Yuk Ketahui Berbagai Ayat Alquran tentang Qurban

Ayat Alquran tentang qurban – Qurban menjadi salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Qurban dilakukan satu tahun sekali ketika Idul Adha atau Hari Tasyrik dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Berikut ini adalah ayat Alquran tentang Qurban yang harus Anda ketahui, sehingga paham mengenai anjuran, dasar dan bagaimana hukum melakukannya.

Ayat Alquran tentang Qurban dan Hukumnya

Ayat Alquran tentang qurban
Ayat Alquran tentang qurban

Al-Hajj ayat 34

Pertama adalah ayat Alquran di surat Al-Hajj ayat 34, di dalamnya terdapat perintah Allah kepada manusia untuk melakukan penyembelihan hewan qurban. Qurban yang dilakukan harus untuk Allah , bukan untuk tujuan yang lain. Berikut adalah lafadz dari ayat tersebut:

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلۡنَا مَنۡسَكًا لِّيَذۡكُرُوا اسۡمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمۡ مِّنۡۢ بَهِيۡمَةِ الۡاَنۡعَامِ ؕ فَاِلٰهُكُمۡ اِلٰـهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗۤ اَسۡلِمُوۡا‌ ؕ وَبَشِّرِ الۡمُخۡبِتِيۡنَ

Wa likulli ummatin ja'alnaa mansakal liyazkurus mal laahi 'alaa maa razaqahum mim bahiimatil an'aam; failaahukum ilaahunw Waahidun falahuuu aslimuu; wa bashshiril mukhbitiin.

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),

Surat As-Saffat ayat 102

Selanjutnya adalah ayat Alquran tentang qurban yang terdapat dalam surat As-Saffat ayat 102. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai kisah Nabi Ibrahim yang menyembelih Nabi Ismail. Ini merupakan cikal bakal dari wajibnya ibadah Qurban di masa depan untuk mereka yang mampu. Berikut adalah lafadz dari surat ini.

Baca juga:  Ayat Alquran tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعۡىَ قَالَ يٰبُنَىَّ اِنِّىۡۤ اَرٰى فِى الۡمَنَامِ اَنِّىۡۤ اَذۡبَحُكَ فَانْظُرۡ مَاذَا تَرٰى‌ؕ قَالَ يٰۤاَبَتِ افۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُ‌ سَتَجِدُنِىۡۤ اِنۡ شَآءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيۡنَ

Falamma balagha ma'a hus sa'ya qoola yaa buniya inniii araa fil manaami anniii azbahuka fanzur maazaa taraa; qoola yaaa abatif 'al maa tu'maru satajidunii in shaaa'allaahu minas saabiriin.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

Surat Al-Kautsar ayat 2

Selain dua ayat diatas, terdapat surat dan ayat Alquran tentang qurban lainnya yang mewajibkan umat Islam untuk melakukan ibadah Quran. Surat tersebut adalah surat al-kautsar ayat 2, dimana Allah menganjurkan umat-Nya untuk melakukan qurban dan mendirikan shalat, berikut adalah lafadz-nya.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fa salli li rabbika wan-har.

Terjemahan dari ayat ini adalah:

Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Keutamaan Melakukan Qurban

Tidak hanya ayat Alquran, namun ada juga hadits yang menjelaskan tentang keutamaan melakukan Qurban. Berikut ini merupakan keutamaan qurban yang dirangkum dalam hadits shahih.

Hadits Imam Bukhori

Selain dari ayat Alquran tentang qurban, yang menjadi landasan melakukan ibadah ini. Hadits yang dirwayatkan oleh perawi hadits juga menjadi landasan hukum untuk anjuran melakukan qurban, salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

Berikut adalah terjemahan hadits mengenai qurban dari Imam Bukhori:

“Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini (Idul Adha) adalah mengerjakan shalat kemudian pulang dan menyembelih binatang qurban, barang siapa melakukan hal itu maka dia telah bertindak sesuai sunnah kita dan barang siapa menyembelih binatang qurban sebelum (shalat Ied) maka sembelihannya itu hanya berupa daging yang ia berikan kepada keluarganya, tidak ada hubungannya dengan ibadah qurban sedikitpun.”

Baca juga:  Peristiwa Isra Miraj, Sejarah dan Pelajaran Penting

Selain hadits tersebut, hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang sama-sama memiliki tema qurban adalah:

“Barang siapa menyembelih (hewan qurban) setelah shalat (ied) maka ibadah qurbannya telah sempurna dan dia telah melaksanakan sunnah kaum muslimin dengan tepat.”

Hadits Imam Muslim

Tidak hanya Imam Bukhori, Imam Muslim juga menjadi perawai hadits yang haditsnya bisa digunakan sebagai dasar untuk melakukan qurban. Salah satu hadits yang menjadi dasar qurban dari Imam Muslim adalah:

”Jika kalian telah melihat hilal sepuluh Dzulhijjah, dan salah seorang dari kalian hendak berqurban, hendaknya ia tidak mencukur rambut dan tidak memotong kuku terlebih dahulu.”

Hadits Abu Daud

Ayat Alquran tentang qurban memang menjelaskan mengenai anjuran untuk melakukan qurban pada umat Islam. Namun dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud ini juga menjadi anjuran kuat bahwa qurban wajib dilakukan, jika tidak, maka mereka tidak boleh mendekat masjid, berikut adalah terjemahannya.

”Barang siapa memiliki keleluasaan (untuk berqurban) namun tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”

Manfaat Melakukan Qurban

Manfaat melakukan qurban
Manfaat melakukan qurban

Ada banyak manfaat yang bisa diambil jika seseorang melakukan qurban, diantaranya adalah:

Dihapuskan Dosanya

Mereka yang berqurban akan diampuni dosanya ketika hewan sembelihannya dikorbankan. Namun Anda harus meniatkan untuk melakukannya sesuai dengan anjuran Islam, yakni berqurban hanya untuk Allah.

Menjadi Saksi dan Amal Ibadah

Hewan qurban akan menjadi saksi mengenai amal ibadah yang dilakukan oleh manusia. Hewan hewan tersebut akan datang kepada manusia yang melakukan qurban untuk membuktikan bahwa mereka adalah amal ibadah yang sudah dilakukan.

Dicintai oleh Allah

Mereka yang berqurban karena Allah akan mendapatkan keberkahan dan cinta dari Allah, sebab sudah melakukan apa yang diperintahkannya. Siapa saja umat Islam yang melakukannya akan mendapatkan kecintaan dari Allah dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Baca juga:  Adanya Asmaul Husna Diterangkan Dalam Alquran Surah dan Ayat Apa Saja?

Demikianlah berbagai ayat Alquran tentang qurban serta keutamaan melakukannya. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan untuk Anda, terutama yang memang ingin berqurban dalam waktu dekat. Dengan berqurban, Anda tidak hanya akan menjalakan perintah Allah, namun juga membantu sesama.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …