7 Ayat Alquran Penyemangat Hidup yang Menjadi Motivasi

Ayat Alquran penyemangat hidup – Sudah sewajarnya kehidupan akan penuh oleh ujian dan rintangan yang harus kita hadapi. Ujian tersebut akan membantu diri untuk semakin dekat dengan kasih sayang Allah meskipun terkadang ujian itu terasa berat sekali. Untuk itu, membaca ayat Alquran penyemangat hidup menjadi salah satu hal yang mampu membantu kita untuk semakin tegar.

7 Ayat Alquran yang Mampu Menjadi Penyemangat Hidup

Ayat Alquran penyemangat hidup
Ayat Alquran penyemangat hidup

Al-Baqarah : 286

Ayat Alquran penyemangat hidup yang pertama ini memiliki makna bahwa meskipun ujian yang kita terima saat ini cukup berat, namun kita harus percaya bahwa kita lebih kuat dari ujian tersebut. Allah percaya bahwa kita memiliki kekuatan yang besar untuk menyelesaikan ujian itu karena tidak ada masalah yang melebihi kemampuan yang dimiliki.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.” (Q.S Al-Baqarah: 286).

Al-Insyirah : 5 – 6

Ketika mengalami beban hidup yang sangat melelahkan hati, Anda harus mempercayai bahwa situasi tersebut tidak akan berlangsung selamanya. Ayat Alquran penyemangat hidup yang selanjutnya ini menjadi jaminan terhadap kita bahwa setelah adanya kesulitan yang kita alami, nanti pasti akan ada kemudahan yang menghampiri kita.

Baca juga:  Ayat Alquran tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Dengan begitu, jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan dan segeralah menyemangati diri sendiri untuk selalu hidup dengan lebih baik. Hal itu sesuai dengan surat berikut ini, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah: 5-6).

An-Nisa’ : 29

Saat masalah datang bertubi-tubi dan tidak pernah terasa akan berhenti, terkadang kita memiliki pemikiran yang cukup ekstrim untuk menghentikan segala masalah tersebut dengan instan. Meskipun begitu, hal itu justru tidak diperbolehkan oleh Allah karena ada ayat Alquran penyemangat hidup yang menjadi petunjuk bahwa Allah sayang terhadap kita.

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.” (Q.S. An-Nisa’: 29)

At-Taubah : 40

Bersedih dalam waktu yang lama tidak akan membawa kebahagiaan dalam diri kita, justru hanya akan ada kenangan menyedihkan yang tidak sepatutnya untuk diingat. Allah telah menegaskan bahwa bersedih hanya akan membuat pekerjaan kehidupan kita tidak akan segera selesai jika tidak segera tegar.

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: ‘Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita’.

Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah: 40)

Baca juga:  Peristiwa Isra Miraj, Sejarah dan Pelajaran Penting

Ath-Thalaq : 2 – 3

Jika sedang memperoleh ujian dari Allah, maka jangan pernah merasa ingin menyerah dan kita harus siap untuk menyelesaikannya. Sebab Allah akan membantu Anda untuk mencari jalan keluar dari hal tersebut dengan cara yang tidak pernah disangka sebelumnya. Ayat Alquran penyemangat hidup yang satu ini patut untuk dipahami dengan lebih dalam sehingga hati terasa tenang.

“Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Q.S. At-Thalaq: 2-3)

Ar-Rad : 11

Ayat Alquran penyemangat hidup yang satu ini akan membantu kita untuk menyadari bahwa masalah sesulit apapun harus diselesaikan dengan segera dan jangan selalu diam saja tanpa membawa perubahan untuk menyelesaikannya. Jika kita tidak bergerak, maka Allah tentu saja tidak akan membantu untuk mengubah masalah tersebut.

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia”. (Q.S. Ar-Rad: 11)

Yusuf : 87

Allah menyukai hamba-Nya yang selalu bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian. Karena itu, kita tidak boleh merasa putus asa dengan keadaan yang ada.

“Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (Q.S. Yusuf: 87)

Baca juga:  Apakah Allah Akan Membalas Orang yang Menyakiti Kita Nanti?

Itulah ayat Alquran penyemangat hidup yang mampu membantu Anda untuk merasa tabah. Menjalani hidup memang tidak mudah, karena itu perlu hati yang tegar agar kita tidak putus asa begitu saja.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …