Ayat Alquran tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua – Kita suci Alquran menyimpan banyak penjelasan mengenai perintah untuk berbakti kepada orang tua. Kumpulan ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua bisa ditemukan tersebar dalam surat yang ada di dalam kitab suci tersebut. Berikut adalah kumpulan ayat Alquran yang menjelaskan mengenai perintah agar berbakti pada orang tua.

Berbagai ayat Alquran tentang Berbakti pada Orang Tua

Ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua

Al-Isra’ ayat 23

Dalam ayat ini dijelaskan mengenai perintah untuk berbuat baik kepada ibu dan bapak. Perbuatan baik tersebut akan mendapat ganjaran kebaikan dari Allah. Ayat ini juga melarang untuk berkata kasar dan membentak kedua orang tua. Berikut adalah lafadznya.

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

Wa qadaa Rabbuka allaa ta'buduuu illaaa iyyaahu wa bilwaalidaini ihsaanaa; immaa yablughanna 'indakal kibara ahaduhumaaa aw kilaahumaa falaa taqul lahumaaa uffinw wa laa tanharhumaa wa qullahumaa qawlan kariimaa.

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Luqman ayat 14

Surat Luqman memang surat yang banyak menjelaskan mengenai adab menuntut ilmu dan berbakti kepada orang tua. Termasuk sebagai ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua, ayat ini menegaskan perintah dari Allah kepada manusia untuk berbakti dan berbuat baik pada orang tua.

Baca juga:  Nama Panjang Bayi Perempuan Menurut Al Quran

Lafadz dari ayat ini adalah:

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ‌ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

Wa wassainal bi waalidaihi hamalat hu ummuhuu wahnan 'alaa wahninw wa fisaaluhuu fii 'aamaini anishkur lii wa liwaalidaika ilaiyal masiir.

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Di ayat 15 pada surat yang sama, dijelaskan pula mengenai larangan untuk mentaati orang tua jika mereka meminta untuk kafir dari Allah. Namun penolakan tersebut tetap harus dilakukan dengan baik. Ayat ini juga sebagai ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua, berikut adalah lafadznya.

وَاِنۡ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنۡ تُشۡرِكَ بِىۡ مَا لَيۡسَ لَكَ بِهٖ عِلۡمٌ ۙ فَلَا تُطِعۡهُمَا‌ وَصَاحِبۡهُمَا فِى الدُّنۡيَا مَعۡرُوۡفًا‌ۖ وَّاتَّبِعۡ سَبِيۡلَ مَنۡ اَنَابَ اِلَىَّ ‌ۚ ثُمَّ اِلَىَّ مَرۡجِعُكُمۡ فَاُنَبِّئُكُمۡ بِمَا كُنۡتُمۡ تَعۡمَلُوۡنَ

Wa in jaahadaaka 'alaaa an tushrika bii maa laisa laka bihii 'ilmun falaa tuti'humaa wa saahib humaa fid dunyaa ma'ruufanw wattabi' sabiila man anaaba ilayy; summa ilaiya marji'ukum fa unabbi'ukum bimaa kuntum ta'maluun.

Sedangkan terjemahan dari ayat ini adalah:

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

An-Nisa ayat 36

Di dalam surat an-Nisa, selain dijelaskan mengenai adab untuk wanita, dijelaskan pula mengenai ayat-ayat perintah untuk berbakti kepada orang tua. Salah satunya adalah surat an-Nisa ayat 36, bunyi dari ayat tersebut adalah:

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Zakat Mal

وَاعۡبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشۡرِكُوۡا بِهٖ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَّبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا وَّبِذِى الۡقُرۡبٰى وَالۡيَتٰمٰى وَ الۡمَسٰكِيۡنِ وَالۡجَـارِ ذِى الۡقُرۡبٰى وَالۡجَـارِ الۡجُـنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالۡجَـنۡۢبِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ ۙ وَمَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنۡ كَانَ مُخۡتَالًا فَخُوۡرَا

Wa'budul laaha wa laa tushrikuu bihii shai'anw wa bilwaalidaini ihsaananw wa bizil qurbaa walyataamaa walmasaakiini waljaari zilqurbaa waljaaril junubi wassaahibi biljambi wabnis sabiili wa maa malakat aimaanukum; innal laaha laa yuhibbu man kaana mukhtaa,

Sedangkan terjemahan dari ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua ini adalah:

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri,

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Agar menjadi anak yang sholehah dan sebagai balasan atas perbuatan orang tua kepada anaknya, setiap orang muslim diwajibkan berbakti kepada orang tua. Cara berbakti kepada orang tua juga tidak sulit, berikut adalah beberapa diantaranya:

Mendoakan Orang Tua

Selepas melakukan sholat, jangan beranjak berdiri dan pergi, Anda bisa mendoakan orang tua, baik yang masih hidup atau sudah meninggal. Dengan meminta ampun kepada orang tua atas dosa yang sudah pernah mereka lakukan, maka Anda termasuk sudah berbakti kepada mereka.

Meskipun masih hidup, tidak ada salahnya mendoakan orang tua untuk dimudahkan urusannya serta diberikan kesehatan maupun umur yang panjang. Jika orang tua sudah meninggal, mendoakannya bisa menjadi cara yang tepat untuk tetap berhubung dengan mereka.

Bersedekah atas Nama Orang Tua

Selain membaca ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua, Anda juga bisa melakukan sedekah dengan nama orang tua. Dengan cara ini, orang tua tentu akan lebih bahagia dan mendapatkan bagian berkah atas apa yang Anda lakukan.

Baca juga:  Niat Puasa Senin Kamis dan Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Dengan melakukan sedekah atas nama orang tua, maka orang tua memupuk kebaikan dan pahala untuk masa depan. Ini juga bisa menjadi jalan yang lancar untuk membukakan pintu rezeki, baik bagi Anda atau orang tua.

Melunasi Hutang

Ketika orang tua masih hidup atau sudah meninggal, Anda bisa melunasi hutang mereka agar mereka tidak memiliki tanggungan. Hutang merupakan hal yang akan dibawa mati, karena itu penuhi pembayaran hutang sebelum terlambat.

Demikianlah berbagai kumpulan ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua yang bisa menjadi landasan dasar untuk berbakti kepada mereka. Semoga dengan informasi tersebut Anda mendapatkan tambahan pengetahuan dan keinginan untuk berbakti pada mereka.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …