Pembahasan Tentang Hadits Sedekah Subuh

Hadits sedekah subuh – Allah SWT sangat menyukai manusia yang gemar bersedekah. Pintu surga terbuka lebar untuk umat muslim yang ikhlas dalam mendermakan hartanya untuk senantiasa membantu sesama muslim.

Hadits Sedekah Subuh

Terutama yang sedang ditimpa kesulitan maupun hartanya didermakan di jalan yang diridhoi oleh Allah. Dalam hal sedekah, ada hadits sedekah subuh yang mengandung keutamaan bersedekah pada waktu subuh.

Waktu terbaik untuk bersedekah adalah pada waktu subuh atau saat matahari belum terbit. Hal tersebut dikarenakan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa pada waktu subuh ada dua malaikat yang mendoakan umat muslim yang bersedekah agar harta yang disedekahkan diberi gantinya oleh Allah SWT. Sehingga sedekah subuh merupakan amal ibadah dengan keutamaan yang dahsyat.

Beberapa Hadits Sedekah Subuh

Sedekah subuh termasuk salah satu sedekah yang mana di mata Allah SWT dan para malaikat dianggap sangat istimewa. Sesuai namanya, amal ibadah ini dilakukan oleh umat muslim sebelum terbitnya matahari atau pada waktu subuh. Ganjaran atau pahala yang didapatkan oleh umat muslim yang melakukan amal ibadah sedekah subuh akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Di bawah ini adalah beberapa hadits yang membahas mengenai sedekah :

HR. Muslim

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”.

Hadits sedekah subuh yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya”

HR. Bukhari

Dari Abu Hurairah radliallahu anhu bahwa Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata;

“Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “

Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah radliallahu anhu berkata,: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahualaihiwasallam dan berkata,: “Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab:

“Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan”.

Hadits sedekah subuh yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.”

Ayat Al-Qur’an Tentang Sedekah

Ada juga beberapa surat dalam Al-Qur’an yang membahas mengenai sedekah :

QS. Al-Hadid ayat 18

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

QS. Al-Munafiqun ayat 10

Artinya : “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.”

Di samping hadits sedekah subuh, dibahas juga di QS. Al-Baqarah ayat 261

Artinya : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Hadits Sedekah Subuh dan Beberapa Keutamaannya

Makna sedekah subuh yakni pemberian dari seorang muslim untuk orang lain secara ikhlas dan sukarela. Jumlah harta yang disedekahkan tidak dibatasi oleh jumlah dan waktu tertentu. Sedekah yang dilakukan sebelum terbitnya matahari atau pada waktu subuh lebih luas dibandingkan dengan infak maupun zakat karena mempunyai beberapa keutamaan tersendiri antara lain :

Sebagai penaung di hari kiamat

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berbunyi “”Dan seseorang yang bersędekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”, sedekah subuh bisa menjadi naungan bagi umat muslim karena sedekah ini termasuk salah satu amal saleh.

Di hari kiamat kelak, jarak matahari sangat dekat dengan kepala manusia sehingga manusia tidak memiliki tempat bernaung. Berbeda dengan orang-orang yang saleh, mereka akan mendapatkan perlindungan dari salah satu amal saleh ini.

Merupakan salah satu dari kunci pintu masuk surga

Hadits sedekah subuh diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim salah satunya adalah “Barangsiapa menyedekahkan dua pasang kuda fisabilillah, niscaya akan dipanggil di surga kelak; Wahai hamba Allah, inilah kebaikan.

Jika ia ahli shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Jika ia ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika ia ahli sedekah ia akan dipanggil dari pintu sedekah. Dan jika termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu Ar- Rayyan.”

Hadits di atas memiliki makna bahwa setiap manusia pasti mempunyai keinginan untuk masuk surga sehingga harus melakukan berbagai amalan baik agar bisa menggapai keinginan tersebut. Terdapat banyak pintu surga, untuk bisa masuk ke dalamnya, sedekah subuh bisa menjadi salah satu amalan sebagai kunci untuk masuk ke surga.

Senantiasa didoakan oleh malaikat

Sedekah subuh sangat istimewa karena dua malaikat akan turun untuk mendoakan orang-orang yang melakukan amalan tersebut supaya mendapatkan gantinya dari Allah SWT. Sesuai dengan hadits sedekah subuh riwayat Bukhari dan Muslim yakni :

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Dapat membersihkan harta

“Katakanlah: “Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak memberi makan?” Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama kali menyerah diri (kepada Allah), dan jangan sekali-kali kamu masuk golongan orang musyrik”.

Di samping hadits sedekah subuh, arti QS. Al-An’am ayat 14 di atas mengandung makna bahwa sedekah subuh dapat membantu membersihkan harta yang tidak halal.

Check Also

Hadits tentang madu

Khasiat dan Hadits Tentang Madu Sebagai Obat

Hadits tentang madu – Madu termasuk salah satu cairan mujarab dari saripati beragam tanaman dan …