7 Keutamaan dan Dalil Alquran Tentang Menuntut Ilmu

Dalil Alquran tentang menuntut ilmu – Sebagai manusia, sudah menjadi karakteristik alamiah bahwa kita adalah makhluk yang ingin mengerti segalanya. Ilmu adalah subjek yang sangat luas dan mencakup berbagai hal baik itu mengenai kehidupan di dunia ataupun segala ilmu yang berada di luar jangkauan kita. Inilah dalil Alquran tentang menuntut ilmu dan bagaimana hukumnya.

Alasan Mengapa Muslim Diwajibkan untuk Menuntut Ilmu

Keutamaan dan dalil Alquran tentang menuntut ilmu
Keutamaan dan dalil Alquran tentang menuntut ilmu

Mendidik Generasi Masa Depan

Alasan pertama mengapa muslim wajib untuk menuntut ilmu adalah karena kita harus memiliki ilmu yang banyak agar mampu mendidik generasi masa depan. Anak-anak dan generasi muda menjadi pilar utama yang berpengaruh besar untuk menjaga kelestarian dunia yang aman dan selalu ada dalam kondisi yang kondusif.

Apabila tidak memiliki ilmu yang luas, maka kita tidak akan memiliki hal apapun yang bisa membantu generasi muda memahami ilmu yang baru. Bahkan Allah pun telah menurunkan dalil Alquran tentang menuntut ilmu yang pastinya memiliki arti bahwa kita tidak boleh lengah dan bermalas-malasan, harus mencari ilmu hingga kematian tiba.

Memberdayakan Lingkungan yang Lebih Islami

Dalil Alquran tentang menuntut ilmu memang sangat banyak dan berulang-ulang diucapkan karena Allah memang menekankan pentingnya ilmu itu bagi umat Islam. Ilmu yang kita miliki akan berguna untuk membantu proses pemberdayaan lingkungan yang lebih islami dan sesuai dengan syariat yang ada di dalam agama kita.

Allah telah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 122, yang berbunyi seperti berikut:

Baca juga:  9 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُوْا كَاۤفَّةًۗ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَاۤىِٕفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُوْا فِى الدِّيْنِ وَلِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ اِذَا رَجَعُوْٓا اِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ

Bacaan surat At-Taubah ayat 122 latin:

Wa maa kaanal mu'minuuna liyanfiruu kaaaffah; falaw laa nafara min kulli firqatim minhum taaa'ifatul liyatafaqqahuu fiddiini wa liyunziruu qawmahum izaa raja'uuu ilaihim la'allahum yahzaruun.

Arti bacaan surat At-Taubah ayat 122:

Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.

Meraih Kesuksesan

Menuntut ilmu akan membantu manusia dalam meraih kesuksesan, karena di zaman yang serba modern ini kita dituntut untuk berpikir cepat dan bersaing dengan berbagai macam pihak. Tentunya ilmu yang dimiliki tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan kemampuan beserta kaidah yang sudah ditentukan oleh Allah.

Allah lebih menyukai hamba-Nya yang berusaha keras untuk memperoleh keinginan yang diharapkan dibandingkan dengan mereka yang hanya mengeluh namun tidak pernah berusaha untuk mencari ilmu yang tepat. Tidak mengherankan jika dalil alquran tentang menuntut ilmu banyak yang mengutuk pihak yang tidak pernah berusaha mencari ilmu baru di luar lingkungannya.

Lebih Dihargai oleh Lingkungan Sekitar

Jika seseorang memiliki ilmu yang tinggi, maka sudah menjadi hal yang pasti bahwa mereka akan lebih dihargai dan dijunjung oleh lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Orang yang berilmu dianggap mampu menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitar dengan kepala dingin dibandingkan mereka yang tidak memikirkan apapun terlebih dahulu.

Tidak hanya di lingkungan saja, namun orang berilmu juga akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Hal tersebut sesuai dengan dalil alquran tentang menuntut ilmu yang tertuang pada surat Al-Mujadalah ayat 11, yang berbunyi:

Baca juga:  4 Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ

Bacaan surat Al-Mujadalah ayat 11 latin:

Yaaa ayyuhal laziina aamanuu izaa qiila lakum tafassahuu fil majaalisi fafsahuu yafsahil laahu lakum wa izaa qiilan shuzuu fanshuzuu yarfa’il laahul laziina aamanuu minkum wallaziina uutul ‘ilma darajaat; wallaahu bimaa ta’maluuna khabiir.

Arti bacaan surat Al-Mujadalah ayat 11 latin:

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Tidak Gampang Terpengaruh oleh Godaan Setan

Setan kemungkinan besar tidak akan berhasil mengganggu orang yang memiliki ilmu tinggi sebab iman mereka akan sangat kuat dan kokoh. Tidak ada celah yang bisa ditembus oleh setan ketika ingin mencelakai olah berilmu karena mereka pasti mampu mengetahui yang mana yang benar, dan mana yang dilarang oleh Allah SWT.

Jika tidak memiliki ilmu agama ataupun ilmu duniawi yang cukup, maka kita akan terperangkap ke dalam godaan setan yang berbahaya. Ada dalil alquran tentang menuntut ilmu yang membahas mengenai hal ini, seperti potongan ayat berikut:

“Dan mereka berkata‘ sekiranya kamu mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.’” (QS. Al Mulk 67:10)

Memperluas Wawasan

Siapapun yang berusaha mencari ilmu pasti akan mendapatkan wawasan yang begitu luas dan tidak terjebak dalam zona nyaman mereka saja. Ilmu di dunia ini sangat luas dan patut untuk diketahui dengan lebih lanjut, karena Allah memang menghendaki umat-Nya agar selalu mencari ilmu yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Baca juga:  Ayat Alquran Tentang Mendidik Anak Menurut Islam

Bahkan, Nabi Muhammad pernah menyatakan bahwa umat Islam harus mampu mencari ilmu hingga ke negeri China. Pada zaman dahulu, China memang sudah terkenal di seluruh dunia sebagai negeri yang memiliki peradaban tinggi karena memang penduduknya memiliki wawasan yang sangat luas.

Membangkitkan Kejayaan Islam

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, pada beberapa abad yang lalu Islam merupakan agama dengan peradaban yang sangat maju. Ada begitu banyak rumus dan teori yang masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari hingga saat ini, mulai dari algoritma, aljabar, dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya yang menunjukkan kejayaan pada masa itu.

Akan tetapi, muslim pada masa sekarang jarang sekali yang berusaha untuk mendobrak hal baru dan menciptakan ilmu yang membantu kehidupan kita. Karena itulah, dengan menuntut ilmu setinggi mungkin kita pasti akan mampu mengembalikan kejayaan Islam yang sudah lama redup berabad-abad lalu dan membuktikan kepada dunia mengenai kehebatan ilmuwan muslim.

Itulah beberapa keutamaan dan dalil alquran tentang menuntut ilmu yang dapat Anda pahami dengan lebih dalam. Menuntut ilmu akan mendatangkan begitu banyak kebaikan bagi kita semua, karena itulah tidak ada salahnya untuk berusaha mencari ilmu setinggi mungkin karena ibadah ini wajib dilakukan oleh siapa saja, baik itu lelaki ataupun perempuan.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …