6 Cara Membaca Alquran dengan Lancar dan Benar

Cara membaca Alquran dengan lancar dan benar – Pada hakikatnya, sebagai seorang muslim sudah sewajibnya untuk bisa membaca dan memahami kitab suci Al-Qur’an sebagai tuntunan dan pedoman hidup. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Karena, pada dasarnya kesalahan dalam membaca kitab suci Al-Qur’an baik dalam penyebutan huruf hijaiyah maupun tanda bacanya akan berdampak pada berubahnya makna dan arti dalam ayat tersebut.

Meyakini Al-Qur’an juga bahkan menjadi bagian dari rukun iman bagi umat muslim sebagai cara untuk menata hidup yang lebih baik sesuai pedoman Islam yang diatur melalui kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Pentingnya Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, tak hanya untuk menambah ketakwaan kita sebagai muslim tapi juga penting sebagai tuntunan hidup termasuk menjadi bacaan wajib ketika menunaikan ibadah shalat lima waktu.

Cara Membaca Alquran dengan Lancar dan Benar

Banyak cara membaca Alquran dengan lancar dan benar, selagi kita memiliki niat dan ikhlas untuk memahami isi dari kitab suci Al-Qur’an itu.

Terlebih jika Allah SWT meridhai hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam mempelajari kitab suci maka Allah akan melancarkan jalannya.

Selain itu, dalam memahami Al-Qur’an tak hanya lancar dan benar dalam melapalkannya saja tapi juga harus memahami arti dari tiap ayat dan surat yang ada di dalam Al-Qur’an agar bisa lebih menghayati siapa pun yang membacanya.

Baca juga:  Al-Quran Diturunkan Secara Berangsur-Angsur Selama?

Kenali dan Pahami Cara Membaca Huruf Hijaiyah

Cara membaca Alquran dengan lancar dan benar yang pertama adalah dengan mengenali cara membaca huruf hijaiyah. Kitab suci Al-Qur’an ditulis dalam huruf Hijaiyah. Huruf ini memiliki cara baca yang khusus dan berbeda dengan huruf lainnya misalnya seperti alfabet. Oleh karena itu, sebelum bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar sebaiknya kenali dan pahami dulu cara membaca tiap huruf Hijaiyah.

Huruf Hijaiyah memiliki 29 huruf baku dengan cara membaca yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, beberapa huruf bahkan harus dilapalkan melalui lidah dan melalui tenggorokan, seperti dzal, kho, tsa dan yang lainnya yang semuanya memiliki makna dan fungsi yang beragam dan harus dipahami serta ditaati oleh umat muslim.

Pahami Cara Baca Tiap Tanda Harakat

Setelah memahami tiap hurup hijaiyah dan cara membacanya, maka proses selanjutnya adalam memahami tanda baca dalam kitab suci Al-Qur’an atau yang dikenal dengan harakat.

Dalam Al-Qur’an, harakat memiliki peran penting untuk melapalkan tiap huruf hijaiyah yang saling terkait dengan huruf lainnya.

Beberapa tanda baca harakat seperti: Kasrah, Tasydid, Sukun, Fathah yang memiliki cara tersendiri dalam pengucapannya. Dan, tanda harakat ini jika salah dalam pengucapannya maka akan berbeda pula makna atau arti dari ayat yang dibaca.

cara membaca alquran dengan lancar dan benar

Pahami Tajwid Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an, tajwid memiliki fungsi untuk mengatur cara membaca tiap ayat melalui berbagai cara seperti panjang, pendek, mendengung, jelas atau terdengar samar.

Cara melafadzkan ayat yang salah berpotensi untuk mengaburkan arti atau maksud yang hendak disampaikan baik oleh ayat maupun surat dalam Al-Qur’an.

Beberapa bacaan yang terkait dengan tajwid seperti Idgham, Iqlab maupun Idzhar semua ini harus juga dipahami dengan baik agar pemaknaan surat maupun ayat dalam Al-Qur’an bisa sesuai dan terdengar lebih merdu dan indah jika dibacakan.

Baca juga:  Doa Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Dimulai dari Membaca Surat Pendek

Di dalam kitab suci Al-Qur’an terdapat sejumlah surat pendek yang bisa dipahami dan dibaca dengan mudah. Anda bisa memulainya dari membaca dan memahami cara membaca tiap surat pendek tersebut secara satu persatu, seperti Surah Al-Kautsar, Surah Al-Ikhlas maupun Surah An-Nas.

Surat-surat pendek ini akan sangat efektik untuk memulai memahami tanda baca dan malafadzkan tiap ayat dengan benar secara cepat dan lancar.

Setelah dirasa mampu membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, Anda bisa memulai untuk membaca surat-surat yang sedikit lebih panjang, seperti Surat Al-Kahfi atau surat-surat lainnya agar semakin lancar.

Selalu Berlatih

Cara membaca Alquran dengan lancar dan benar yang ke-5 dengan selalu berlatih. Membaca Al-Qur’an akan terasa lebih mudah dan cepat dipahami jika terus dilatih dan dilakukan secara rutin dan kontinu. Selain itu, upayakan membaca Al-Qur’an yang memiliki terjemahan dalam latin agar bisa membandingkan cara membaca baik panjang maupun pendeknya tiap ayat yang dibaca.

Sediakan atau luangkan waktu setidaknya 15 – 30 menit setiap hari untuk membaca Al-Qur’an atau bisa dilakukan setelah menunaikan ibadah shalat lima waktu.

Beberapa waktu yang tepat untuk membaca Al-Qur’an agar bisa lebih khusyu’ adalah setelah shalat malam (Tahajud) atau setelah Shalat Shubuh.

Jika dirasa sudah mulai memahami, pilihlah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang agak sedikit panjang, kemudian hapalkan secara sempurna untuk dijadikan bacaan ketika menunaikan ibadah shalat agar kemampuan Anda membaca Al-Qur’an bisa lebih baik.

Belajar Bersama Hafidz Qur’an

Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan belajar kepada ahlinya baik melalui ustadz atau bisa juga melalui hafidz Qur’an yang sudah memahami cara membaca Alquran dengan lancar dan benar sehingga jika pun salah akan bisa dikoreksi.

Baca juga:  Pengertian dan Bentuk Toleransi yang Dibolehkan Dalam Islam

Dengan begitu, Anda akan lebih cepat mengetahui cara membaca Al-Qur’an termasuk memahami arti tiap surat dalam kitab suci Al-Qur’an itu.

Ada banyak sekali ustadz maupun hafidz yang dengan senang hati mengajarkan siapa pun umat muslim yang mau memulai berlatih dan belajar cara membaca Alquran dengan lancar dan benar karena selain membagi ilmu, juga menjadi ladang pahala bagi mereka.

Kesimpulan

Manfaat dari memahami kitab suci Al-Qur’an bagi umat muslim sangat penting artinya tak hanya sebagai bekal di kehidupan selanjutnya, memahami kitab suci Al-Qur’an juga akan membuat umat muslim hidup lebih tertata dan sesuai dengan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin.

Demikian artikel dengan tema cara membaca Alquran dengan lancar dan benar yang dapat penulis martabattujuh.com sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan mohon maaf jika ada salah penulisan.

Check Also

Ucapan duka cita islami khusnul khotimah

Ucapan Duka Cita Islami Khusnul Khotimah yang Bermanfaat

Secara umum, ucapan duka cita islami khusnul khotimah ditujukan kepada keluarga yang sanak saudaranya telah …