Amalan Malam Jumat untuk Wanita Sesuai Syariat Islam

Amalan malam jumat untuk wanita – Wanita memang menjadi makhluk yang disyariatkan untuk terus memperbaiki dirinya sendiri. Di malam jumat, banyak amalan yang bisa dilakukan oleh wanita, mulai dari untuk menghapus dosa atau membuat hidupnya berkah. Berikut ini adalah amalan malam jumat untuk wanita yang sesuai syariat Islam.

Berbagai Amalan Malam Jumat untuk Wanita

Amalan malam jumat untuk wanita
Amalan malam jumat untuk wanita

Ketika malam jumat, wanita diperbolehkan membaca doa-doa sebagai amalan. Doa-doa ini ada banyak jenisnya, Anda bisa memilih yang mana saja sesuai kemampuan diri, berikut dibawah ini merupakan berbagai amalan malam jumat untuk wanita, diantaranya:

Membaca Sholawat Nabi

Di malam jumat, wanita dianjurkan untuk membaca sholawat nabi. Membaca sholawat nabi sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun untuk malam jumat memiliki keutamaan yang lain. Ada banyak kelimpahan pahala yang diberikan oleh Allah.

Mereka yang sering melakukan sholawat juga akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad ketika hari kiamat tiba. Terdapat hadits yang mengatakan mengenai keutamaan membaca sholawat di malam jumat, berikut adalah terjemahannya.

Rasulullah SAW juga bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang diantara kalian bershalawat kepadaku kecuali shalawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai.“ (HR. Ibnu Majah)

Memperbanyak Istighfar dan Dzikir

Amalan malam jumat untuk wanita selanjutnya adalah membaca banyak istighfar dan melakukan dzikir kepada Allah. Pada hari jumat, mereka yang melakukan dzikir akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Amalan ini juga sering dilakukan oleh Rasulullah, meskipun ia Nabi yang tidak memiliki dosan.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Zakat Mal

Ada hadits yang mengatakan bahwa Rasulullah membaca istighfar dan dzikir seratus kali dalam sehari, terutama di malam jumat. Mereka yang tidak pernah lalai melakukan amalan tersebut akan diampuni dosanya oleh Allah dan memiliki hati yang tenang.

Membaca Syair Abu Nawas

Ketika malam jumat, wanita juga diperbolehkan untuk membaca syair Abu Nawas. Syair ini digunakan oleh Abu Nawas untuk melakukan pertaubatan kepada Allah. Banyak pula santri yang membaca syair ini di malam jumat sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan ampunan Allah.

Untuk membaca syair Abu Nawas, Anda bisa membacanya dengan bahasa Indonesia atau bahasa Arab, boleh yang mana saja karena memiliki makna yang sama. Berikut adalah syair Abu Nawas yang bisa Anda lafalkan dalam bahasa Indonesia.

Wahai Tuhanku! Aku tidaklah pantas menjadi ahli surga. Namun aku pun tak mampu dengan panasnya api neraka. Maka Terimalah taubatku dan ampunilah dosaku. Karena sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa yang besar.

Membaca Surat al-Kahfi

Amalan malam jumat untuk wanita lain yang bisa dilakukan adalah membaca surat al-Kahfi. Tidak hanya mereka yang wanita saja sebenarnya, sunah ini juga disarankan untuk semua umat Muslim guna melindungi dirinya sendiri. Surat al-Kahfi bisa dibaca setelah melakukan sholat fardhu atau sholat sunnah.

Dianjurkan dibaca selepas melakukan sholat maghrib hingga waktu sholat isya, namun boleh juga dibaca setelahnya. Ada hadits yang mengatakan bahwa mereka yang membaca surat al-Kahfi pada malam jumat akan mendapatkan cahaya diantara dua jumat, yakni jumat ini dan jumat depannya.

Ibadah yang Dianjurkan Dilakukan oleh Wanita pada Malam Jumat

Selain membaca doa-doa diatas, wanita juga dianjurkan untuk melakukan ibadah-ibadah dibawah ini, diantaranya adalah:

Baca juga:  Kumpulan Doa Mohon Ampun Dari Dosa Besar Dan Cara Melakukannya

Memakai Minyak Wangi

Wanita memang tidak diwajibkan untuk memakai wewangian, namun menggunakannya di hari jumat akan menjadi ibadah. Sebab hari jumat merupakan hari terbaik bagi umat muslim. Ada hadits riwayat muslim yang menjelaskan masalah ini, yakni:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Memotong Kuku

Amalan lain yang bisa dilakukan oleh wanita adalah memotong kuku. Kuku yang dibiarkan panjang akan menjadi tempat bernaung syetan. Karena itu, Anda disarankan untuk selalu menjaganya agar pendek dan rapi. Memotong kuku bisa dilakukan di hari jumat atau kamisnya.

Batasan memotong kuku sebagai amalan malam jumat untuk wanita sebenarnya tidak ada hadits shahih yang menjelaskan secara rinci. Namun ulama menganjurkan untuk memotong kuku pada hari jumat karena merupakan hari raya mingguan.

Memakai Pakaian yang Baik

Selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang baik, ibadah ini tidak hanya diberikan untuk kaum laki-laki saja, namun juga perempuan. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah, yakni:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

Dari hadits tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hari jumat merupakan hari yang istimewa untuk seluruh umat Islam. Karena itu, mereka disarankan menggunakan pakaian yang baik dan disarankan merupakan pakaian yang berwarna puth.

Baca juga:  Ayat Alquran Tentang Mendidik Anak Menurut Islam

Melakukan Sholat Tasbih

Amalan malam jumat untuk wanita terakhir adalah melakukan sholat tasbih. Sholat tasbih bisa dilakukan di malam jumat untuk meminta ampunan kepada Allah. Ibadah ini sangat baik jika dilakukan di malam jumat karena merupakan hari beribadah dalam Islam.

Diatas merupakan berbagai amalan malam jumat untuk wanita yang bisa Anda lakukan. Masing-masing ibadah merupakan ibadah dan doa yang mudah untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai amalan dan ibadah rutin untuk dilakukan tiap hari jumat.

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …