Apakah Allah Akan Membalas Orang yang Menyakiti Kita Nanti?

Apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita – Tidak peduli seberapa baik kita bersikap kepada orang lain, akan ada masa dimana kita ataupun orang lain mengalami permasalahan yang berujung pada putusnya tali silaturahmi. Kita tidak akan pernah lepas dari proses disakiti atau menyakiti selagi hidup sebagai manusia. Namun, apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita nanti? Mari kita kemas topik ini dengan lebih serius lagi.

Balasan yang Diperoleh Jika Menyakiti Seseorang

Apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita
Apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita

Allah selalu menekankan dalam kita suci Alquran. Jika manusia saling menyakiti maka akan memperoleh balasan yang cukup besar. Apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita? Jawabannya adalah sangat pasti. Bahkan, Dia pun juga menganggap ini sebagai perbuatan yang sangat tercela. Ini dia beberapa balasan yang diterima oleh orang yang menyakiti orang lain.

Disiksa di Neraka

Balasan yang akan diperoleh jika seseorang menyakiti sesamanya adalah dia akan disiksa di neraka. Pada hari akhir nanti, mereka akan segera dimasukkan ke dalam neraka karena kelakuannya di dunia yang justru mendatangkan begitu banyak kerugian bagi saudaranya sendiri dan di neraka pun dia akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kitadi neraka jahanam? Hal itu bisa terjadi, terlebih jika seseorang itu selalu mengusik dan menyakiti dengan melontarkan caci maki yang tidak difilter terlebih dahulu. Begitu disiksa di neraka, mereka akan merasa sangat menyesal karena sudah hidup dengan mengganggu kehidupan orang yang ada di sekitar mereka.

Baca juga:  Inilah Niat Sholat Malam Sebelum Tidur yang Benar

Dikutuk oleh Allah

Orang yang selalu berperilaku tidak menyenangkan akan selalu dikutuk oleh Allah, bahkan hal ini sudah dibuktikan di dalam kitab suci Alquran. Apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kitadi akhirat saja? Ternyata hal itu tidak benar, bahkan ketika masih hidup di dunia pun orang tersebut tetap akan memperoleh kerugian dari Allah.

Meskipun terkadang mereka terlihat memiliki kehidupan yang tenang-tenang saja dan tidak mendapat balasan apapun, namun kita tidak tahu dengan rencana Allah. Bisa saja orang tersebut nantinya akan menghadapi titik terendah di dalam hidupnya sehingga seluruh harta bendanya hilang karena perilakunya yang merugikan orang lain.

Amalan yang Diperoleh Tidak Berbuah Pahala

Meskipun seseorang selalu beribadah tepat waktu dan melaksanakan berbagai amalan yang dianjurkan oleh Allah, akan tetapi amalan tersebut bisa hilang secara sia-sia jika mereka menyakiti hati orang lain. Sebesar apapun amalan tersebut, tidak akan berbuah menjadi pahala yang bisa membantu mereka menghadapi siksa neraka.

Hal itu tentunya sangat merugikan dan sangat sia-sia bagi mereka, namun itulah yang menjadi balasan setimpal bagi orang yang selalu mencela sesamanya. Allah tidak akan membiarkan hambanya yang tersakiti berada dalam kerugian sehingga mereka yang selalu melakukan fitnah tidak akan pernah tenang selama hidupnya.

Tidak Mungkin Diizinkan Surga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mereka yang selalu menyakiti hati orang lain tidak akan pernah dimasukkan ke dalam surga. Hal tersebut karena menyakiti orang lain termasuk ke dalam salah satu dosa besar yang dikutuk di dalam agama Islam. Jika melakukan hal tersebut, maka mereka pasti tidak akan bisa masuk ke dalam surga.

Rasulullah pernah bersabda bahwa seseorang yang membuat tetangganya tidak aman akan dilarang untuk memasuki surga. Orang yang selalu membuat orang lain merasa tidak berada dalam lingkungan yang aman dan sejahtera akan ditutup kesempatannya untuk menyentuh pintu surga. Karena itu, sebagai manusia alangkah lebih baik jika kita selalu hidup dalam kerukunan bersama orang lain.

Baca juga:  5 Pantangan Suami Saat Istri Hamil Menurut Islam yang Wajib Dipahami

Apa yang Harus Dilakukan Jika Disakiti Orang Lain

Banyak yang merasa penasaran mengenai apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kitadan banyak diantara kita yang ingin membalas dendam saja. Akan tetapi, hal tersebut bukan hal yang terlalu direkomendasikan karena kita justru tidak ada bedanya dengan mereka. Sebaliknya, inilah hal yang harus dilakukan jika disakiti oleh orang lain.

Perbanyak Membaca Dzikir

Hal yang harus dilakukan jika kita disakiti oleh orang lain adalah dengan memperbanyak bacaan dzikir. Dzikir adalah salah satu obat sakit hati yang sangat ampuh karena dengan menyebut asma Allah maka kita bisa merasa lebih tenang dan tidak terlalu sakit hati dengan kejadian yang menimpa kita.

Belajar Memaafkan

Perasaan marah dan sedih yang berlarut-larut bisa membuat kita merasa terjerumus pada dosa yang sangat berbahaya. Karena itu daripada menunggu apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita,maka lebih baik jika belajar memaafkan mereka terlebih dahulu. Hal ini terdengar sangat klise, akan tetapi jika kita tidak belajar memberi maaf maka kitalah yang terjebak di masa lalu.

Meskipun Anda memaafkan mereka, pastikan bahwa perilaku yang mereka lakukan tidak pernah hilang dari benak. Karena dengan begitu, maka Anda bisa mencoba untuk melangkah maju dan tidak melakukan perbuatan tercela yang justru merugikan diri sendiri.

Tidak Membalas Perbuatan Mereka dengan yang Lebih Buruk

Jika disakiti oleh orang lain, maka jangan balas perbuatan yang mereka lakukan dengan lebih buruk lagi. Alangkah lebih baik jika Anda bertingkah seolah-olah mereka tidak pernah hadir di dalam kehidupan dan lakukan apa yang membuat diri merasa bahagia.

Mencari tahu apakah Allah akan membalas orang yang menyakiti kita menjadi salah satu hal yang penting. Namun, pastinya Allah akan selalu memberi kerugian kepada mereka yang selalu menyakiti hati orang lain, terlebih jika orang tersebut tidak melakukan apa-apa.

Check Also

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka …