Ayat Alquran tentang Membolak Balikkan Hati Manusia yang Goyah

Ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia – Makhluk Allah yang selalu tidak memiliki pendirian tetap dan selalu goyah adalah manusia. Itu adalah hal yang naluriah karena tidak semua masalah di dalam hidup ini bisa ditentukan secara waktu yang singkat. Karena itu, untuk membantu kita menentukan yang tepat, ada ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia yang bisa dipahami.

Alasan Mengapa Manusia Selalu Goyah

Sebelum membahas mengenai ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu mengenai mengapa manusia selalu merasa goyah dengan pilihan hidupnya. Ada beberapa hal yang menjadi faktor utama mengapa hal tersebut bisa terjadi, salah satunya ada di bawah ini.

Jalan Pemikiran yang Berbeda

Alasan pertama mengapa hati manusia adalah hal paling rapuh di dunia ini adalah karena jalan pemikiran yang kita miliki selalu berbeda. Sejak kita lahir di dunia pasti akan ada periode dimana kita mendapatkan ilmu pengetahuan tertentu namun orang lain terkadang tidak memperoleh ilmu pengetahuan dengan sumber yang sama.

Karena itu, cara pandang kita semua mengenai kehidupan bisa bervariasi. Berbagai ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia menjadi salah satu hal yang dapat menenangkan kita untuk mencari pilihan yang memang sesuai dengan apa yang kita butuhkan tanpa harus mengalami kerugian yang terlalu tinggi.

Pengaruh Lingkungan

Lingkungan yang kita singgahi saat ini turut serta menjadi hal yang membuat pemikiran terkadang mengalami kegoyahan dan tidak bisa berpegang pada acuan yang tepat. Teman kita bisa mengatakan hal ini adalah yang terbaik, akan tetapi keluarga atau lingkungan yang ada di sekitar Anda justru bisa mengatakan hal yang sebaliknya.

Baca juga:  Yuk Ketahui Berbagai Ayat Alquran tentang Qurban

Hal ini tentunya akan memicu rasa kebingungan yang cukup tinggi sehingga ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia menjadi penerang bagi kehidupan kita. Tanpa ada bantuan dari Allah, tentunya kita akan hidup dengan penuh rasa lunglai karena tidak tahu mengenai arah yang tepat.

Merasa Egois dan Memegang Kebenaran

Manusia adalah makhluk yang memiliki rasa egois sangat tinggi meskipun tidak setinggi iblis. Manusia juga selalu merasa bahwa mereka merupakan sosok yang memegang kebenaran mutlak, padahal hal tersebut bukanlah hal yang benar karena kebenaran mutlak hanya milik Allah semata. Jika merasa egois, maka mereka tidak bisa melihat pilihan yang tepat di depan matanya.

Alquran telah berkali-kali menjelaskan bahwa manusia yang egois tidak akan pernah tenang selama hidupnya. Manusia yang egois bisa dibantu untuk meruntuhkan hatinya yang terlalu beku itu dengan cara membaca ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia. Niscaya kita bisa berusaha untuk selalu merasa rendah hati dan tidak merasa benar sendiri dalam menentukan keputusan.

Sulit Menerima Kenyataan

Alasan terakhir yaitu terkadang kita akan merasa sangat sulit untuk menerima kenyataan yang sudah ada di depan mata. Hati kita menjadi goyah karena kenyataan tersebut tidak sesuai dengan apa yang sudah dinantikan selama ini, sehingga ada rasa tidak percaya dengan hal itu meskipun hal itu termasuk benar adanya.

Allah adalah Tuhan yang selalu memberikan yang terbaik pada umat-Nya, sehingga tidak baik untuk menolak kenyataan dengan kemarahan. Ada beragam doa untuk membolak balikkan hati manusia yang bisa membantu Anda untuk menenangkan hati dan mencoba merasa ikhlas dengan segala kenyataan yang sudah terpampang dengan jelas.

Baca juga:  Apakah Allah Akan Membalas Orang yang Menyakiti Kita Nanti?

Ayat Alquran Tentang Membolak Balikkan Hati Manusia

Ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia
Ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia

Hati manusia gampang untuk dibolak-balikkan karena kita adalah sosok yang hidup dengan mengikuti perkembangan berbagai banyak hal. Inilah beberapa ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia yang bisa Anda baca untuk membantu memudahkan kehidupan.

Doa Menghadapi Hati yang Sedang Emosi

Hati yang dipenuhi amarah tidak akan bisa berpikir dengan baik. Karena itu, membaca penggalan ayat ini kemungkinan bisa membantu untuk menenangkan hati Anda.

لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لآَاِلهَ اِلآّ اَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

"La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab'a wa rabbul 'arsyil 'adzimi, la ilaha illa anta 'azza jaruka wa jalla sana'uka."

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai ‘arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindunganMu dan Maha Tinggi perlindunganMu.”

Doa Untuk Membuka Hati

Saat sedang menghadapi masalah atau menghadapi emosi yang dilontarkan oleh orang lain, maka Anda bisa melafalkan doa pembuka hati. Hal ini berguna untuk membantu menemukan titik terang dan masalah yang dihadapi bisa diperlancar lagi.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii."

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Doa Demi Melupakan Kekasih

Ketika sudah tidak berhubungan dengan kekasih, terkadang kita akan merindukan mereka. Ini dia ayat yang bisa dibaca agar kenangan tersebut tidak terbayang-bayang kembali.

Baca juga:  Ayat Alquran Tentang Cinta dan Jodoh

رَبَّنَا لَا تُزِغۡ قُلُوۡبَنَا بَعۡدَ اِذۡ هَدَيۡتَنَا وَهَبۡ لَنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً ‌ ۚ اِنَّكَ اَنۡتَ الۡوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da iz hadaitanaa wa hab lanaa mil ladunka rahmah; innaka antal Wahhaab

Artinya: (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.” (Ali ‘Imran 8).

Itulah doa dan ayat Alquran tentang membolak balikkan hati manusia yang dapat Anda lafalkan dan pahami. Sesungguhnya kehidupan sosial akan menjadi lebih tentram jika kita saling memahami.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …