Berbagai Ayat Alquran tentang Kehidupan

Ayat Alquran tentang kehidupan – Hidup kadang memang tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Ada masanya ketika banyak masalah, namun di saat seperti itu manusia tidak boleh menyerah. Inilah  berbagai ayat Alquran tentang kehidupan yang akan memotivasi hidup Anda. Sehingga Anda tidak sedih dan berputus asa ketika menjalaninya.

Kumpulan Ayat Alquran tentang Kehidupan

Ayat Alquran tentang kehidupan
Ayat Alquran tentang kehidupan

Yusuf ayat 87

Ayat ini menjelaskan mengenai kisah pencarian Nabi Yusuf yang sebelumnya hilang. Ayahnya, nabi Yakub memerintahkan anaknya untuk menemukan nabi Yusuf. Ia juga berpesan agar anak-anaknya tidak menyerah ketika mencari Nabi Yusuf. Namun di ayat tersebut terselip pesan untuk tidak berputus asa dengan rahmat Allah.

Lafadz dari ayat tersebut adalah:

يٰبَنِىَّ اذۡهَبُوۡا فَتَحَسَّسُوۡا مِنۡ يُّوۡسُفَ وَاَخِيۡهِ وَلَا تَايۡــَٔسُوۡا مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّهٗ لَا يَايۡــَٔسُ مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡكٰفِرُوۡنَ

Yaa baniyyaz habuu fatahassasuu miny Yuusufa wa akhiihi wa laa tai'asuu mir rawhil laahi innahuu laa yai'asu mir rawhil laahi illal qawmul kaafiruun.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.

Al-Baqarah ayat 216

Ayat ini menjelaskan mengenai apa-apa yang tidak diketahui manusia. Bisa saja dibalik kegagalan yang dialami oleh manusia, ternyata menyimpan hikmah, teguran ataupun rahmat dari Allah. Ayat Alquran tentang kehidupan ini memiliki lafadz sebagai berikut:

Baca juga:  7 Ayat Alquran Penyemangat Hidup yang Menjadi Motivasi

كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الۡقِتَالُ وَهُوَ كُرۡهٌ لَّـكُمۡ‌ۚ وَعَسٰۤى اَنۡ تَكۡرَهُوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ خَيۡرٌ لَّـکُمۡ‌ۚ وَعَسٰۤى اَنۡ تُحِبُّوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمۡؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ وَاَنۡـتُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ

Kutiba alaikumulqitaalu wa huwa kurhullakum wa 'asaaa an takrahuu shai'anw wa huwa khairullakum wa 'asaaa an tuhibbo shai'anw wa huwa sharrullakum; wallaahu ya'lamu wa antum laa ta'lamuun.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

At-Taubah ayat 40

Dalam ayat 40, dijelaskan mengenai larangan kepada manusia untuk berputus asa dan bersedih. Hal tersebut tidak boleh dilakukan karena Allah bersama dengan umat manusia. Secara keseluruhan, ayat ini menjelaskan mengenai pertolongan Allah kepada umat Islam yang sedang menghadapi masalah dengan orang kafir.

Lafadz dan bacaan dari ayat Alquran tentang kehidupan tersebut adalah:

اِلَّا تَـنۡصُرُوۡهُ فَقَدۡ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذۡ اَخۡرَجَهُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا ثَانِىَ اثۡنَيۡنِ اِذۡ هُمَا فِى الۡغَارِ اِذۡ يَقُوۡلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحۡزَنۡ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَا‌ ۚ فَاَنۡزَلَ اللّٰهُ سَكِيۡنَـتَهٗ عَلَيۡهِ وَاَ يَّدَهٗ بِجُنُوۡدٍ لَّمۡ تَرَوۡهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوا السُّفۡلٰى‌ ؕ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِىَ الۡعُلۡيَا ؕ وَاللّٰهُ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

Illaa tanṣurụhu fa qad naṣarahullaahu iż akhrajahullażiina kafaruu ṡaaniyaṡnaini iż humaa fil-gaari iż yaqụlu liṣaaḥibihii laa taḥzan innallaaha ma'anaa, fa anzalallaahu sakiinatahuu 'alaihi wa ayyadahuu bijunuudil lam tarauhaa wa ja'ala kalimatallażiina kafarus-suflaa, wa kalimatullaahi hiyal-'ulyaa, wallaahu 'aziizun ḥakiim.

Sedangkan untuk terjemahan dan arti dari ayat ini adalah:

Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Al-Insyirah ayat 5 dan 6

Ayat Alquran tentang kehidupan tidak harus panjang, terdapat ayat yang menjelaskan bahwa setiap ada kesusahan pasti ada kemudahan. Hal tersebut diterangkan dalam surat al-Insyirah ayat 5 dan 6, berikut adalah lafadz dari surat tersebut:

Baca juga:  Niat Puasa Senin Kamis dan Membayar Hutang Puasa Ramadhan

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

fa inna ma'al-'usri yusraa.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

inna ma'al-'usri yusraa.

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

At-Talaq ayat 3

Selain ayat diatas, surat at-Talaq ayat 3 menjadi ayat Alquran tentang kehidupan selanjutnya. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa mereka yang dekat dengan Allah, bertakwa dan yakin dengan bantuan yang akan diberikan Allah, maka Allah akan mencukupkan semua kebutuhannya.

Lafadz dari ayat tersebut adalah:

وَّيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ ؕ وَمَنۡ يَّتَوَكَّلۡ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسۡبُهٗ ؕ اِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمۡرِهٖ‌ ؕ قَدۡ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ قَدۡرًا

Wa yarzuqhu min haisu laa yahtasib; wa many yatawakkal 'alal laahi fahuwa husbuh; innal laaha baalighu amrih; qad ja'alal laahu likulli shai'in qadraa.

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Cara Agar Hidup Tenang

Cara agar hidup lebih tenang
Cara agar hidup lebih tenang

Agar hidup tidak terus menerus berputus asa, selain membaca ayat Alquran tentang kehidupan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini, diantaranya:

Bersyukur dalam Hal Kecil

Kunci utama adalah bersyukur, dengan begitu Anda bisa lebih mudah dalam menjalani kehidupan. Dengan banyak bersyukur, Anda bisa menghindarkan diri dari rasa bersalah dan kekurangan. Ini juga membuat Anda lebih bersemangat dalam hidup.

Tidak Memikirkan Pendapat Orang Lain

Usahakan untuk tidak memikirkan pendapat orang lain, pendapat yang memang tidak memberikan bantuan dan saran yang baik kepada Anda, sebaiknya tidak usah didengarkan. Terus memikirkannya malah akan membuat Anda sedih.

Baca juga:  6 Ayat Alquran Tentang Jodoh Ditangan Allah

Berpikir Positif

Selanjutnya adalah berpikir positif, berprasangka baiklah kepada Allah mengenai apa yang tengah terjadi. Terus menerus berpikir mengenai prasangka buruk dan pikiran negatif akan membuat Anda sedih dan berputus asa dari rahmat Allah.

Itulah berbagai ayat Alquran tentang kehidupan dan cara untuk hidup dengan tenang. Meskipun memang sederhana, namun cara untuk hidup tenang memang sulit untuk dilakukan. Semoga dengan penjelasan diatas, Anda lebih bersemangat dan memberikan prasangka yang baik kepada Allah, sehingga Allah juga akan mencukupkan kepada Anda berbagai kebutuhan.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …