6 Ayat Alquran Tentang Jodoh Ditangan Allah

Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allah – Manusia sudah sewajarnya hidup berpasangan, kita pun tidak akan pernah bisa hidup tanpa kehadiran sosok lain yang mendukung keseharian kita. Pernikahan menjadi salah satu tanda bahwa kita siap menempuh hidup baru bersama dengan orang lain hingga kematian datang. Ini dia ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allah agar kita memahami bahwa jodoh pasti akan tiba.

6 Ayat Alquran yang Berisi Tentang Jodoh Ditangan Allah

Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allah
Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allah

Ayat Alquran tentang Tanda Jodoh

Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allahyang pertama ini sudah biasa kita baca pada kartu undangan pernikahan yang disebar oleh pihak pengantin. Ayat ini merupakan sebuah penggalan dari surat Ar-Rum ayat 21 yang menjadi salah satu ayat populer karena memang memiliki arti begitu mendalam mengenai tanda-tanda jodoh.

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkaruun.

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir,” (QS Ar-Rum: 21)

Ayat Alquran tentang Kebesaran Allah dalam Menentukan Jodoh

Allah telah memberikan sebuah petunjuk mengenai kebesaran-Nya dan bagaimana kita sebagai manusia yang tidak memiliki kekuatan apapun tetap memiliki pasangan yang nantinya menjadi teman seumur hidup kita. Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allahyang satu ini menjadi pengingat bahwa jodoh memang menjadi salah satu tanda dari kebesaran Allah.

Ayat ini diambil dari surat Az-Zariyat ayat 49 yang berbunyi seperti berikut:

وَمِنۡ كُلِّ شَىۡءٍ خَلَقۡنَا زَوۡجَيۡنِ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُوۡنَ

Wa min kulli shai'in khalaqnaa zawjaini la'allakum tazakkaruun.

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS AZ-Zariyat: 49)

Dari ayat ini, bisa disimpulkan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk berpasang-pasangan agar kita tidak pernah melupakan betapa besarnya kekuatan Allah.

Ayat Alquran tentang Mencari Petunjuk Menemukan Jodoh

Ketika umur sudah cukup tua namun belum menemukan tanda-tanda bahwa jodoh akan segera datang, pasti akan muncul rasa khawatir yang cukup tinggi dan rasa putus asa pun akan segera menghampiri. Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir karena ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allahsudah menjelaskan bahwa jodoh akan datang dengan sendirinya.

Gambar QS Al-Anbiya ayat 86

Anda bisa berdoa agar jodoh bisa segera muncul ke kehidupan dengan melantunkan ayat-ayat yang mampu didengar oleh Allah. Ada salah satu ayat yang dijamin mampu membantu Anda untuk menemukan jodoh yang terbaik, bacalah jika sedang merasa pasrah dan ada keraguan mengenai jodoh.

وَاَدۡخَلۡنٰهُمۡ فِىۡ رَحۡمَتِنَا ؕ اِنَّهُمۡ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَ

Wa adkhalnaahum fii rahmatinaa innahum minas saalihiin.

Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik.” (QS. Al-Anbiya: 86)

Ayat Alquran tentang Takdir dan Jodoh

Jodoh merupakan salah satu takdir yang kebenarannya tidak bisa diganggu gugat lagi, dan seluruh manusia di muka bumi memiliki garis jodohnya masing-masing. Bahkan, jodoh ini sudah diatur sedemikian rupa agar kehidupan kita menjadi lebih tentram, akan tetapi tentu saja jodoh tersebut sudah dipilihkan oleh Allah sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allahdan takdir yang mengiringinya ini bisa dilihat dari berbagai surat yang membahas mengenai kuasa Allah dalam hal menurunkan pasangan.

وَلَقَدۡ اَرۡسَلۡنَا رُسُلًا مِّنۡ قَبۡلِكَ وَ جَعَلۡنَا لَهُمۡ اَزۡوَاجًا وَّذُرِّيَّةً ‌ ؕ وَمَا كَانَ لِرَسُوۡلٍ اَنۡ يَّاۡتِىَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ ؕ لِكُلِّ اَجَلٍ كِتَابٌ

Wa laqad arsalnaa Rusulam min qablika wa ja'alnaa lahum azwaajanw wa zurriyyah; wa maa kaana lirasuulin ai yaatiya bi aayatin illaa bi iznil laah; likulli ajalin kitaab.

Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad) dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan sesuatu bukti (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Untuk setiap masa ada Kitab (tertentu).” (QS Ar-Rad: 38)

Ayat Alquran tentang Jodoh yang Merupakan Cerminan Diri

Seperti yang sudah berulang kali dibahas di khalayak umum, jodoh memang menjadi cerminan dari diri kita sendiri. Perangai dan karakteristik yang dimiliki akan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan butuhkan sehingga apabila kita bertingkah laku baik, maka tentu saja jodoh kita nanti akan memiliki perangai yang begitu baik pula.

Namun, jika kita berperilaku buruk maka kemungkinan jodoh kita adalah sosok yang tidak menyenangkan. Meskipun begitu, jika pasangan kita adalah sosok yang buruk namun kita sudah berusaha berperilaku sebaik mungkin, maka sudah pasti dia bukanlah jodoh kita. Ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allahyang satu ini menjadi bukti akan hal tersebut.

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Al-khobiisaatu lil-khobiisiina wal-khobiisuuna lil-khobiisaat, wath-thoyyibaatu lith-thoyyibiina wath-thoyyibuuna lith-thoyyibaat, ulaaa-ika mubarro-uuna mimmaa yaquuluun, lahum maghfirotuw wa rizqung kariim.

“Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS An-Nur: 26)

Ayat Alquran tentang Jodoh Penenang Hati

Jodoh tidak hanya berperan sebagai sosok yang mengiringi jalan hidup kita, namun mereka pun mampu menjadi orang yang menenangkan hati kita. Ketika hidup pasti akan ada masa dimana kita ditimpa musibah dan kerugian yang sangat menyedihkan, sehingga kita membutuhkan sosok yang mampu meyakinkan kita bahwa hidup tidak akan berubah menjadi lebih buruk lagi.

Ayat yang membahas mengenai jodoh dan tugas mereka untuk menenangkan hati kita ini sudah tercantum di surat berikut ini:

وَالَّذِيۡنَ يَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا هَبۡ لَـنَا مِنۡ اَزۡوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعۡيُنٍ وَّاجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِيۡنَ اِمَامًا

Wallaziina yaquuluuna Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrata a'yuninw waj 'alnaa lilmuttaqiina Imaamaa.

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74)

Itu dia beberapa ayat Alquran tentang jodoh ditangan Allahyang dapat Anda dan kita semua pahami dengan lebih dalam. Jodoh bukanlah perkara penampilan ataupun material saja, namun mereka pun harus sesuai dengan pemikiran serta ideologi yang kita miliki. Dengan mengucapkan ayat di atas, niscaya jalan menemukan jodoh pun akan menjadi lebih mudah.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …