Ayat Alquran Tentang Silaturahmi yang Wajib Diketahui

Ayat Alquran tentang silaturahmi – Seperti yang sudah kita ketahui, silaturahmi menjadi salah satu aktifitas dan perbuatan mulia yang dianjurkan oleh Rasulullah. Dalam Alquran terdapat ayat yang juga menganjurkan silaturahmi, sehingga tidak ada batasan untuk tidak melakukan perbuatan ini. Agar tidak ragu, berikut adalah kumpulan ayat dari Alquran tentang silaturahmi yang sebaiknya Anda ketahui.

Berbagai Ayat Alquran Tentang Silaturahmi

Ayat Alquran tentang silaturahmi
Ayat Al-Qur’an tentang silaturahmi

Ar-Ra’d ayat 21

Ayat ini menjelaskan mengenai anjuran untuk saling berhubungan antar manusia. Mereka yang berhubungan atau bersilaturahmi ini takut kepada Allah dan takut kepada hisab yang buruk. Dalam kata lain, bersilaturahmi akan mendatangkan pahala untuknya. Berikut adalah lafadz dari surat Ar-Ra’d ayat 21.

وَالَّذِيۡنَ يَصِلُوۡنَ مَاۤ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖۤ اَنۡ يُّوۡصَلَ وَيَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ وَ يَخَافُوۡنَ سُوۡۤءَ الۡحِسَابِؕ‏

Wallaziina yasiluuna maaa amaral laahu bihii an yuusala wa yakhshawna Rabbahum wa yakhaafuuna suuu'al hisaab.

Sedangkan terjemahannya adalah:

Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.

An-Nisa ayat 1

Surat An-Nisa juga menjadi salah satu surat yang memiliki makna sebagai anjuran untuk melakukan silaturahmi. Dalam ayat Alquran tentang silaturahmi, ayat ini menjelaskan mengenai anjuran untuk menjaga hubungan antar saudara atau silaturahmi, dengan begitu Allah akan selalu menjaga mereka.

Berikut lafadz dari surat An-Nisa ayat 1.

يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّكُمُ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ نَّفۡسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنۡهَا زَوۡجَهَا وَبَثَّ مِنۡهُمَا رِجَالًا كَثِيۡرًا وَّنِسَآءً‌ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡ تَسَآءَلُوۡنَ بِهٖ وَالۡاَرۡحَامَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيۡكُمۡ رَقِيۡبًا

Yaaa aiyuhan naasut taquu Rabbakumul lazii khalaqakum min nafsinw waahidatinw wa khalaqa minhaa zawjahaa wa bas sa minhumaa rijaalan kasiiranw wa nisaaa'aa; wattaqul laahallazii tasaaa 'aluuna bihii wal arhaam; innal laaha kaana 'alaikum Raqiiba.

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

Al-Anfal ayat 75

Ayat selanjutnya di dalam al-Quran yang menjelaskan mengenai anjuran untuk melakukan silaturahmi adalah al-Anfal ayat 75. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai hubungan kerabat yang baik dan bagaimana cara melakukannya. Berikut adalah penjelasan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga:  Ayat Alquran tentang Shodaqoh dan Manfaatnya

وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡۢ بَعۡدُ وَهَاجَرُوۡا وَجَاهَدُوۡا مَعَكُمۡ فَاُولٰۤٮِٕكَ مِنۡكُمۡ‌ؕ وَاُولُوا الۡاَرۡحَامِ بَعۡضُهُمۡ اَوۡلٰى بِبَعۡضٍ فِىۡ كِتٰبِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمٌ

Wallaziina aamanuu mim ba'du wa haajaruu wa jaahaduu ma;akum faulaaa'ika minkum; wa ulul arhaami baduhum awlaa biba'din fii Kitaabil laah; innal laaha bikulli shai'in 'Aliim.

Sedangkan terjemahan dari ayat Alquran tentang silaturahmi ini adalah:

Dan orang-orang yang beriman setelah itu, kemudian berhijrah dan berjihad bersamamu maka mereka termasuk golonganmu. Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) menurut Kitab Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Muhammad ayat 22

Di dalam surat Muhammad ayat 22 dijelaskan pula anjuran untuk melakukan silaturahmi atau menyambung tali persaudaraan. Mereka yang memutuskan hubungan dengan orang lain akan membuat kerusakan di muka bumi karena tidak peduli dengan saudaranya sendiri. Berikut lafadz ayatnya.

فَهَلۡ عَسَيۡتُمۡ اِنۡ تَوَلَّيۡتُمۡ اَنۡ تُفۡسِدُوۡا فِى الۡاَرۡضِ وَتُقَطِّعُوۡۤا اَرۡحَامَكُمۡ

Fa hal 'asaitum in tawallaitum an tufsiduu fil ardi wa tuqatti'uuu arhaamakum.

Sedangkan arti terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?

Al-Ahzab ayat 6

Di dalam ayat ini dijelaskan mengenai hubungan darah satu sama lain. Mereka yang memiliki hubungan darah berhak untuk saling mewarisi. Hubungan ini menandakan bahwa silaturahmi dan menjaga hubungan harus dilakukan guna menghindari pertengkaran, berikut adalah lafadz ayat Al-Ahzab ayat 6.

اَلنَّبِىُّ اَوۡلٰى بِالۡمُؤۡمِنِيۡنَ مِنۡ اَنۡفُسِهِمۡ‌ وَاَزۡوَاجُهٗۤ اُمَّهٰتُهُمۡ‌ ؕ وَاُولُوا الۡاَرۡحَامِ بَعۡضُهُمۡ اَوۡلٰى بِبَعۡضٍ فِىۡ كِتٰبِ اللّٰهِ مِنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُهٰجِرِيۡنَ اِلَّاۤ اَنۡ تَفۡعَلُوۡۤا اِلٰٓى اَوۡلِيٰٓٮِٕكُمۡ مَّعۡرُوۡفًا‌ ؕ كَانَ ذٰ لِكَ فِى الۡكِتٰبِ مَسۡطُوۡرًا‏

An-Nabiyyu awlaa bil mu'miniina min anfusihim wa azwaajuhuu ummahatuhum wa ulul arbaami ba'duhum awlaa biba'din fii Kitaabil laahi minal mu'meniina wal Muhaajiriina illaaa an taf'aluuu ilaaa awliyaaa'ikum ma'ruufaa; kaana zaalika fil kitaabi mastuuraa.

Sedangkan terjemahan arti dari ayat Alquran tentang silaturahmi ini adalah:

Nabi itu lebih utama bagi orang-orang mukmin dibandingkan diri mereka sendiri dan istri-istrinya adalah ibu-ibu mereka. Orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah daripada orang-orang mukmin dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu hendak berbuat baik kepada saudara-saudaramu (seagama). Demikianlah telah tertulis dalam Kitab (Allah).

Keutamaan Melakukan Silaturahmi

Keutamaan melakukan silaturahmi
Keutamaan dari melakukan silaturahmi

Melapangkan Rezeki

Dengan menyambung hubungan antar kerabat, maka rezeki yang didapatkan oleh manusia bisa tidka terputus. Bisa juga manusia yang sering menyambung tali silaturahmi mendapatkan rezeki yang tidak terduga-duga. Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, dijelaskan bahwa silaturahmi bermanfaat untuk mendatangkan rezeki dan melapangkan umur.

Baca juga:  Adanya Asmaul Husna Diterangkan Dalam Alquran Surah dan Ayat Apa Saja?

Umur yang Panjang dan Berkah

Setiap manusia ingin mendapatkan umur yang panjang. Umur ini tentu akan membuat manusia lebih sering untuk melakukan kebaikan. Umur yang panjang bisa Anda dapatkan dengan melakukan silaturahmi dan menyambung tali persaudaraan.

Umur yang panjang sebaiknya digunakan untuk berbagai hal yang baik dan minta ampun atas dosa yang sudah dilakukan. Dengan begitu, kehidupan manusia akan berjalan sesuai dengan kehendak-Nya, yakni beribadah pada Allah.

Taat Kepada Allah

Dalam ayat Alquran tentang silaturahmi dijelaskan mengenai anjuran untuk melakukan silaturahmi. Dengan mentaati anjuran tersebut, maka Anda melakukan perintah Allah dengan melakukannya. Ini merupakan wujud dan tanda taat kepada Allah, sehingga manusia bisa hidup sesuai dengan perintah-Nya.

Masih banyak manfaat yang bisa diambil dengan melakukan silaturahmi, misalnya sebagai pelebur dosa, menghilangkan perselisihan dan menghibur kerabat. Dengan berbagai ayat Alquran tentang silaturahmi diatas, tentu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menyambung tali persaudaraan. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan Anda dan membuat Anda yakin untuk menjaga hubungan antar kerabat.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …