Ayat Alquran Tentang Cinta dan Jodoh

Ayat Alquran tentang cinta dan jodoh – Frasa mengenai jodoh ada di tangan Tuhan memang benar adanya, begitu pula dalam Islam. Namun ada berbagai ayat Alquran tentang cinta dan jodoh yang menjelaskan hal tersebut pada manusia. Membaca ayat Alquran ini akan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai cinta dan jodoh dalam konsep Islam.

Kumpulan Ayat Alquran Tentang Cinta dan Jodoh

Ayat Alquran tentang cinta dan jodoh
Ayat Alquran tentang cinta dan jodoh

Ayat untuk Memohon Jodoh

Untuk Anda yang ingin segera ditemukan jodohnya oleh Allah, bisa membaca ayat Alquran Surat Al-Furqan ayat 74. Dalam surat tersebut, tersirat mengenai doa yang bisa dibaca agar segera ditemukan dengan jodohnya, berikut adalah lafadznya:

وَالَّذِيۡنَ يَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا هَبۡ لَـنَا مِنۡ اَزۡوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعۡيُنٍ وَّاجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِيۡنَ اِمَامًا

Wallaziina yaquuluuna Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrata a'yuninw waj 'alnaa lilmuttaqiina Imaamaa.

Terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Surat Al-Qasas ayat 24

Dalam surat ini dijelaskan mengenai kisah Nabi Musa yang bertemu dengan jodohnya. Kisah pertemuan tersebut tercatat di dalam Alquran dan menjadi salah satu kisah cinta yang romantis dalam islam. Lafadz dari ayat tersebut adalah:

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰٓى اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّىۡ لِمَاۤ اَنۡزَلۡتَ اِلَىَّ مِنۡ خَيۡرٍ فَقِيۡرٌ

Fasaqoo lahumaa summa tawallaaa ilaz zilli faqoola Rabbi innii limaaa anzalta ilaiya min khairin faqiir

Sedangkan terjemahan dari ayat Alquran tentang cinta dan jodoh ini adalah:

Maka dia (Musa) memberi minum (ternak) kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.”

Surat Al-Isra ayat 24

Cinta dan kasih sayang tidak hanya kepada pasangan saja, namun juga cinta kepada orang tua dan anaknya. Kisah kasih sayang ini terdapat di dalam Alquran, surat Al-Isra ayat 24. Ayat tersebut menjelaskan mengenai kasih sayang orang tua kepada anaknya, berikut adalah lafadznya:

Baca juga:  Ayat Alquran tentang Shodaqoh dan Manfaatnya

وَاخۡفِضۡ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحۡمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارۡحَمۡهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِىۡ صَغِيۡرًا

Wakhfid lahumaa janaahaz zulli minar rahmati wa qur Rabbir hamhumaa kamaa rabbayaanii saghiira

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Surat Al-Hujurat ayat 13

Ayat ini menjelaskan mengenai penciptaan manusia yang berjodoh-jodoh antara perempuan dan laki-laki. Berikut adalah rincian lafadz dari ayat tersebut:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا‌ ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ

Yaaa ayyuhan naasu innaa khalaqnaakum min zakarinw wa unsaa wa ja'alnaakum shu'uubanw wa qabaaa'ila lita'aarafuu inna akramakum 'indal laahi atqookum innal laaha 'Aliimun khabiir

Sedangkan terjemahan dari ayat Alquran tentang cinta dan jodoh ini adalah:

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Surat Al-Anbiya aya 89

Dalam surat ini dijelaskan mengenai Nabi Zakaria yang hidup seorang diri. Nabi Zakaria kemudian meminta kepada Allah untuk memberikan ahli waris yang baik padanya. Ini merupakan kisah kasih sayang Nabi Zakaria dengan anaknya nanti, Siti Maryam, berikut adalah lafadznya.

وَزَكَرِيَّاۤ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌

Wa Zakariyyaaa iz naadaa Rabbahuu Rabbi laa tazarnii fardanw wa Anta khairul waarisiin

Terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

Surat Yasin ayat 36

Terakhir adalah ayat Alquran tentang cinta dan jodoh dalam surat Yasin. Surat ini menjelaskan mengenai manusia yang diciptakan Allah dengan berpasangan sebagai bukti kasih sayang Allah. Lafadz dari surat Yasin ayat 36 ini adalah:

Baca juga:  5 Ayat Alquran tentang Ghibah dan Azab Melakukannya

سُبۡحٰنَ الَّذِىۡ خَلَقَ الۡاَزۡوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنۡۢبِتُ الۡاَرۡضُ وَمِنۡ اَنۡفُسِهِمۡ وَمِمَّا لَا يَعۡلَمُوۡنَ‏

Subhaanal lazii khalaqal azwaaja kullahaa mimmaa tumbitul ardu wa min anfusihim wa mimmaa laa ya'lamuun

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.

Tips Mencintai Seseorang dalam islam

Tips mencintai seseorang dalam Islam
Tips mencintai seseorang dalam Islam

Ketika seseorang mencintai orang lain dalam Islam, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Langkah tersebut diantaranya adalah:

Mengatakan Cinta

Seseorang yang mencintai orang lain dianjurkan untuk mengatakan apa yang ia rasakan. Hal tersebut sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, dikatakan bahwa seseorang yang mencintai saudaranya, hendaknya memberitahukannya kepada orang yang ia cintai.

Merawat Cinta

Cinta yang sudah Anda katakana harus Anda jaga dengan benar. Taburkan pupuk cinta dengan baik, pastikan Anda menjaga perasaan Anda maupun pasangan. Salah satu hal yang disunahkan adalah dengan memanggil pasangan dengan nama yang ia sukai.

Mengokohnya Cinta dengan Doa

Tidak hanya menjaganya saja, Anda bisa membaca ayat Alquran tentang cinta dan jodoh sebagai bukti cinta kepada pasangan. Nabi mengajarkan untuk memohon anugerah cinta kepada Allah agar usaha yang mencintai yang dilakukan di berikan rahmat.  Sehingga cinta yang terjadi bisa bertahan lama dan tidak tumbuh di satu sisi.

Pandang dengan Penuh Cinta

Ketika seseorang saling mencintai, alangkah baiknya memandang dengan rasa yang mencintai. Hal tersebut berdasarkan hadis yang mengatakan bahwa memandang saudara yang dicintainya, akan meruntuhkan dosa dan membuatnya diampuni oleh Allah.

Semoga kumpulan ayat Alquran tentang cinta dan jodoh tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda. Jika memang mencintai orang lain, pantaskan diri Anda dengan menjadi pribadi yang sholehah. Sehingga lebih mudah dalam mendapatkan ridho dan kasih sayang Allah.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …