Adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah

Adanya Asmaul Husna Diterangkan Dalam Alquran Surah dan Ayat Apa Saja?

Diposting pada
Asmaul husna terdiri dari 2 kata yang berarti nama baik. Membahas ✓ adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah dan ayat ✓ keutamaan membacanya
Bagikan artikel ini

Adanya asmaul husna diterangkan dalam alquran surah? Setiap muslim pasti mengenal asmaul husna, yaitu nama-nama sempurna yang hanya dimiliki oleh Allah SWT. Asmaul husna terdiri dari 2 kata, yaitu asma yang artinya nama dan husna yang artinya baik dan indah. Keberadaan asmaul husna dijelaskan dalam surat Al-Quran, salah satunya adalah Surah Thaha.

Dalam surah tersebut, tercantum ada banyak makna dari nama-nama banik dan indah yang hanya dimiliki oleh Allah. Selain itu juga masih ada banyak ayat di dalam Al-Qur’an yang menerangkan tentang asmaul husna.

Adanya Asmaul Husna Diterangkan dalam Alquran Surah Apa Saja?

Adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah?
Adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah?

Sebagaimana sudah diketahui oleh umat muslim bahwa Al-Qur’an adalah sumber pembelajaran dan pedoman dalam menjalankan hidup. Salah satu yang bisa ditemukan di dalam Al-Qur’an adalah nama-nama baik Allah atau asmaul husna.

Adanya asmaul husna diterangkan dalam alquran surah dan ayat yang tidak hanya di dalam satu surah saja. Ada beberapa surah yang menjelaskan tentang keistimewaan dan kesempurnaan nama-nama Allah ini. Berikut adanya asmaul husna diterangkan dalam alquran surah dan ayat seperti dibawah ini.

QS Al-A’raf: 180

Adanya asmaul husna diterangkan dalam alquran surah dan ayat yang salah satunya adalah di dalam QS Al-A’raf ayat 180. Berikut adalah bunyi ayat tersebut berikut dengan artinya.

وَلِلّٰهِ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى فَادۡعُوۡهُ بِهَا‌ ۖ وَذَرُوا الَّذِيۡنَ يُلۡحِدُوۡنَ فِىۡۤ اَسۡمَآٮِٕهٖ‌ ؕ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ‏

Walillaahil asmaaul husna fad’uuhu bihaa. Wadharulladziina yulkhuduuna fii asmaa-ihi sayujzawnamaa kaanuu ya’maluun.

Artinya: “Dan Allah SWT memiliki asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-namaNya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS Al-A’raf: 180)

Ayat ini menjelaskan tentang Asmaul Husna yang hanya dimiliki oleh Allah SWT. Selain itu pada ayat ini juga dijelaskan tentang keutamaan dari menyebutkan asmaul husna dalam doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

QS Thaha: 8

Adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah dan ayat yang paling mudah ditemukan adalah di QS. Thahaa: 8. Ayat ini memang sangat pendek namun cukup menjelaskan bahwa hanya Allah yang memiliki nama-nama baik ini.

اَللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ‌ؕ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى

Allahu laa ilaaha illa huwaa lahul asmaaul husna.

Artinya: “Dialah Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai asmaaul husna (nama-nama yang baik).

QS Al-Hasyr: 24

Adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah dan ayat tepatnya di dalam QS Al-Hasyr ayat 24. Di dalam ayat ini dijelaskan berbagai nama baik Allah, bahwa hana Allah yang sanggup menciptakan langit dan bumi beserta isinya dan hanya Allah satu-satunya yang patut disembah.

هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ

Huwallaahu alkhaaliqu albaari’u almusawwiru lahul asmaul husnaa yusabbihuu lahu maa fissamaawaati wal ardhi wahuwal ‘aziizul hakim.

Artinya: “Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maka Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

QS Al-Isra’: 110

Keagungan dan adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah dan ayat berikutnya, yaitu di dalam QS Al-Isra’ ayat 110. Ayat ini menjelaskan bahwa kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk menyerukan nama-nama baik Allah, asmaul husna ini.

قُلِ ادۡعُوا اللّٰهَ اَوِ ادۡعُوا الرَّحۡمٰنَ‌ ؕ اَ يًّا مَّا تَدۡعُوۡا فَلَهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى ‌ۚ وَلَا تَجۡهَرۡ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتۡ بِهَا وَابۡتَغِ بَيۡنَ ذٰ لِكَ سَبِيۡلًا

Qulid’ullaaha awid’ur-rahmaan, ayyam ma tad’u fa lahul asma’ul husnaa, wa laa taj-har bissalaatika wa laa tukhaafit bihaa wabtaghi baina dzaalika sabiila.

Artinya: “Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al-asmaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkanNya dan carilah jalan tengah diantara kedua itu”. (qS Al-Isra’: 110)

QS Az-Zariyat: 58

Kemuliaan akan adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah dan ayat terdapat pada QS Az-Zariyat ayat 58. Di dalam ayat ini dijelaskan nama-nama baik Allah, yaitu bahwa Allah adalah Dzat yang mengatur rejeki. Ayat ini juga memerintahkan setiap umat untuk senantiasa bersyukur atas rejeki yang diperoleh.

اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الۡقُوَّةِ الۡمَتِيۡنُ

Innallaaha huwar razzaaqu dzul quwwaati al-matiin.

Artinya: “Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi reezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (QS Az-Zariyat: 58).

Keberadaan Asmaul Husna Dijelaskan dalam Surat Al-Quran dan Keutamaan Membacanya

Keutamaan membaca asmaul husna
Keutamaan membaca asmaul husna

Sebagaimana penjelasan di atas, asmaul husna adalah nama-nama baik yang hanya dimiliki oleh Allah dan semuanya tertulis serta dijelaskan di dalam berbagai surat Al-Qur’an. Mengimani Allah termasuk juga nama-nama baik Allah merupakan salah satu dari rukun iman.

Dalam berbagai hadits bahkan disebutkan jika membaca asmaul husna apalagi menghapalkannya bisa memberi keutamaan yaitu membawa kita masuk ke surga Allah. Nah, setelah mengetahui adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah dan ayatnya, kita juga harus tahu apa saja keutamaan dan manfaat membacanya.

Mendekatkan Diri kepada Allah

Membaca dan memahami asmaul husna beserta artinya akan membuat kita mengenal Allah dan sifat-sifat sempurna yang dimiliki-Nya. Dengan begitu, kita sebagai hamba akan semakin mengenal dan dekat dengan Allah Sang Maha Pencipta. Maka akan semakin besar pula keimanan kita, bahwa tidak ada yang patut disembah kecuali Allah.

Mendapatkan Ampunan dari Allah

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak sempurna, dalam artian manusia tidak pernah luput dari khilaf dan dosa. Lantas apa hubungannya asmaul husna dengan ampunan dari Allah?

Sebagaimana salah satu asmaul husna Allah, yaitu Al-Affuwu yang artinya Maha Pengampun. Dengan bertaubat kemudian membaca asmaul husna dan mendekatkan diri kepada-Nya, maka Allah akan memberikan ampunan-Nya kepada siapapun hamba-Nya yang sungguh-sungguh bertaubat.

Menjadi Orang yang Senantiasa Bersyukur Atas Nikmat Allah

Keutamaan berikutnya dari membaca dan menghafalkan 99 asmaul husna beserta artinya adalah bisa memuat kita menjadi orang yang senantiasa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Tak sedikit manusia yang ingkar terhadap nikmat yang Allah berikan.

Maka dengan senantiasa mengingat Allah dan nama-nama baikNya, kita akan senantiasa diingatkan tentang kenikmatan yang Allah beri dan tidak ada kenikmatan yang kita dapat dalam hidup ini melainkan dari Allah SWT.

Mengabulkan Segala Doa

Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa adanya asmaul husna diterangkan dalam alquran surah Al-A’raf ayat 180 diatas. Ayat tersebut menjelaskan tentang asmaul husna, bahwasannya kita diajarkan untuk menyebutkan asmaul husna saat berdoa dan memohon kepada Allah. Ayat ini menjadi dasar bahwa sebelum berdoa, kita dianjurkan untuk membaca asmaul husna.

Membaca asmaul husna artinya kita memuji Allah dengan segala nama-nama baik yang dimilikiNya. Dengan begitu, atas izin Allah, setiap doa yang kita panjatkan bisa didengar dan dikabulkan oleh Allah.

Menghindarkan dari Sifat Pelupa dan Mencerdaskan

Asmaul Husna terdiri dari 99 nama baik yang dimiliki oleh Allah. Dengan menghafal asmaul husna bisa membuat kita terhindar dari sifat pelupa. 99 nama-nama baik Allah ini akan menstimulasi otak untuk bisa mengingat dengan baik.

Semua umat muslim wajib mengimani adanya Allah beserta nama-nama baik yang Allah miliki. Selain itu juga harus diketahui apa saja nama-nama baik yang dikenal dengan asmaul husna tersebut. adanya asmaul husna diterangkan dalam Alquran surah, ayat beserta manfaat yang bisa didapat dari membacanya.