Inspirasi Kisah Nyata Sukses Dengan Sholawat

Kisah nyata sukses dengan sholawat – Kita tentu sering sekali mendengar sholawat Nabi dibacakan dalam berbagai kesempatan, baik di pengajian, acara tausiyah, acara di masjid dan masih banyak lagi. Mengucapkan sholawat nabi memiliki manfaat yang sangat besar karena memberikan berkah yang luar biasa kepada mereka yang selalu mengamalkannya. Bahkan banyak kisah nyata yang dialami banyak orang dengan membaca sholawat dan sukses.

Bersholawat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Meskipun ringan untuk dibaca namun, sholawat memiliki nilai pahala yang sangat besar. Di dalam Al Qur’an sendiri disebutkan jika sholawat merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada Rasulullah SAW, seperti yang dijelaskan dalam surah An-Nisa Ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Wa izaa huyyiitum bitahiy yatin fahaiyuu bi ahsana minhaaa aw rudduuhaa; innal laaha kaana 'alaa kulli shai'in Hasiiba.

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.”

Allah dan juga malaikat-malaikatnya bahkan senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga sebagai hambanya tentunya, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak sholawat. Anjuran tersebut dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 56:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innal laaha wa malaaa'i katahuu yusalluuna 'alan Nabiyy; yaaa aiyuhal laziina aamanuu salluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa.

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Keutamaan membaca sholawat nabi
Keutamaan membaca sholawat nabi

Selain mendapatkan banyak keberkahan seperti kisah nyata sukses dengan sholawat yang sudah banyak dialami oleh orang-orang.  Berikut ini beberapa keutamaan lainnya yang bisa diperoleh dengan mengamalkan bacaan sholawat:

Baca juga:  7 Ayat Alquran Penyemangat Hidup yang Menjadi Motivasi

Memperoleh pahala 10 kali lipat

Orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW akan mendapatkan banyak pahala. Hal ini karena orang yang bersholawat satu kali, maka Allah akan memberikan pahala sebanyak 10 kali lipat. Tentunya semakin banyak ucapan sholawat yang dilantunkan, maka semakin besar pula pahala yang didapatkan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits:

“Dari Abdullah bin Amr bin Ash radiallahu ‘anhu, bahwasanya ia mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim).

Dimohonkan ampun oleh para malaikat

Manfaat sholawat yang kedua adalah akan dimohonkan ampun oleh para malaikat di langit. Malaikat akan senantiasa memohonkan ampun kepada Allah untuk para orang-orang beriman yang selalu bersholawat. Hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Majah yang berbunyi berikut:

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku dengan satu sholawat, maka para malaikat akan terus menerus memohon ampun untuknya selama ia bersholawat untukku. Maka karena itu, silakan seseorang menyedikitkan sholawatnya atau memperbanyaknya.” (HR. Ibnu Majah).

Dikabulkan permohonan-permohonan yang diminta

Bersholawat juga akan membuat permohonan-permohonan yang diminta kepada Allah mudah untuk dikabulkan. Oleh karena banyak kisah nyata sukses dengan sholawat yang dialami oleh umat muslim hanya dengan memperbanyak membaca sholawat supaya hajat yang diinginkan tersebut dikabulkan. Seperti yang dikatakan dalam hadits:

“Barangsiapa memohon kepada Allah agar kebutuhannya dikabulkan, hendaknya ia memperbanyak sholawat Nabi. Kemudian mintalah kebutuhannya itu, lalu tutuplah permohonannya dengan sholawat pula. Sesungguhnya Allah akan menerima dua sholawatnya itu, dan Dia Maha Mulia dari menolak hajat yang ada di antara keduanya.” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi).

Memperoleh pertolongan dari Allah SWT

Selain memperoleh kemuliaan, umat muslim yang selalu mengucapkan sholawat juga akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Hal tersebut ditegaskan secara langsung dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasai:

“Sesungguhnya Allah menolong umat ini disebabkan doa orang-orang lemah, sholawat mereka, dan buah keikhlasan mereka.” (HR An Nasa’i).

Berkumpul bersama Nabi Muhammad SAW di hari kiamat

Saat hari kiamat tiba, orang-orang yang selalu bersholawat juga akan dikumpulkan di dekat Nabi Muhammad SAW. Hal itu juga dijelaskan didalam sebuah hadits dari Imam Baihaqi:

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi).

Contoh Kisah Nyata Sukses Dengan Sholawat

Kisah nyata sukses dengan sholawat
Kisah nyata sukses dengan sholawat

Berikut ini salah satu contoh kisah nyata sukses dengan sholawat yang dialami oleh salah satu orang yang bisa kita teladani:

Baca juga:  Amalan Malam Jumat untuk Wanita Sesuai Syariat Islam

Bismillahirahmanirrahiim, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Perkenalkan sebelumnya saya Sekar, saya adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah memiliki dua orang anak, satu laki-laki dan satunya lagi perempuan. Keseharian saya, saya menghabiskan waktu untuk mengurus rumah tangga, anak-anak dan juga suami. Namun disamping itu saya juga memiliki kebiasaan lain yakni kebiasaan yang menurut saya itu hanya sebuah kesenangan atau hobi yang saya salurkan.

Saya berjualan baju, dan akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk memproduksi model pakaian muslim kurang lebih 2,5 tahun lalu. Baju-baju yang saya produksi diantaranya seperti gamis dewasa dan juga anak-anak.

Di awal-awal, memang itu benar-benar masih merangkak dengan jumlah modal yang seadanya saja, say juga tidak meminta kepada suami karena sebenarnya suami juga kurang mendukung. Sebab dia ingin saya untuk fokus dalam mendidik anak dan mengurus suami dan tidak mau membebankan saya dengan pekerjaan lainnya selain pekerjaan rumah. Menurutnya mungkin itu bukan tanggung jawab saya, namun sebagai seorang istri saya juga ingin memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang positif.

Dengan menjalankan usaha ini alhamdulillah saya banyak mendapatkan pengalaman dan berteman dengan orang-orang yang memiliki ilmu tinggi. Dan alhamdulillahnya lagi dalam menjaankan usaha tersebut saya selalu mengamalkan shalwat dan ibadah-ibdah lainnya kurang lebih selama 10 bulan. Dan perlahan-lahan Allah menjawab dengan usaha saya yang semakin berkembang.

Penutup

Diatas merupakan berbagai keutamaan yang di dapat dengan bersholawat dan contoh kisah nyata sukses dengan sholawat. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …