5 Ayat Alquran tentang Pasangan Hidup dan Jodoh

Ayat Alquran tentang pasangan hidup – Seperti yang kita ketahui bersama, terutama untuk pembaca yang masih sendiri dan sedang berikhtiar untuk mencari jodoh. Untuk membangun jalinan yang lebih serius lagi dengan seseorang sesuai dengan syariat agama Islam memang tidak mudah. Serahkan semua pada Allah Sang Maha Pencipta dan Maha Mengetahui.

Seperti yang sudah kita ketahui, sebenarnya ada banyak sekali ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang perkara jodoh. Jangankan perkara jodoh, semua kehidupan di dunia yang kita jalani pun ada di dalam Al-Qur’an. Namun disini penulis akan memberikan 5 ayat Alquran tentang pasangan hidup dan jodoh yang baik.

Ayat Alquran tentang pasangan hidup

Ayat Alquran Tentang Pasangan Hidup dan Jodoh

Banyak orang yang merisaukan pasangan hidup mereka, sehingga tidak sabar untuk mendapatkan jodoh. Padahal terdapat ayat Alquran tentang pasangan hidup yang memberikan penjelasan kepada manusia bahwa setiap yang hidup memiliki pasangan. Agar Anda tidak ragu, berikut adalah ayat yang menjelaskan mengenai jodoh.

Jodoh yang Sudah Diatur Allah

Gambar QS. Ar-Rum ayat 21

Allah mengatur jodoh yang dimiliki oleh manusia, hal ini dijelaskan dalam surat Ar-Rum ayat 21. Di dalam ayat tersebut, Allah sudah mengatur jodoh manusia guna mewujudkan ketentraman dan ketenangan dalam hidup. Berikut adalah lafadz dari ayat Alquran tentang pasangan hidup dan jodoh yang terdapat dalam surat Ar-Rum ayat 21:

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

Surat Ar-Rum ayat 21 latin:

Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkaruun.

Arti Ar-Rum ayat 21:

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

An Nur ayat 32

Gambar QS. An-Nur ayat 32

Ayat mengenai jodoh manusia juga terdapat dalam surat An-Nur ayat 32. Di dalam surat tersebut dijelaskan mengenai pernikahan dan rezeki yang akan diatur ketika seseorang sudah menikah. Jadi manusia tidak perlu takut untuk memilih pasangan hidup dengan pekerjaan yang dimiliki. Berikut dibawah ini lafadz dari ayat Alquran tentang pasangan hidup.

Surat An-Nur ayat 32 arab:

وَاَنۡكِحُوا الۡاَيَامٰى مِنۡكُمۡ وَالصّٰلِحِيۡنَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَاِمَآٮِٕكُمۡ‌ ؕ اِنۡ يَّكُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ اللّٰهُ مِنۡ فَضۡلِهٖ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

Surat An-Nur ayat 32 latin:

Wa ankihul ayaamaa minkum was saalihiina min 'ibaadikum wa imaa'kum; iny-yakuunuu fuqaraaa'a yughni himul laahu min fadlih; wal laahu Waasi'un 'Aliim.

Arti surat An-Nur ayat 32:

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Jaminan Jodoh

Gambar QS. Az-Zariyat ayat 49

Allah sudah menjamin jodoh yang dimiliki oleh setiap orang, dengan alasan inilah Anda akan menemukan pasangan yang akan mencintai Anda. jodoh sudah dijamin oleh Allah dalam surat Az-Zariyat ayat 49, berikut adalah lafadz dari ayat tersebut:

وَمِنۡ كُلِّ شَىۡءٍ خَلَقۡنَا زَوۡجَيۡنِ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُوۡنَ

Surat Az-Zariyat ayat 49 latin:

Wa min kulli shai'in khalaqnaa zawjaini la'allakum tazakkaruun.

Selanjutnya adalah terjemahan dari ayat ini, berikut adalah artinya:

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

Jodoh adalah Cerminan Diri

Jodoh yang dimiliki oleh seseorang dikatakan sebagai cerminan dirinya, hal tersebut dijelaskan dalam surat An-Nur ayat 26. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa jika seseorang mengharapkan jodoh yang seiman, baik dan memiliki sikap yang terhormat, maka Anda harus memantaskan diri.

Berikut adalah lafadz dari ayat Alquran tentang pasangan hidup, yakni:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Surat An-Nur ayat 26 latin:

Alkhabiisaatu lilkha biisiina walkhabiisuuna lilkhabiisaati wattaiyibaatu littaiyibiina wattaiyibuuna littaiyibaat; ulaaa'ika mubar ra'uuna maimma yaquuluuna lahum maghfiratunw wa rizqun kariim.

Terjemahan dari An-Nur ayat 26 ini adalah:

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

Taha ayat 39

Berikutnya adalah ayat Al-Qur’an yang memberikan penjelasan mengenai pasangan hidup manusia yang akan bertemu sesuai dengan waktunya. Hal ini bisa diandaikan dengan kisah Nabi Musa yang butuh waktu untuk menemukan orang tuanya setelah dibuang ke sungai. Ayat Alquran tentang pasangan hidup ini dijelaskan dalam surat Taha ayat 39, berikut adalah lafadznya.

اَنِ اقۡذِفِيۡهِ فِى التَّابُوۡتِ فَاقۡذِفِيۡهِ فِى الۡيَمِّ فَلۡيُلۡقِهِ الۡيَمُّ بِالسَّاحِلِ يَاۡخُذۡهُ عَدُوٌّ لِّىۡ وَعَدُوٌّ لَّهٗ‌ ؕ وَاَلۡقَيۡتُ عَلَيۡكَ مَحَـبَّةً مِّنِّىۡ وَلِتُصۡنَعَ عَلٰى عَيۡنِىۡ ۘ

Surat Taha ayat 39 latin:

Aniqzifiihi fit Taabuuti faqzifiihi fil yammi fal yul qihil yammu bis saahili yaakhuzhu 'aduwwul lii wa 'aduwwul lah; wa alqaitu 'alaika mahabbatam minnii wa litusna'a 'alaa 'ainii.

Terjemahan dari surat Taha ayat 39 tersebut adalah:

(yaitu), letakkanlah dia (Musa) di dalam peti, kemudian hanyutkanlah dia ke sungai (Nil), maka biarlah (arus) sungai itu membawanya ke tepi, dia akan diambil oleh (Fir‘aun) musuh-Ku dan musuhnya. Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.

Cara Mendekatkan Jodoh

Dalam Islam ada beberapa cara yang digunakan untuk mendekatkan jodoh, diantaranya adalah:

Memperbaiki Diri

Seseorang yang ingin jodohnya dekat sebaiknya mendekatkan dan memperbaiki diri  kepada Allah. Sebab jodoh merupakan cerminan diri, dengan memperbaiki diri, maka Anda juga akan mendapatkan jodoh yang tidak hanya baik, namun juga sesuai dengan cerminan diri Anda.

Bertakwa pada Allah

Cara lainnya adalah dengan bertakwa kepada Allah, terutama jika sebelumnya tidak percaya dengan kasih sayang-Nya. Setiap masalah tentu akan menemukan jalan keluar, inilah yang nantinya akan membuat seseorang tidak ragu lagi dengan kasih sayang dan jodoh yang akan diberikan Allah.

Berdoa Kepada Allah

Seseorang boleh berbeda dengan ayat Alquran tentang pasangan hidup yang telah disebutkan diatas. Dengan berdoa kepada Allah secara ikhlas, Anda akan mendapatkan rasa yang lebih tenang ketika menunggu datangnya jodoh.

Berdzikir

Mendekatkan diri kepada Allah juga merupakan salah satu mendekatkan jodoh kepada diri Anda sendiri. Salah satu keutamaan melakukan dzikir adalah mendekatkan pintu rezeki yang telah ditentukan oleh Allah. Rezeki tidak hanya masalah uang, namun juga masalah jodoh.

Demikianlah diatas bahasan 5 ayat Alquran tentang pasangan hidup yang menjelaskan mengenai pasangan hidup dan jodoh. Semoga informasi tersebut dapat membuat Anda lebih dekat dengan Tuhan dan selalu berpikiran positif dengan apa yang sudah digariskan Tuhan. Penulis berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …