Kumpulan Ayat Alquran tentang Anak Yatim

Ayat Alquran tentang anak yatim – Ada banyak sekali ayat Alquran tentang anak yatim dan kewajiban kita untuk berbuat baik kepada mereka. Beberapa ayat bahkan menganjurkan manusia untuk memberikan hak hak anak yatim sampai mereka menjadi dewasa. Berikut ini adalah ayat dalam Alquran yang menjelaskan mengenai keutamaan menolong anak yatim.

Kumpulan ayat Alquran tentang Anak Yatim

Ayat Alquran tentang anak yatim
Ayat Alquran tentang anak yatim

An-Nisa ayat 36

Di dalam ayat ini dijelaskan mengenai anjuran untuk berbuat baik kepada anak yatim dan orang miskin. Mereka yang melakukan kebajikan tersebut akan disukai oleh Allah karena tidak membanggakan harta yang ia miliki dan menyombongkannya. Lafadz dari ayat ini adalah:

وَاعۡبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشۡرِكُوۡا بِهٖ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَّبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا وَّبِذِى الۡقُرۡبٰى وَالۡيَتٰمٰى وَ الۡمَسٰكِيۡنِ وَالۡجَـارِ ذِى الۡقُرۡبٰى وَالۡجَـارِ الۡجُـنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالۡجَـنۡۢبِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ ۙ وَمَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنۡ كَانَ مُخۡتَالًا فَخُوۡرَا

Wa’budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-junubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā

Sedangkan terjemahan dari ayat Alquran tentang anak yatim diatas adalah:

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Baca juga:  Ayat Alquran tentang Aqiqah dan Qurban

Ad-Duha ayat 6

Dalam surat pendek Ad-Duha juga dijelaskan mengenai anjuran untuk melindungi anak yatim. Dengan melindungi mereka, maka Anda akan mendapatkan banyak pahala yang diberikan oleh Allah, apalagi jika Anda tidak pamrih ketika membantu mereka. Berikut adalah lafadz yang menjelaskan mengenai ayat tersebut:

اَلَمۡ يَجِدۡكَ يَتِيۡمًا فَاٰوٰى

A lam yajidka yatīman fa āwā

Sedangkan arti dari ayat tersebut adalah:

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?

Al-An’am ayat 162

Dalam ayat Alquran tentang anak yatim ini dijelakan mengenai larangan untuk menggunakan harta milik anak yatim. Jika Anda ingin memanfaatkannya harus sesuai dengan aturan dan kebutuhan mereka, bukan untuk hal yang semena-mena. Berikut adalah lafadz dari ayat tersebut:

وَلَا تَقۡرَبُوۡا مَالَ الۡيَتِيۡمِ اِلَّا بِالَّتِىۡ هِىَ اَحۡسَنُ حَتّٰى يَبۡلُغَ اَشُدَّهٗ‌ ۚ وَاَوۡفُوۡا الۡكَيۡلَ وَالۡمِيۡزَانَ بِالۡقِسۡطِ‌ ۚ لَا نُـكَلِّفُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا‌ ۚ وَاِذَا قُلۡتُمۡ فَاعۡدِلُوۡا وَلَوۡ كَانَ ذَا قُرۡبٰى‌‌ ۚ وَبِعَهۡدِ اللّٰهِ اَوۡفُوۡا‌ ؕ ذٰ لِكُمۡ وَصّٰٮكُمۡ بِهٖ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُوۡنَ

Wa lā taqrabụ mālal-yatīmi illā billatī hiya aḥsanu ḥattā yabluga asyuddah, wa auful-kaila wal-mīzāna bil-qisṭ, lā nukallifu nafsan illā wus’ahā, wa iżā qultum fa’dilụ walau kāna żā qurbā, wa bi’ahdillāhi aufụ, żālikum waṣṣākum bihī la’allakum tażakkarụn

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Zakat Mal

Al-fajr ayat 17

Ayat Alquran tentang anak yatim ini menjelaskan bahwa setiap orang harus berbaik hati kepada anak yatim. Memuliakan anak yatim menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya, berikut adalah lafadz dari Al-Fajr ayat 17, yakni:

كَلَّا‌ بَلۡ لَّا تُكۡرِمُوۡنَ الۡيَتِيۡمَۙ

Kallā bal lā tukrimụnal-yatīm

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim,

Maknanya, mereka yang tidak memuliakan anak yatim dan menyia-nyiakannya akan mendapatkan laknat dari Allah.

An-Nisa ayat 127

Dalam ayat tersebut menjelaskan mengenai mengawini anak perempuan yatim. Mereka harus diperlakukan dengan baik sebagaimana dengan orang lainnya, begitu pula dengan mengurus anak yatim, harus dilakukan dengan adil dan sesuai dengan ketentuan dalam Islam. Ayat tersebut memiliki lafadz berupa:

وَيَسۡتَفۡتُوۡنَكَ فِى النِّسَآءِ ‌ؕ قُلِ اللّٰهُ يُفۡتِيۡكُمۡ فِيۡهِنَّ ۙ وَمَا يُتۡلٰى عَلَيۡكُمۡ فِى الۡكِتٰبِ فِىۡ يَتٰمَى النِّسَآءِ الّٰتِىۡ لَا تُؤۡتُوۡنَهُنَّ مَا كُتِبَ لَهُنَّ وَتَرۡغَبُوۡنَ اَنۡ تَـنۡكِحُوۡهُنَّ وَالۡمُسۡتَضۡعَفِيۡنَ مِنَ الۡوِلۡدَانِ ۙ وَاَنۡ تَقُوۡمُوۡا لِلۡيَتٰمٰى بِالۡقِسۡطِ‌ ؕ وَمَا تَفۡعَلُوۡا مِنۡ خَيۡرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِهٖ عَلِيۡمًا

Wa yastaftụnaka fin-nisā`, qulillāhu yuftīkum fīhinna wa mā yutlā ‘alaikum fil-kitābi fī yatāman-nisā`illātī lā tu`tụnahunna mā kutiba lahunna wa targabụna an tangkiḥụhunna wal-mustaḍ’afīna minal-wildāni wa an taqụmụ lil-yatāmā bil-qisṭ, wa mā taf’alụ min khairin fa innallāha kāna bihī ‘alīmā

Sedangkan terjemahan dari ayat Alquran tentang anak yatim diatas adalah:

Dan mereka minta fatwa kepadamu tentang para wanita. Katakanlah: “Allah memberi fatwa kepadamu tentang mereka, dan apa yang dibacakan kepadamu dalam Al Quran (juga memfatwakan) tentang para wanita yatim yang kamu tidak memberikan kepada mereka apa yang ditetapkan untuk mereka, sedang kamu ingin mengawini mereka dan tentang anak-anak yang masih dipandang lemah. Dan (Allah menyuruh kamu) supaya kamu mengurus anak-anak yatim secara adil. Dan kebajikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahuinya.

Baca juga:  9 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita

Hak yang Harus Diterima Anak Yatim

Anak yatim memiliki hak yang harus dipenuhi oleh pengasuhnya atau orang orang muslim di sekitarnya, diantaranya adalah:

Hak harta

Maksudnya harta anak yatim merupakan harta yang dilarang untuk digunakan. Membelanjakan harta anak yatim diluar tujuan atau kemaslahatannya dilarang oleh Islam. Mereka yang melakukannya akan dicap dzalim dan mendapatkan dosa dari Allah.

Mendapatkan pendidikan

Meskipun anak yatim, mereka tetap berhak untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan layak. Pendidikan tersebut bisa berupa sekolah formal atau sekolah agama non formal. Dengan mendapatkan pendidikan yang baik, maka anak yatim bisa mendatangkan keberkahan untuk masyarakat Islam.

Mendapat Perlindungan

Banyak ayat Alquran tentang anak yatim yang mengharuskan umat muslim untuk memberikan perlindungan kepada mereka. Misalnya dengan memberikan makan setiap harinya atau menyediakan tempat tinggal yang nyaman jika memang dibutuhkan.

Itulah berbagai ayat Alquran tentang anak yatim yang bisa Anda pelajari lebih lanjut. Membesarkan dan membantu anak yatim untuk tumbuh dan berkembang akan memberikan pahala yang besar untuk Anda. ini tentu akan menjadi tabungan yang besar untuk kehidupan akhirat.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …