Ayat Alquran Tentang Mendidik Anak Menurut Islam

Ayat Alquran tentang mendidik anak – Mendidik anak dalam Islam menjadi salah satu cara untuk memberikan pemahaman pada anak mengenai Islam. Di dalam al-Qur’an Anda bisa mendapatkan berbagai  informasi mengenai cara mendidik anak dengan benar. Berikut ini adalah ayat Alquran tentang mendidik anak yang benar menurut ajaran agama Islam.

Berbagai Ayat Alquran tentang Mendidik Anak

ayat Alquran tentang mendidik anak
ayat Alquran tentang mendidik anak

QS Al-Alaq ayat 1-5

Konsep mengenai menuntut ilmu dan kewajiban untuk melakukannya juga tersemat dalam Al Qur’an. Tidak hanya untuk anak, kewajiban untuk menuntut ilmu juga berlaku untuk semua umat Islam. Salah satu ayat Al Qur’an yang membahas mengenai masalah tersebut adalah surat Al-Alaq ayat 1-5, berikut adalah lafadznya:

اِقۡرَاۡ بِاسۡمِ رَبِّكَ الَّذِىۡ خَلَقَ‌ۚ . خَلَقَ الۡاِنۡسَانَ مِنۡ عَلَقٍ‌ۚ‏ . اِقۡرَاۡ وَرَبُّكَ الۡاَكۡرَمُۙ . الَّذِىۡ عَلَّمَ بِالۡقَلَمِۙ . عَلَّمَ الۡاِنۡسَانَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡؕ

Surat Al-Alaq ayat 1-5 latin:

Iqra' bismi rab bikal lazii khalaq, Khalaqal insaana min 'alaq, Iqra' wa rab bukal akram, Al lazii 'allama bil qalam, 'Al lamal insaana ma lam y'alam.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

QS Al-Baqarah ayat 215

Ayat Alquran tentang mendidik anak selanjutnya adalah Al-Baqarah ayat 215. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai kewajiban anak untuk memberikan nafkah kepada orang tuanya. Dengan melakukan hal tersebut, anak akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah.

Baca juga:  5 Ayat Alquran tentang Ghibah dan Azab Melakukannya

Lafadz dari ayat tersebut cukup pendek, namun memberikan makna yang mendalam, berikut adalah lafadznya:

يَسۡـــَٔلُوۡنَكَ مَاذَا يُنۡفِقُوۡنَ ؕ قُلۡ مَآ اَنۡفَقۡتُمۡ مِّنۡ خَيۡرٍ فَلِلۡوَالِدَيۡنِ وَالۡاَقۡرَبِيۡنَ وَالۡيَتٰمٰى وَالۡمَسٰكِيۡنِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ‌ؕ وَمَا تَفۡعَلُوۡا مِنۡ خَيۡرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيۡمٌ

Surat Al-Baqarah ayat 215 latin:

Yas'aluunaka maazaa yunfiquuna qul maaa anfaqtum min khairin falil waalidaini wal aqrabiina walyataamaa wal masaakiini wabnis sabiil; wa maa taf'aluu min khairin fa innal laaha bihii 'Aliim.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.” Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

QS An-Nisa ayat 41

Berikutnya adalah ayat Alquran tentang mendidik anak yang terdapat dalam surat An-Nisa. Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa anak seharusnya memohon ampunkan orang tua mereka kepada Allah, begitu pula dengan orang mukmin yang lain. berikut merupakan lafadz dari ayat tersebut:

فَكَيۡـفَ اِذَا جِئۡـنَا مِنۡ كُلِّ اُمَّةٍ ۭ بِشَهِيۡدٍ وَّجِئۡـنَا بِكَ عَلٰى هٰٓؤُلَاۤءِ شَهِيۡدًا

Surat An-Nisa ayat 41 latin:

Fakaifa izaa ji'naa min kulli ummatim bishahiidinw wa ji'naabika 'alaa haaa'ulaaa 'i Shahiidan

Sedangkan terjemahan untuk ayat tersebut adalah:

Dan bagaimanakah (keadaan orang kafir nanti), jika Kami mendatangkan seorang saksi (Rasul) dari setiap umat dan Kami mendatangkan engkau (Muhammad) sebagai saksi atas mereka.

QS Al-Isra ayat 23

Mendidik anak salah satunya adalah memberikan pemahaman untuk menghormati orang yang lebih tua. Hal tersebut juga dijelaskan pada surat Al-Isra ayat 23, di dalam surat tersebut dikatakan bahwa anak harus berbuat baik kepada orang tua dan tidak membentaknya.

Baca juga:  Rumah Tusuk Sate dalam Islam, Ini Dia Penjelasannya

Lafadz dari ayat tersebut adalah:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

Surat Al-Isra ayat 23 latin:

Wa qadaa Rabbuka allaa ta'buduuu illaaa iyyaahu wa bilwaalidaini ihsaanaa; immaa yablughanna 'indakal kibara ahaduhumaaa aw kilaahumaa falaa taqul lahumaaa uffinw wa laa tanharhumaa wa qullahumaa qawlan kariimaa.

Sedangkan terjemahan dari ayat diatas adalah:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

QS Lukman ayat 14

Ayat Alquran tentang mendidik anak yang terakhir adalah surat Lukman ayat 14. Dalam surat tersebut dijelaskan mengenai bagaimana sebaiknya anak bersikap dengan orang tua dan panduan dalam melakukannya. Dijelaskan juga mengenai bagaimana merawat ibu atau ayah yang sudah tua, lafadz dari ayat tersebut adalah:

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ‌ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

Surat Lukmat ayat 14 latin:

Wa wassainal bi waalidaihi hamalat hu ummuhuu wahnan 'alaa wahninw wa fisaaluhuu fii 'aamaini anishkur lii wa liwaalidaika ilaiyal masiir.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Cara Mendidik Anak yang Benar Menurut Islam

Cara mendidik anak yang benar menurut islam
Cara mendidik anak yang benar menurut islam

Mendidik anak menurut Islam bisa dilakukan dengan memahami ayat Alquran tentang mendidik anak atau dengan membaca hadis dengan tema yang sama. Setidaknya berikut ini adalah cara mendidik anak yang benar sesuai dengan tuntunan Islam.

Baca juga:  Inilah Hukum Mengeluarkan Air Mani Menurut Islam

Mengajarkan Dasar Islam

Ketika anak berusia 3 tahun, disarankan baginya untuk membaca kalimat Tauhid. Kalimat tersebut akan berpengaruh besar pada kehidupan anak ke depannya. Hal tersebut terdapat dapat hadis yang diriwayatkan oleh Ibny Abbas, dikatakan bahwa kalimat pujian dan talbiyah akan menjadi pegangan anak ketika meninggal.

Memberi Contoh yang Baik

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan contoh yang baik kepada anak. Salah satunya dengan mengajarkan sholat kepada mereka. Sebaiknya ajarkan anak sholat ketika masih kecil, sehingga mereka terbiasa melakukannya ketika dewasa dengan mudah.

Mengajarkan Tauhid

Banyak ayat Alquran tentang mendidik anak yang bisa Anda temukan mengenai pengajaran Tauhid kepada anak. Misalnya dengan memperdengarkan adzan atau membantu mereka memahami konsp Islam. Dengan cara ini, anak tidak akan asing dengan Islam dan tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Beberapa cara diatas dapat Anda gunakan sebagai landasan bagaimana memberikan pengajaran dan pendidikan pada anak dengan benar. Selain mengacu pada ayat Alquran tentang mendidik anak, Anda juga bisa bertanya kepada ustdaz, membaca buku Islam, atau memahami hadis mengenai teknis dan cara mendidik anak dengan benar.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …