3 Amalan yang Tidak Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia – Ketika seseorang muslim telah meninggal maka terputuslah semua amal perbuatannya, namun ada 3 amalan yang tidak akan terputus dan terus mengalir. 3 amalan yang tidak terputus walaupun sudah meninggal dunia yaitu amal Jariah, doa anak soleh, dan ilmu yang bermanfaat.

Amalan-amalan tersebut akan terus mengalir, walau seseorang tersebut sudah meninggal. Sehingga amalan ini sangatlah bermanfaat bagi semua umat muslim. Semua itu telah diriwayatkan oleh Rasullulah SAW : Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara yaitu : amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak soleh.

Adapun beberapa keutamaan dari hadis Rasullullah tersebut, yaitu :

  1. Umat Islam telah diingatkan jika sudah meninggal dunia, nantinya semua amalnya terputus. Jadi sebagai umat muslim harus memperbanyak amal jariyah sebelum ajal menjemput.
  2. Apabila umat muslim terus berusaha untuk menjalankan amal jariyah maka pahalanya tidak akan putus. 

Pengertian Amal Jariyah Dalam Ajaran Agama Islam

Ada sebagian orang yang masih bingungmengenai apa itu amal Jariyah. Padahal melaksanakan amal kebaikan adalah kewajiban semua umat Islam. Ada banyak keutamaan mengamalkan amal Jariyah yaitu akan mendapatkan pahala yang tidak putus-putus. Tentu semua itu didasari atas ikhlas dan mengharap ridho Allah.

Dalam bahasa Arab, amal jariah berarti mengalir, sehingga bisa disimpulkan bahwa perbuatan baik yang mendatangkan pahala yang mengalir bagi yang melakukannya. Walau seseorang sudah meninggal, pahalanya terus mengalir.

Pahala terus mengalir ini didapatkan dari orang-orang yang memanfaatkan hasil amal yang sudah diperbuat selama masih hidup. Tentu ini menjadi kelebihan amal jariyah dibandingkan amalan-amalan lainnya. Mengingat selain amal jariyah, hanya mendapatkan sekali balasan setiap perbuatan baik.

Baca juga:  4 Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

Sebagai umat muslim memiliki hakikat untuk beriman kepada Allah dan juga berbuat baik di dalam kehidupan. Jadi selain beribadah kepada Allah SWT, sebagai umat muslim haruslah menjalin hubungan dengan sesama manusia.

3 Amalan yang Tidak akan Terputus Setelah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia
3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia

Sebagai umat muslim, harus ambil hikmah dari hadist tersebut. Teruslah untuk melakukah hal-hal baik selama hidup agar menjadi umat yang beruntung di akhirat kelak. Sangat beruntung sekali bagi mereka yang mampu melaksanakan amal jariyah selama hidup di dunia.

Amal yang tidak terputus-putuslah akan menemani seseorang saat di dalam kubur ketika harta dan anggota keluarga pergi meninggalkannya. Bagi yang mengamalkan kebaikan maka akan mendatangkan pahala yang besar.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai 3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

Amalan Jariyah

Amal jariyah merupakan sebuah pemberian dari orang muslim kepada orang yang berhak dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. Amalan bisa dikatakan Jariyah adalah amalan yang memiliki dampak baik bagi orang yang menerimanya untuk jangka waktu lama.

Amalan jariah ini sifatnya berkelanjutan untuk jangka waktu yang lama. Sehingga umat muslim yang menerimanya bisa merasakan manfaatnya. Amalan yang termasuk Jariyah adalah memberi wakaf, menyumbang dana untuk membangun rumah sakit, membangun masjid, dan bersedekah kepada fakir miskin serta yatim.

Amal jariah yang cukup bermanfaat untuk umat muslim adalah membangun masjid. Diketahui bahwa Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim sehingga menjadi tempat berkumpulnya semua orang. Sehingga pahala dalam membangun masjid tidak main-main. Pahalanya akan terus mengalir walau orang yang membuatnya sudah meninggal.

Bagi orang yang membangun masjid, nantinya Allah SWT akan membangunkan sebuah rumah di surga. Dalam hal ini kamu tidak harus membangun masjid besar dan mewah, kamu juga bisa membuat masjid kecil namun sangat bermanfaat untuk umat muslim. 

Baca juga:  Ayat Alquran tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Ilmu yang Bermanfaat

3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia selanjutnya adalah ilmu yang bermanfaat. Ilmu agama yang diajarkan kepada orang lain dan mau mengamalkannya maka pahalanya akan mengalir deras.

Terlebih mendidik anak di generasi seperti saat ini adalah sebuah perjuangan yang keras. Dibutuhkan kesabaran, dan keikhlasan untuk mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Bagi para orang tua yang terus tekun mengajarkan ilmu agama dan al-quran kepada anak-anaknya sampai bisa membaca dan memahaminya, akan mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini adalah mendapatkan pahala yang terus mengalir dan pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih indah dari cahaya matahari.

Doa Anak Soleh

Anak merupakan titipan yang paling berharga bagi pasangan suami istri. Anak-anak soleh merupakah hasil kerja keras orang tua dalam mendidik dan membimbingnya. Dalam agam Islam sangat dianjurkan untuk orang tua memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Terutama ilmu agama agar nantinya anak akan mengenal lebih dalam tentang agama Islam dan terus tumbuh menjadi anak soleh.

Saat ini banyak orang tua yang memiliki banyak kekayaan dan terpandang namun tidak mau shalat, mengaji, dan bahkan datang ke majelis ilmu. Dalam hal ini semoga Allah SWT memberikan petunjuk.

Apabila seorang suami istri memiliki anak yang soleh, maka anak tersebut akan selalu taat untuk menjalankan perintah dan menjahui larangan Allah. Ketika orang tuanya sudah meninggal, sebagai anak yang soleh maka akan selalu mendoakannya. Maka pahala akan mengalir baginya.

Itulah penjelasan mengenai 3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia. Sebagai umat muslim sebaiknya mengamalkan amalan-amalan tersebut dengan rasa ikhlas tanpa sombong dan mengharapkan ridho Allah. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari.

Check Also

Kisah nyata sukses dengan sholawat

Inspirasi Kisah Nyata Sukses Dengan Sholawat

Kisah nyata sukses dengan sholawat – Kita tentu sering sekali mendengar sholawat Nabi dibacakan dalam …