6 Posisi dan Cara Tidur Yang Baik Menurut Islam

Cara tidur yang baik menurut islam – Ajaran agama Islam selalu mengarahkan kepada para umatnya untuk berbuat sesuai dengan anjuran yang benar. Bahkan mengenai posisi tidur, sikap yang benar dalam merebahkan diri akan menjaga kesehatan kita. Cara tidur yang baik menurut islam sesuai dengan anjuran Rasullullah tidak hanya akan membuat istirahat kamu berkualitas, namun juga menjamin jika kualitas tidur semakin menyehatkan.

Sejumlah pakar kesehatan mengakui jika pola istirahat yang sudah di contohkan Rasullullah memang pantas ditiru. Jika kamu menerapkannya sehari-hari, meski terbilang sederhana pola tidur yang sudah dijalankan Rasullullah ini tidak hanya untuk amalan saja, melainkan juga sebagian dari ibadah. Berikut ini cara tidur yang sehat dalam ajaran agama Islam.

Cara Tidur Yang Baik Menurut Islam

Tidur merupakan waktu yang tepat untuk melepaskan tubuh dari kelelahan selama beraktifitas seharian. Hal tersebut tertuang dalam firman Allah:

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآياتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Surat Ar-Rum ayat 23 latin:

Wa min Aayaatihii manaamukum bil laili wannahaari wabtighaaa'ukum min fadlih; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yasma'uun.

Arti surat Ar-Rum ayat 23:

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar Rum: 23).

Rasullullah juga pernah menjelaskan mengenai posisi tidur dalam haditsnya:

Baca juga:  5 Pantangan Suami Saat Istri Hamil Menurut Islam yang Wajib Dipahami

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَأْ وُضُوءَكَ للصَلاةِ، ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika engkau hendak menuju tempat tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu (bagian tubuhmu) sebelah kanan.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Sesuai dengan penjelasan diatas, cara tidur yang baik menurut islam yang bisa kamu contoh antara lain berikut ini.

cara tidur yang baik menurut islam

Mematikan Lampu

Rasullullah menganjutkan jika saat tidur lebih baik memadamkan lampu atau membuat suasana ruang tidur gelap. Dengan suasana gelap inilah sekresi hormone melatonin akan semakin meningkat selama suasana gelap menemani tidur kamu. Melatonin sendiri merupakan hormin yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, menghambat kolesterol dan pengatur ritme tidur.

Sehingga dengan memadamkan lampu, tubuh kamu akan istirahat dengan total. Jantung tidak akan berdetak kencang karena suasana gelap akan membuat ritme detakan stabil. Jika rutin dilakukan, tidur dalam kondisi gelap juga akan mencegah sel kanker menyerang organ manusia.

Posisi Miring ke Kanan

Kemudian posisi tidur yang menyehatkan dalam pandangan Islam adalah miring ke kanan. Dengan posisi ini kondisi jantung akan aman dan tidak tertindih. Selama tidur manusia tidak akan bisa mengontrol posisi jantung. Dengan memiringkan ke kanan maka resiko permasalahan jantung bisa dicegah.

Bagi pasanga suami istri, posisikan istri di depan saat miring ke kanan. Selain tidur berkualitas dan menyehatkan, kamu sebagai suami juga bisa memeluk istri dari belakang selama istirahat berdua. Romantis bukan?

Hindari Tidur Tengkurap

Berikutnya, Islam menganjurkan jika tidur sebaiknya jangan dalam posisi tengkurap. Imam Tirmidzi dalam sebuah hadist menjelaskan, “Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah.” Dengan kata lain, posisi ini tidur tengkurap memang dilarang dalam agama Islam. Sedangkan efek tidur tengkurat juga dianggap membayakan diri.

Baca juga:  5 Ayat Alquran tentang Pasangan Hidup dan Jodoh

Pakar kesehatan menjelaskan jika posisi tidur tengkurap akan menekan otot dada dan pernafasan. Semakin adanya tekanan inilah maka pernafasan dijamin tidak bekerja normal. Jika suplai oksigen tidak maksimal maka bisa saja sesorang akan kekurangan nafas selama tidur tengkurap. Sangat membayakan bukan!

Tidak Terlentang Lama

Cara tidur yang baik menurut islam berikutnya adalah tidak boleh tidur terlentang dalam waktu lama. Masalah yang timbul dengan posisi tidur ini adalah menekan tulang punggung jika berlangsung lama. Jika dibiarkan lama, seseorang akan cenderung gelisah dan ingin buang air kecil selama waktu tidur. Karena saat itu tulang punggung tertekan terlalu lama.

Kelamaan tidur terlentang juga akan mengakibatkan seseorang bernafas memakai mulut. Posisi ini akan meminimkan pernafasan memakai hidung. Sudah pasti kualitas udara yang masuk ke dalam tubuh merupakan udara kotor karena tampa penyaringan dibandingkan bernafas memakai hidung.

Letakkan Tangan Kanan di Bawah Pipi

Kemudian posisi tidur yang juga dinilai sehat menurut pandangan Islam adalah tidur dengan berbantalkan tangan kanan. Saat kamu miring ke kanan, silahkan meletakkan tangan kanan dibawah pipi. Dijamin kualitas tidur akan semakin menyenangkan dan terlelap sampai pagi. Hal ini disebabkan karena pada posisi ini leher, punggung dan kepala berada dalam satu garis lurus.

Posisi ini juga menjamin jika kualitas tidur tidak akan beranjan sampai pagi. Apalagi jika kondisi dan suasana kamar tidur mendukung. Posisi tidur ini sesuai dengan penjelasan Hudzaifah Radhiyallahu, “Nabi SAW jika ingin tidur di malam hari, maka beliau meletakkan tangannya di pipinya (yang kanan), kemudian mengucapkan, Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).”

Baca juga:  Doa Agar Diberi Anak Perempuan Beserta Tips yang Bisa Dilakukan

Tidur Tidak Terlalu Lama

Cara tidur yang baik menurut Islam erikutnya adalah tidak melebihi batasan. Sejauh ini tidur yang baik adalah 8 jam, dimana kualitas tidur dari jam ini sudah cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh kembali. Usahakan tidur setelah sholat isya dan bangun ketika pertengahan malam. Selain berkualitas, kamu juga bisa menjalankan ibadah kembali selepas bangun tidur.

Islam juga menganjurkan sebelum berbaring maka hendaknya kamu merapikan dan mengibaskan tempat tidur. Tujuannya adalah tempat yang digunakan terbebas dari kotoran dan ancaman penyakit yang menempel di tempat tidur.

Penutup

Seperti dalam penjelasan diatas, cara tidur yang baik menurut Islam yang paling bagus dan menyehatkan adalah miring ke kanan. Dari berbagai manfaat yang didapatkan, bukan hanya akan membuat tubuh kamu menjadi semakin sehat, kualitas tidur yang baik akan mengembalikan energy yang terkuras seharian penih dalam beraktifitas. Semoga ulasan diatas bermanfaat!

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …