalah menjadi suatu bentuk keimanan kepada Allah SWT. Akan tetapi, ruqyah harus dilakukan sesuai dengan syariat yang ditetapkan oleh Allah agar tidak jatuh ke dalam kategori musyrik. Sebab, ada beberapa ruqyah yang justru menyimpang dari ajaran yang sudah diungkapkan oleh Allah.

Gambar QS. Al-Isra ayat 82

Bacaan yang digunakan ketika ruqyah ini diambil dari Alquran sehingga sama saja dengan menambah keimanan kepada Allah. Allah sendiri telah berfirman dalam surat Al-Isra ayat 82 yang berbunyi.

Surat Al-Isra ayat 82 arab:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الۡـقُرۡاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۙ وَلَا يَزِيۡدُ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا خَسَارًا‏

Surat Al-Isra ayat 82 latin:

Wa nunazzilu minal quraani maa huwa shifaaa'unw wa rahmatul lilmu;miniina wa laa yaziiduz zaalimiina illaa khasaaraa.

Arti Surat Al-Isra ayat 82:

“Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS Al-Isra’: 82)

Melindungi Diri dari Kejahatan

Sebagai manusia, kita selalu terbayang-bayang oleh kejahatan dan gangguan dari berbagai pihak, baik itu godaan manusiawi ataupun dari makhluk yang tidak kasat mata. Hal ini tentunya akan membuat kita berada dalam kegelisahan setiap harinya, dan tidak bisa beristirahat dengan tenang serta selalu merasa takut dari kejahatan.

Seorang imam yang bernama Ibnu Qayyim sendiri telah berpendapat bahwasanya ruqyah merupakan sebuah obat yang sangat ampuh agar diri terlindungi dari kejahatan yang buruk. Manfaat ruqyah dalam Islam terbukti sangat berguna untuk menyembuhkan gangguan kecemasan yang cukup tidak rasional pada diri sendiri.

Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Meskipun prosesnya cukup menyakitkan, namun ternyata manfaat ruqyah dalam Islamyang selanjutnya yaitu metode ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Setan dan iblis yang bersemayam di dalam diri kita bisa segera diusir apabila melakukan ruqyah, sehingga mereka tidak akan menciptakan kerugian pada tubuh.

Tidak hanya itu saja, namun kegiatan ruqyah ini juga sudah sesuai dengan sebuah penelitian yang sempat dilaksanakan di Texas oleh Dokter Dossey. Dokter tersebut melakukan sebuah uji coba yang membuktikan bahwa ungkapan doa-doa sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan menahan perkembangan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Selalu Diingat oleh Allah

Allah sangat menyukai hamba-Nya yang selalu mengingat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Mereka yang melakukan ruqyah sudah membuktikan betapa nikmatnya dampak yang mereka rasakan setelah ruqyah karena seperti mendapat hidayah secara langsung dari Allah. Hal tersebut tentunya sangat menyenangkan karena Allah akan membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar QS. Al-Baqarah ayat 152

Manfaat ruqyah dalam Islamini sudah tertuang di dalam Alquran. Karena hal tersebut, maka manfaat dari metode penyembuhan yang sudah diterapkan oleh umat muslim sejak berabad-abad lalu ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Allah sudah pernah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 152 yang berbunyi.

Surat Al-Baqarah ayat 152 arab:

فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ

Surat Al-Baqarah ayat 152 latin:

Fazkuruuniii azkurkum washkuruu lii wa laa takfuruun.

Arti surat Al-Baqarah ayat 152:

“Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu.” (QS Al-Baqarah: 152).

Memberi Kebaikan kepada Orang Lain

Jika melakukan ruqyah sesuai dengan kaidah yang tertulis di dalam agama, maka hal ini juga memiliki arti lain bahwa ustad yang melakukan ruqyah tersebut sudah membantu umat muslim yang merasa kesusahan. Ustad tersebut sudah berperan besar dalam memberi kebaikan kepada orang lain agar mereka terbebas dari belenggu yang menyusahkan mereka selama ini.

Apabila membantu orang lain, Allah pastinya akan merasa sangat sayang kepada hamba tersebut. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah yang pernah bersabda,

“Barangsiapa di antara kalian mampu memberi manfaat kepada saudaranya, maka berilah padanya manfaat” (HR. Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah).

Membentengi Diri dari Setan

Beberapa bacaan yang dibaca ketika melaksanakan proses ruqyah terdiri atas ayat-ayat panjang yang memang sangat ampuh untuk membentengi diri dari setan. Surat yang digunakan biasanya adalah ayat kursi dan surat Yasin yang mampu membuat setan merasa kepanasan. Barang siapa yang membaca kedua surat itu, maka pasti akan dijauhkan dari hal yang bersifat jahat.

Melalui Ibnu Mas’ud, Rasulullah pernah bersabda,

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari empat ayat pertama dari surat al Baqarah dan ayat kursi, kemudian membaca dua ayat sesudahnya dan akhirnya, maka rumah itu tidak dimasuki setan hingga pagi hari.” (HR Thabrani).

Memperoleh Kekuatan dari Allah SWT

Manfaat ruqyah dalam Islamyang tidak boleh dilupakan adalah metode ini akan membantu kita untuk memperoleh kekuatan dari Allah. Sebab, ketika melakukan ruqyah kita juga melakukan dzikir, dan Allah sudah berjanji untuk memberikan kekuatan bagi mereka yang selalu mengingat Allah dalam kehidupan yang kita lakukan sehari-hari.

Mengurangi Stress

Manfaat yang terakhir ini terlihat sepele, namun ternyata ruqyah juga mampu membawakan dampak yang begitu positif terhadap kesehatan mental yang kita miliki. Umat muslim yang merasa depresi diperkirakan mampu merasakan lebih bahagia ketika sudah melaksanakan ruqyah karena dirinya tidak lagi merasa sendirian lagi.

Akan tetapi, tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya harus dilakukan melalui ruqyah. Satu hal yang pasti, ruqyah akan mampu membantu untuk mengurangi stress yang dirasakan selama ini.

Penutup

Demikianlah manfaat ruqyah dalam Islamyang sangat berguna untuk membuat kita semua menjadi dimudahkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, sebelum melakukannya, pastikan bahwa tempat pelaksanaan ruqyah tersebut sudah terkenal di kalangan muslim dan prosesnya sesuai dengan syariat Islam.