Dongeng Anak Islami Sebelum Tidur dan Manfaatnya

Dongeng anak islami sebelum tidur – Sebagai orang tua, tentu saja pasti ingin merasa lebih dekat dengan si kecil sehingga mereka bisa menganggap kita sebagai sosok yang bisa diandalkan.

Dongeng anak islami sebelum tidur

Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan ketika menceritakan dongeng anak islami sebelum tidur kepada mereka.

Berikut ini ada beberapa dongeng dan manfaat membacakan dongeng islami kepada anak.

Dongeng Anak Islami Sebelum Tidur yang Penuh Makna

Berikut dibawah ini ada 7 dongeng anak islami sebelum tidur yang dapat orang tua ceritakan kepada si buah hati sebelum tidur.

Nabi Musa dan Qorun

Nabi Musa dan Qorun

Dongeng anak islami sebelum tidur yang bisa kamu bacakan adalah kisah yang bercerita tentang Nabi Musa dan pengikutnya yang bernama Qorun.

Qorun adalah sosok yang begitu disukai oleh Nabi Musa karena dia sangat taat beribadah kepada Allah. Saking taatnya dia beribadah, dia sampai melupakan kehidupan duniawi yang harusnya sama-sama diperhatikan.

Meskipun kehidupannya dulu jauh dari kata layak, namun sebenarnya Qorun merupakan sosok yang disegani oleh banyak orang yang menganggapnya sebagai seorang ulama.

Dia memiliki seorang istri bernama Ilza yang seringkali merasa kecewa karena dia ingin kehidupan mereka berubah menjadi lebih layak dibandingkan kondisi yang tidak pernah berubah.

Pada suatu saat, dua orang laki-laki yang ternyata diketahui merupakan utusan dari Raja Gholan memberikan Qorun sebuah hadiah.

Hadiah itu berupa uang yang jumlahnya begitu banyak dan bentuknya pun emas yang berkilauan. Akan tetapi, Qorun menolak pemberian hadiah itu dengan berkata bahwa dia tidak pernah membantu ataupun mengenal Raja Gholan.

Berbanding terbalik dengan Qorun, istrinya justru menerima dengan senang hati pemberian raja itu. Sebenarnya Qorun merasa marah dengan perbuatan istrinya, namun karena dia tampak begitu senang, dia pun akhirnya tidak tega untuk membuat istrinya merasa kecewa dan bersedia menerima setengah hati hadiah itu.

Setelah itu, Qorun pun menjadi sosok yang hidupnya layak namun lama-kelamaan dia mulai jarang beribadah.

Bahkan, istrinya pun melarang dirinya untuk menjenguk Nabi Musa karena dia khawatir kehidupan mereka menjadi susah lagi jika kembali menjadi pengikut Nabi Musa. Suatu hari, kawan lama Qorun datang dan memperingatinya untuk menyedekahkan harta tersebut.

Namun, karena jumlahnya yang terlalu besar membuat dia enggan menyedekahkan harta benda yang dimiliki. Qorun pun mulai menghasut saudagar lainnya agar mengabaikan anjuran Nabi Musa.

Karena sudah keterlaluan, Nabi Musa pun berdoa agar Qorun mendapatkan azab, dan tibalah azab tersebut kepadanya.

Qorun tiba-tiba mengalami sebuah peristiwa tidak lazim dimana dirinya masuk ke dalam perut bumi. Meskipun dia sudah meminta ampun, namun dia beserta hartanya ditelan bumi seutuhnya.

Dongeng anak islami sebelum tidur ini menjelaskan mengapa kini harta yang masih menjadi misteri sering disebut sebagai Harta Karun.

Baca juga:  Ayat Alquran Tentang Cinta dan Jodoh

Nabi Ibrahim dan Api

Nabi Ibrahim dan Api

Kisah antara Nabi Ibrahim dan api menjadi dongeng anak islami sebelum tidur yang sangat menarik untuk dibacakan. Si kecil pastinya akan belajar banyak hal ketika dia sudah mendengarkan kisah yang satu ini.

Seperti yang sudah menjadi ilmu pengetahuan umum, Nabi Ibrahim lahir di tengah-tengah masyarakat jahiliah yang seringkali melakukan hal keji dan tidak pernah mengindahkan perintah Allah.

Ketika itu, Raja Namrud membuat peraturan kejam yang mana menyuruh seluruh orangtua membunuh semua bayi yang baru saja lahir.

Karena itulah, orang tua Nabi Ibrahim pun memutuskan untuk mengasingkan bayi mereka ke dalam gua yang ada di hutan.

Bayi tersebut, yakni Nabi Ibrahim pun tumbuh sebagai sosok yang cerdas dan mengetahui bahwa berhala yang disembah oleh Raja Namrud bukan tuhan yang bisa disembah. Nabi Ibrahim menghancurkan seluruh berhala yang memenuhi kota kelahirannya.

Karena geram, Raja Namrud memutuskan untuk menghukum Nabi Ibrahim dengan membakarnya di atas api yang berkobar-kobar.

Akan tetapi, Allah pun menolong Nabi Ibrahim ketika beliau sedang dihukum oleh Raja Namrud karena beliau bisa selamat dari kobaran api tanpa terluka.

Dongeng anak islami sebelum tidur yang satu ini akan membuat si kecil mengetahui bahwa Allah memang sosok yang mampu membantu hamba-Nya yang kesusahan.

Tidak hanya itu, kegigihan dan kecerdasan Nabi Ibrahim diatas juga bisa menjadi hal yang patut untuk ditiru.

Nabi Daud dan Ulat

Nabi Daud dan Ulat

Dongeng anak islami sebelum tidur yang selanjutnya ini membahas mengenai kehidupan Nabi Daud dan ulat.

Nabi Daud merupakan nabi yang begitu taat dan dia diberi kesempatan untuk menyebarkan kitab Zabur. Suatu hari, ketika sedang membaca kitab tersebut ada seekor ulat yang tiba-tiba mendekatinya.

Beliau merasa heran dengan apa yang diinginkan oleh ulat tersebut. Allah pun lalu mengizinkan ulat itu untuk berbicara dalam bahasa manusia.

Lalu, mengatakan pada Nabi Daud bahwa Allah menyuruh beliau untuk membaca tasbih sebanyak seribu kali. Nabi Daud merasa terkejut dan sadar bahwa sebelumnya dia telah meremehkan ulat kecil tersebut.

Beliau pun meminta pengampunan karena memiliki pemikiran tersebut, karena ulat yang kecil itu ternyata mampu beribadah dengan caranya sendiri.

Dongeng anak islami sebelum tidur yang membahas mengenai Nabi Daud ini akan membantu si kecil untuk merasa percaya diri dan tidak gampang meremehkan hal lainnya.

Tukang Semir yang Melakukan Haji

Tukang Semir yang Melakukan Haji

“Tukang Semir Saleh yang Melakukan Haji” juga menjadi dongeng anak Islami sebelum tidur yang dapat diceritakan kepada si buah hati.

Pada suatu kala, hiduplah seorang laki-laki miskin yang bekerja sebagai tukang semir sepatu. Tukang semir ini merupakan seorang yang rajin dan tidak pernah lalai untuk menjalankan ibadah.

Kehidupannya yang sangat pas-pasan, tidak menyurutkan niatnya agar dapat bisa pergi melakukan haji.

Sedikit demi sedikit, dia kumpulkan hasil jerih payahnya untuk bisa menabung untuk melakukan haji. Memang sangat membutuhkan waktu yang lama untuk menabung, tapi tukang semir sepatu ini tidak pernah mengeluh dan tetap sabar.

Baca juga:  Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah yang Shahih

Hingga pada suatu hari, uangnya sudah terkumpul dan sekiranya cukup untuk pergi naik haji. Tiba-tiba, tetangganya yang juga hidup miskin, meminta agar dibantu untuk berobat karena menderita sakit parah.

Tidak tega melihatnya, dia pun memberikan tabungan naik hajinya untuk biaya berobat tetangganya.

Dilain tempat, ada seorang saudagar kaya dari kampung sebelah yang sedang pergi naik haji. Ketika sedang berada di Padang Arafah, dia bermimpi dan bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.

Saudagar kaya bertanya kepada Nabi, “siapakah yang ibadah hajinya diterima oleh Allah SWT?” Beliau menjawab bahwa si tukang semir lah yang menjadi seorang haji mabrur.

Sekembalinya dia dari tanah suci, langsung mencari tukang semir sepatu yang dimaksud.

Betapa terkejutnya dia saat mengetahui orang yang dicari adalah seorang tukang semir sepatu yang miskin dengan hidupnya yang pas-pasan.

Dia kemudian bertanya apakah benar Anda telah naik haji? Lalu dijawab dengan rendah hati oleh tukang semir sepatu “Saya belum pernah naik haji”.

Mungkin saja, Nabi Muhammad SAW menyebut namanya sebagai seorang haji yang mabrur karena melihat niat, kerja keras, dan keikhlasan yang dijalaninya.

Doa Semut Minta Hujan dan Nabi Sulaiman

Doa Semut Minta Hujan dan Nabi Sulaiman

Dongeng anak Islami sebelum tidur tentang “Doa Semut Minta Hujan dan Nabi Sulaiman” dikutip dari Kumparan, berikut dibawah ini kisahnya.

Pada suatu hari, pernah terjadi kelaparan besar di negara Palestina, tepatnya pada masa Nabi Sulaiman AS.

Pada saat itu, Nabi Sulaiman pun sedang berjalan bersama para pengikutnya dan pergi ke tempat yang luas di gurun untuk berdoa kepada Allah agar dapat menurunkan hujan.

Tiba-tiba saja datanglah seekor semut yang menghampirinya dan mengangkat tangannya keatas lalu ikut berdoa.

Semut berkata, “Ya Allah, Kami hanyalah makhluk-Mu yang sangat kecil di antara semuanya. Kami tidak bisa hidup tanpa kasih karunia-Mu. Tolong berikan kami rezeki-Mu dan jangan menghukum kami karena dosa manusia.

Tolong turunkan hujan sehingga pohon bisa tumbuh, pertanian menjadi hijau, dan biji-bijian tersedia. Dan kami pun memiliki makanan untuk dimakan.”

Nabi Sulaiman yang bisa mendengar dan mengerti bahasa binatang, termasuk semut, memberi tahu orang-orang di sekitarnya.

Dia memberitahukan agar semua orang kembali pulang, karena menurutnya doa semut sudah sangat cukup.

Tidak berselang waktu lama, hujan pun turun dengan lebat dan semua lahan kembali menjadi hijau!

Semut merupakan makhluk cerdas. Kesehariannya, dia selalu mengumpulkan dan menyimpan makanan di dalam lubang.

Semut tahu bahwa selama bulan-bulan akan basah dan dingin, dirinya tidak akan bisa keluar untuk mencari makanan.

Lubang yang dibuat dibawah tanah sangat hati-hati dan ditutup dengan pelindung agar air hujan tidak akan masuk ke dalam.

Selain itu, semut merupakan makhluk yang senang membantu sesamanya. Mereka sangat senang untuk bergotong-royong dalam hal apa pun.

Pada suatu hari, disaat Nabi Sulaiman sedang bepergian bersama dengan manusia, jin, dan burung, mereka tengah mencapai lembah semut!

Kepala semut pun keluar dan melihatnya serta langsung memperingatkan semua semut untuk masuk ke lubang mereka.

Baca juga:  Kumpulan Ayat Alquran tentang Perdamaian

Karena dia agar tidak diinjak-injak dan dihancurkan tanpa disadari oleh manusia dan jin yang sedang berjalan mendekati sarangnya.

Nabi Sulaiman pun tersenyum mendengar peringatan yang diucapkan oleh kepala semut tersebut. Ia meminta para sahabatnya agar menunggu sesaat, sampai semua semut masuk ke dalam lubang mereka.

“Tidak ada dari kita yang menyakiti semut saat melewati tanah mereka,” katanya.

Kepala semut pun mengucapkan terima kasih kepada Nabi Sulaiman karena semut-semut lainnya dapat aman masuk ke dalam sarangnya.

Nabi Sulaiman juga ucapkan rasa terima kasihnya karena beberapa waktu lalu semut sudah ikut serta berdoa agar diturunkan hujan sehingga mereka bisa makan.

Harta Pusaka yang Terpendam

Harta Pusaka yang Terpendam

Dongeng anak Islami sebelum tidur yang terakhir berjudul “Harta Pusaka yang Terpendam.”

Pada zaman dahulu, hidup seorang petani tua yang rajin yang serta mempunyai banyak anak. Anak-anak petani itu sangat malas bahkan beribadah saja mereka tidak mau, sangat berbeda dengan ayahnya yang rajin.

Ayah mereka sedih karena dia sudah semakin tua dan ttidak mungkin selamanya dapat mendampingi anak-anaknya.

Dia kemudian berpikir bagaimana caranya agar dapat mengubah sifat anak-anaknya. Diberitahukanlah kepada mereka bahwa di ladang garapannya terdapat harta yang terpendam.

Apabila mereka dapat menemukannya, maka kehidupan mereka pun akan terjamin kelak.

Menuruti perkataan tadi, tidak lama mereka pun bekerja keras agar dapat menemukan harta yang dimaksud sang ayah.

Meskipun telah lama menggali seluruh tanah yang ada di ladang itu, mereka tetap saja tidak menemukan harta terpendam ataupun lainnya. Mereka pun merasa kecewa dan hampir putus asa.

Lantas, mereka tidak akan berhenti begitu saja, ada salah satu dari mereka yang berpikiran untuk menanam tanaman gandum.

Kemudian, ditanamilah tanaman gandum tersebut. Selang beberapa waktu, tanaman tersebut sudah bisa dipanen dan membuahkan hasil yang sangat melimpah.

Selanjutnya, mereka menanami ladangnya dengan tanaman gandum lagi. Namun pada kali ini, mereka bekerja lebih giat dan merawat tanaman gandum tersebut lebih baik lagi.

Pada panen berikutnya, hasil yang mereka dapat menjadi lebih banyak jika dibandingkan dengan hasil sebelumnya.

Pada akhirnya, anak-anak petani tua itu pun sadar akan apa yang diberitahukan oleh sang ayah pada waktu itu. Harta yang terpendam itu ternyata bukanlah berwujud benda, akan tetapi, sesuatu yang harus diusahakan oleh kita.

Manfaat Menceritakan Dongeng Anak Islami

Ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan membacakan dongeng anak islami sebelum tidur kepada anak-anak. Beberapa manfaat tersebut seperti yang ada di bawah ini:

Memperluas kosakata

Si kecil yang terbiasa mendengarkan dongeng akan belajar mengenai kosakata baru. Terkadang, dia juga bisa bertanya pada kamu apa arti dari suatu kata yang tidak dimengerti.

Melatih perkembangan kognitif

Banyak yang membuktikan bahwa dongeng mampu membantu menstimulasi otak anak-anak agar dia bisa berimajinasi dan berpikir. Hal ini sangat bagus sehingga perkembangan kognitif mereka bisa semakin tumbuh.

Cara Memilih Dongeng Anak Islami yang Paling Tepat

  • Pastikan cerita tersebut memiliki pesan moral yang sesuai dengan kaidah Islam
  • Jangan menceritakan dongeng yang isinya terlalu berat bagi anak kecil
  • Pakai objek tambahan agar bisa membantu proses visualisasi mereka
  • Kamu bisa menirukan suara hewan atau tokoh dengan unik

Itulah beberapa dongeng anak islami sebelum tidur yang begitu bermanfaat untuk membantu pola pikir anak kecil. Tentu akan ada begitu banyak hikmah yang bisa dipetik dari seluruh kisah yang sudah tertulis di atas.

Check Also

kata-kata bijak islami untuk wanita sholehah

Kata-Kata Bijak Islami untuk Wanita Sholehah

Kata-kata bijak islami untuk wanita sholehah: Allah SWT menciptakan manusia baik pria maupun wanita dengan …