Cara Belajar Baca AlQuran Otodidak yang Wajib Diketahui

Cara belajar baca AlQuran otodidak – Mempelajari dan belajar kitab suci Al-Qur’an sudah menjadi kewajiban utama bagi umat muslim, karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup seluruh umat muslim dan menjadi salah satu dari rukum iman bagi seorang muslim.

Oleh karena itu, bahkan orang tua mengajarkan anak untuk belajar membaca Al-Qur’an dari sejak dini hal ini agar menumbuhkan generasi penerus yang berkarakter dan memiliki akidah dan keimanan sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya itu saja, Al-Qur’an menjadi petunjuk termasuk menjadi peringatan bagi seluruh umat manusia, sekaligus menjadi sumber penyembuh yang didalamnya terdapat berbagai cara maupun obat untuk menyembuhkan tak hanya penyakit secara fisik tapi secara rohani.

Muslim yang belajar dan memahami Al-Qur’an juga, akan memiliki akhlak yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW sebagai contoh utama umat muslim. Dengan belajar dan memahami Al-Qur’an akan terhindar dari godaan untuk tidak melakukan hal-hal yang berdosa dan dilarang oleh Allah SWT.

Sebagai pedoman hidup umat muslim, siapa pun yang mengamalkan kita suci akan terlihat perbedaannya yang terlihat lebih santun dan selalu berhati-hati baik dalam tindakan maupun ucapannya. berikut penjelasan mengenai cara belajar baca AlQuran otodidak dibawah ini.

Cara Belajar Al-Qur’an

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa belajar Al-Qur’an dan tak hanya sekedar bisa membaca kitab suci saja tapi juga memahami makna yang hendak disampaikan dalam tiap surat maupun ayat yang disampaikan dalam Al-Qur’an.

Cara belajar Al-Qur’an bisa dengan belajar mengaji dengan guru mengaji, ustadz, dan tidak perlu malu, karena belajar Al-Qur’an dilakukan oleh semua muslim tanpa melihat umur, jabatan maupun status sosialnya di masyarakat, semua sama dihadapan Allah SWT, yang membedakan hanyalah tingkat keimanannya.

cara belajar baca alquran otodidak

Cara Belajar Baca AlQuran Otodidak

Cara belajar baca AlQuran otodidak memang lebih ditujukan untuk lebih memfasihkan cara membaca dan memahami maknanya. Cara yang bisa dilakukan pun beragam, mulai dari memahami huruf hijaiyah, memahami tanda baca dalam Al-Qur’an, menghapal murotal hingga terus berlatih dengan meluangkan waktu setiap hari.

Semua niat yang baik dan mulia ini Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT karena membaca dan memahami Al-Qur’an adalah sebagian dari ibadah yang berpahala.

Berikut dibawah ini adalah cara belajar baca AlQuran otodidak yang bisa Anda dipraktekkan sendiri:

Belajar Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an, bagi Anda yang ingin belajar kitab suci dari awal, hal utama yang harus Anda pahami adalah belajar dan memahami tiap huruf hijaiyah untuk memudahkan Anda membaca dan melafadzkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan mudah.

Tak perlu tergesa-gesa, karena Anda juga harus memahami cara membaca tiap huruf hijaiyah, karena cara melafadzkan huruf hijaiyah sangat berbeda dengan huruf-huruf biasa seperti alfabet.

Belajar Tanda Harakat

Mempelajari tanda baca atau harakat juga tak kalah pentingnya dalam belajar Al-Qur’an, karena tiap tanda baca dalam Ak-Qur’an tak hanya membedakan tiap ayat demi ayat tapi juga arti dan makna yang hendak disampaikan dalam surat maupun ayat dalam kitab suci Al-Qur’an.

Tak banyak tanda baca dalam Al-Qur’an hanya saja cara melafadzkannya harus benar-benar sesuai, dan membutuhkan teknik yang khusus. Lakukan latihan secara terus menerus secara rutin, khususnya dalam pelafadzan tanda harakat pada tiap surat.

Belajar Tajwid

Tajwid mengatur cara membaca tiap ayat secara teknis mulai dari mengatur cara baca baik panjang maupun pendek atau dibaca dengan sedikit mendengung.

Beberapa bacaan yang terkait dengan tajwid seperti Idgham, Iqlab maupun Idzhar semua ini harus juga dipahami dengan baik agar pemaknaan surat maupun ayat dalam Al-Qur’an bisa sesuai dan terdengar lebih merdu dan indah jika dibacakan.

Berlatih Murottal Secara Rutin

Anda bisa melihat video atau bahkan mendengarkan cara membaca tiap ayat dalam surat-surat yang ada dalam Al-Qur’an kemudian mempraktekkannya secara mandiri dan detail baik cara membaca dan melafadzkan tiap huruf hijaiyah maupun harakat dan tajwidnya, tak perlu khawatir tidak sesuai karena dengan berlatih murottal secara rutin Insya Allah prosesnya akan lebih mudah.

Saat ini baik di televisi maupun di sosial media, ustads yang mengajarkan cara belajar Al-Qur’an secara online sehingga bisa memudahkan umat muslim dari berbagai daerah dengan cukup mengakses melalui smartphone atau melalui komputer.

Berlatih Secara Rutin

Cara belajar baca AlQuran otodidak selanjutnya dengan selalu sediakan waktu untuk belajar Al-Qur’an secara rutin setiap harinya. Cukup dengan 15-20 menit setelah selesai shalat lima waktu. Ulangi terus bacaan kemudian perhatikan terjemahan tiap ayatnya kemudian bandingkan dengan mendengarkan murottal.

Lakukan secara berulang dan terus menerus, hilangkan rasa bosan dan malas dalam diri untuk sesuatu yang berguna tak hanya untuk dunia tapi juga akhirat.

Selain itu dengan terus melatih diri membaca dan belajar Al-Qur’an secara rutin setiap hari maka akan mempercepat pula kemampuan untuk bisa belajar baca Al-Qur’an secara otodidak.

Menentukan Waktu Belajar Al-Qur’an

Tiap orang memiliki waktu-waktu tertentu yang disukai untuk belajar Al-Qur’an hal ini dilakukan agar proses belajar Al-Qur’an bisa lebih mudah dan cepat dicerna oleh pikiran. Banyak yang menyebut belajar Al-Qur’an setelah menunaikan shalat lima waktu menjadi waktu yang tepat dan ideal untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Atau bisa juga dilakukan seusai menunaikan shalat malam dimana waktu itu umat muslim bisa lebih khusyu’ dalam belajar membaca Al-Qur’an.

Meski demikian, semua itu harus dilakukan dengan niat yang bersungguh-sungguh dan hanya mengharapkan ridha Allah SWT agar proses belajar Al-Qur’an bisa lebih mudah dan dilancarkan tanpa gangguan.

Demikian bahasan diatas yang dapat disampaikan tim martabattujuh.com mengenai cara belajar baca AlQuran otodidak. Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …