Perlu Diingat, 11 Dosa Yang Tidak Diampuni Allah Meski Bertaubat

Agama Islam mewajibkan setiap umatnya untuk berbuat baik dan selalu berpegang teguh untuk selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Namun yang namanya manusia tidak lepas dari khilaf atau perbuatan yang tidak disengaja sehingga meninggalkan dosa sebagai ganjarannya. Kali ini akan dibahas mengenai 11 dosa yang tidak diampuni Allah meski bertaubat. Apa saja dosa itu?

Pengertian Dosa

Dosa atau dalam bahasa Arab disebut itsm dan ‘ishyaan adalah berpaling dari perintah allah atas sejumlah kelalaian dan kesalahan yang dilakukannya. Ternyata setiap dosa memiliki kriteria, ada dosa kecil dan juga dosa besar yang sampai pengampunannya tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Perbuatan dosa merupakan salah satu perangkap setan dan apabila masih dilakukan sama sekali mendapatkan pengampunan dari Allah. Seiring waktu berjalan, sifat manusia yang penuh dosa akan semakin berkhianat dari perintah Allah. Dan nantinya dosa tersebut akan menenggelamkan manusia dalam siksa neraka.

11 Dosa yang Tidak Diampuni Allah Meski Bertaubat

Sebenarnya untuk mengarah ke jalan yang tidak baik dan berbuah dosa, seseorang umat pasti memiliki alasan tersendiri. Kadar keimanan yang menipis sering menjadi alasan paling utama. Jika iman seseorang mudah goyah dan patah, sudah bisa dipastikan mereka akan mudah dipengaruhi ke jalan penuh dosa. Ada 11 dosa yang tidak diampuni Allah meski bertaubat, berikut penjelasannya.

Menyekutukan Allah

Menyekutukan Allah atau dalam Islam disebut dengan Syirik menjadi salah satu dosa yang tidak pernah diampuni oleh Allah. Bahkan Allah SWT pernah menyebut jika orang yang berbuat syirik tidak akan pernah merasakan bau surga.

Hal ini tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 48 berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغۡفِرُ اَنۡ يُّشۡرَكَ بِهٖ وَيَغۡفِرُ مَا دُوۡنَ ذٰ لِكَ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ۚ وَمَنۡ يُّشۡرِكۡ بِاللّٰهِ فَقَدِ افۡتَـرٰۤى اِثۡمًا عَظِيۡمًا‏

Innal laaha laa yaghfiru ai yushraka bihii wa yaghfiru maa duuna zaalika limai yashaaa'; wa mai yushrik billaahi faqadif taraaa isman 'aziimaa

Arti surat An-Nisa ayat 48: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.”

Gambar surat An-Nisa Ayat 48

Berputus Asa

Kemudian dosa yang sulit mendapatkan ampunan Allah SWT adalah berputus asa dan tidak yakin dengan doanya kepada Allah. Selama ini Rahmat dari Allah merupakan salah satu jaminan kepada umat manusia selama masih mau berusaha. Jika umat Islam ragu, maka dia tidak akan pernah mendapatkan rahmat itu. Hal tersebut tertuang dalam Surat Yusuf ayat 87 berbunyi,

يٰبَنِىَّ اذۡهَبُوۡا فَتَحَسَّسُوۡا مِنۡ يُّوۡسُفَ وَاَخِيۡهِ وَلَا تَايۡــَٔسُوۡا مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّهٗ لَا يَايۡــَٔسُ مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡكٰفِرُوۡنَ

Yaa baniyyaz habuu fatahassasuu miny Yuusufa wa akhiihi wa laa tai'asuu mir rawhil laahi innahuu laa yai'asu mir rawhil laahi illal qawmul kaafiruun

Arti surat Yusuf ayat 87: “Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.”

Gambar surat Yusuf Ayat 87

Aman dari Ancaman Allah

Dosa berikutnya adalah selalu mengaku jika dirinya aman dari ancaman Allah. Sebenarnya Allah itu maha pengampun. Setiap kesalahan dari manusia akan selalu mendapatkan pengampunan selagi masih ingin bertobat. Seseorang yang merasa dirinya benar akan menjadi salah satu orang yang merugi di kemudian hari.

Durhaka

Dosa yang tidak pernah mendapatkan pengampunan berikutnya adalah anak yang durhaka. Perbuatan durhaka kepada orang tua khususnya merupakan salah satu tindakan yang dilaknat oleh Allah. Perbuatan ini jika dilakukan di kemudian hari akan mendapatkan celaka atas kesombongan dan perilaku yang merendahkan orang tua tersebut.

Membunuh

Mengambil nyawa seseorang merupakan salah satu dosa yang sangat sulit diampuni oleh Allah. Bahkan Allah sudah mengancam jika seseorang dengan sengaja membunuh seseorang ancaman terbesarnya adalah masuk ke neraka jahanam dan kekal di dalamnya.

Menuduh Berzina

Perbuatan yang dilakukan oleh Allah berikutnya adalah tuduhan kepada ada seseorang karena perbuatan zina. Apalagi perbuatan tersebut ditunjukkan kepada seorang wanita baik-baik. Azab besar akan menimpa orang yang sengaja menuduh berzina.

Melakukan Riba

Riba merupakan salah satu perbuatan yang tidak terpuji karena dianggap merugikan orang lain. Islam sudah menegaskan jika perbuatan riba memang merupakan salah satu perbuatan yang dibenci oleh Allah. Meskipun bertobat ancaman besar akan menanti di kemudian hari.

11 Dosa yang Tidak Diampuni Allah Meski Bertaubat

Musrik

Menyekutukan Allah masuk dalam 11 dosa yang tidak diampuni Allah meski bertaubat. Perbuatan ini menyalahi aturan agama Islam. Apalagi musrik termasuk perbuatan yang tidak percaya jika Allah itu ada. Orang yang musrik akan semakin mudah meninggalkan agama Islam.  

Mundur dari Syariat Islam

Islam mengajarkan seseorang untuk selalu mengingat jika perbuatannya harus sesuai dengan Syariat agama. Apabila seseorang dengan sengaja bersikap buruk dan merendahkan Syarikat Islam, bertaubat sekalipun dia tidak akan pernah mendapatkan ampunan dari Allah.

Memakan Harta Anak Yatim

Anak yatim sangatlah butuh perhatian khusus bagi para Penganut Agama Islam. Bagi umat Islam yang dengan sengaja memakan harta mereka akan dilaknat oleh Allah. Bahkan semua rezeki yang dimakannya tidak akan pernah mendapatkan berkah.

Berbuat Zina

Zina menjadi salah satu perbuatan keji dosanya sangatlah luar biasa. Bahkan selama ini perzinaan menjadi salah satu sebab rusaknya tatanan pemikiran seseorang. Sekali saja berbuat zina maka Allah tidak akan mengampuni tobat seseorang.

Penutup

Itulah 11 dosa yang tidak diampuni Allah meski bertaubat dan kamu memang harus menjauhi semua perbuatan tersebut. Semoga kita semua menjadi salah satu umat muslim yang terhindar dari perilaku perilaku dosa diatas. Jika memang berbuat dosa segeralah bertaubat dan jangan mengulanginya kembali. Sekian tulisan dari tim martabattujuh.com, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Check Also

Dosa yang tidak diampuni Allah walaupun bertaubat

Tak Banyak Tahu, Daftar Dosa yang Tidak Diampuni Allah Walaupun Bertaubat

Dosa yang tidak diampuni Allah – Setiap orang pastinya tidak lepas dari yang namanya dosa …