9 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita – Dari sekian rukun Islam, sholat menjadi salah satu hal yang selalu rutin dan wajib untuk dilaksanakan bagi setiap Muslim. Selain sholat wajib, ada sholat sunnah yang juga dianjurkan yakni sholat tahajud. Ada berbagai keuntungan yang diperoleh jika menjalankan sholat tahajud.

Sepertiga malam sampai menjelas waktu subuh merupakan waktu yang ideal dan paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud. Jumlah rakaat dari sholat tahajut bebas sesuai dengan keinginan yang mengerjakan sholat tersebut dengan batasan minimal 2 rakaat. Nabi Muhammad biasanya mengerjakan sholat tahajud 11 rakaat sudah termasuk witir dan terkadang juga 13 rakaat sudah termasuk dengan witir.

Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita

Beberapa hadits shahih menyebutkan tentang sholat tahajud yang mempunyai beberapa kebaikan didalamnya. Kebaikan tersebut bisa didapatkan jika Anda rutin mengerjakannya. Apa saja kebaikan tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini terkait dengan keutamaan sholat tahajud untuk wanita.

Doa Selalu Terkabul

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang pertama yaitu doa yang mereka panjatkan akan selalu terkabul. Meskipun doa tersebut tidak akan selalu terkabul dalam waktu yang singkat, akan tetapi doa tersebut tetap akan didengar oleh Allah SWT. Wanita pasti memiliki berbagai doa yang ingin diraih baik itu berhubungan dengan kehidupan dunia ataupun akhirat.

Dengan melakukan sholat tahajud pada sepertiga malam, doa yang dipanjat akan semakin terdengar hingga malaikat pun akan mengamininya. Waktu sepertiga malam memang salah satu waktu paling mustajab yang bisa dilakukan ketika ingin berdoa. Allah pasti akan mengampuni dan memberi segala sesuatu yang diinginkan oleh hamba-Nya pada saat berdoa di waktu tersebut.

Memperoleh Rahmat dari Allah SWT

Memperoleh rahmat dari Allah menjadi keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang selanjutnya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Allah memang akan memberi rahmat bagi siapapun yang bangun pada saat malam hari lalu beribadah dan mengucapkan kata-kata indah yang ditujukan kepada-Nya.

Bahkan, Rasulullah pun pernah bersabda, sesuai dengan riwayat Abu Dawud. Beliau menyatakan bahwa Allah akan memberi rahmat kepada suami yang bangun pada malam hari lalu turut serta membangunkan istrinya untuk melakukan sholat tahajud, begitupun sebaliknya. Tidak dipungkiri jumlah pahala melakukan sholat tahajud ini memang begitu tinggi.

Menghapuskan Dosa dan Kesalahan

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang paling berguna adalah sholat ini mampu membantu menghapuskan dosa dan kesalahan yang sudah pernah dilakukan. Sebagai manusia biasa, kita pastinya pernah melakukan beberapa kesalahan dan dosa baik itu secara sengaja ataupun tidak sengaja kepada orang lain dan Allah.

Meskipun begitu, Allah adalah Tuhan Yang Maha Pemaaf, sehingga jika kita berdoa secara sungguh-sungguh dan meminta pengampunan, maka Allah pasti akan memberi maaf. Terlebih bagi hamba-Nya yang rajin untuk melakukan sholat tahajud, rutinitas ini akan menjadi penutup kesalahan dan menghapuskan seluruh dosa yang pernah terjadi.

Dicintai oleh Allah

Allah memang sangat menjunjung tinggi hamba-Nya yang bersedia meluangkan waktunya untuk melakukan sholat tahajud pada saat tengah malam. Sebab, manusia lainnya pasti akan lebih memilih untuk melanjutkan istirahat dan tidur dengan nyenyak pada saat-saat tersebut. Jika kita meninggalkan ego dan hasrat yang menggoda untuk melakukan sholat, Allah pasti sangat mencintai kita.

Siapapun yang bersedia bangun meskipun sedang merasa sangat lelah dengan aktivitas di dunia dan mengambil air wudhu lalu sholat tahajud akan selalu diridhoi oleh Allah SWT. Tidak hanya itu saja, namun orang yang melakukan sholat tahajud akan dimasukkan ke dalam golongan hamba Allah yang shalih dan selalu bertakwa.

Wajahnya Menjadi Lebih Bersih

Sebagai seorang wanita, penampilan menjadi hal utama yang selalu dijaga dengan penuh perhitungan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata melakukan sholat tahajud akan membuat wajah kita menjadi lebih bersih dan bercahaya? Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai macam pihak yang menyatakan bahwa sholat tahajud membuat kulit mereka semakin bersinar.

Tidak hanya secara fisik saja, namun penampilan wanita pun akan menjadi lebih cantik secara batin. Jika kita terlalu banyak merasa stress dan tidak memiliki tempat atau seseorang yang dijadikan sandaran, pasti wajah akan terasa tampak muram. Dengan menyerahkan segalanya kepada Allah, kita akan mendapatkan kulit wajah yang lebih halus dan ceria sehingga penampilan kita tetap terlihat indah.

keutamaan sholat tahajud untuk wanita

Penyelamat dari Siksa Neraka

Layaknya sholat lima waktu yang wajib, sholat tahajud ini juga berpotensi besar untuk menyelamatkan kita dari ancaman siksa neraka. Hal ini sudah tertuang ke dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Bukhari. Hadits tersebut menyebut ada tujuh golongan yang dijauhkan dari api neraka, salah satunya adalah mereka yang selalu mengingat Allah dan menitikkan air mata ketika melakukan sholat tahajud.

Menjadi Manusia yang Selalu Bersyukur

Melaksanakan sholat tahajud secara rutin juga membantu kita untuk menjadi manusia yang senantiasa bersyukur. Sebab, kita akan menjadi lebih pasrah dan tidak meminta imbalan yang terlalu besar kepada Allah karena kita tahu bahwa hanya dengan mencintai-Nya saja kehidupan kita dijamin akan selalu terhindar dari kerugian yang bisa membuat kehidupan kita menjadi sangat suram.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang selalu dilupakan yaitu aktivitas ini mampu membantu meningkatkan produktivitas kerja kita. Sholat tahajud diyakini mampu membantu mindset dan sisi spiritualitas menjadi lebih tinggi. Agar bisa menjadi manusia yang andal secara emosional, spiritual, dan intelektual, maka umat Islam harus bisa membiasakan diri dengan sholat tahajud.

Dijauhkan dari Gangguan Setan

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang terakhir yaitu kita akan selalu hidup dalam kondisi aman, karena kemungkinan besar kita akan selalu dijauhkan dari gangguan setan yang sangat berbahaya. Setan tidak akan berani mengganggu kita lagi sehingga dalam kehidupan sehari-hari kita bisa tetap berperilaku sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Allah.

Sholat Sunnah yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Rasulullah menganjurkan agar kita mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam selepas menjalankan sholat lima waktu. Sholat sunnah ini merupakan sholat malam yang paling utama setelah sholat wajib, dimana sholat ini sebagai tambang pahala di penghujung malam.

Penutup

Itulah beberapa keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang bisa Anda ketahui. Berbagai keutamaan tersebut memang sangat berguna untuk diri kita sendiri, sehingga rasakanlah keutamaannya dengan melakukan sholat tahajud sendiri di rumah. Penulis martabattujuh.com berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …