Hadits keutamaan belajar Al Quran

Anjuran dan Hadits Keutamaan Belajar Al Quran Wajib Diketahui

Diposting pada
Anjuran dan hadits keutamaan belajar Al Quran wajib diketahui. Artikel ini membahas mengenai ✓ anjuran ✓ hadits ✓ tanya jawab keutamaan belajar Al Quran
Bagikan artikel ini

Anjuran dan hadits keutamaan belajar Al Quran wajib diketahui. Membaca Al Quran merupakan ibadah paling utama di dalam agama Islam. Dalam semua perintah Allah SWT yang tertuang dalam Al Quran, terdapat ibadah khusus yang diberikan kepada semua umat Islam untuk meluangkan waktu membaca Al Quran. Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai sejumlah perintah Allah SWT dan hadits keutamaan belajar Al Quran yang akan membantu Kamu mendapatkan maknanya secara menyeluruh.

HR Al Baihaqi dalam sebuah hadits menyebutkan jika Nabi SAW perbah bersabda, “Sebaik-baiknya ibadahnya orang Islam adalah membaca dan memaknai Al Quran.” Dari pernyataan inilah bisa disimpulkan jika Al Quran memang memiliki khasiat yang sangat besar kepada kaum yang rutin membaca dan mempelajarinya.

Abu Dawud dalam sebuah hadits menyebutkan jika orang yang suka membaca Al Quran ibaratkan mencicipi semua jenis buah yang harum dan manis. Tetapi jika seseorang tidak pernah membacanya hanya akan bisa memakan buah yang manis namun tidak mendapatkan bau harumnya. Terdapat rahmat yang besar jika kaum muslim rutin dan rajin membaca Al Quran apalabi mempelajarinya selama hidupnya.

Hadits keutamaan belajar Al Quran
Hadits keutamaan belajar Al Quran

Anjuran Belajar Al Quran

Iman Al Bukhari meriwayatkan hadits keutamaan belajar Al Quran yang menganjurkan kita untuk belajar Al Quran. Beliau meneruskan sabda Rasulullah SAW:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

Artinya : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang selalu belajar dan mengajarkan Al-Qur`an”

Masih mengenai hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari sahabat Nabi Utsman bin Affan, Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam saat itu bersabda:

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

Artinya : “Sesungguhnya orang yang lebih utama di antara kalian yaitu orang yang belajar Al-Qur`an serta mengajarkannya.”

Dalam dua hadits keutamaan belajar Al Quran diatas dapat dijabarkan jika ada dua amalan yang bisa menjamin muslim menjadi seseorang yang sempurna dimata saudara semuslim lain, yakni belajar dan mengajarkan Al Quran. Dua hal antara belajar dan mengajarkan akan memberikan sisi baik muslim muncul dengan sendirinya sehingga akan membuat seorang muslim semakin sempurna.

Dengan meneladani dan mengikuti apa saja yang sudah Rosul jalankan, akan memberikan sebuah hal positif selama berada di dunia. Akan ada manfaat besar bagi kaum muslim yang bersungguh-sungguh menjalankan perintah Rosul dengan mengedepankan Al Quran sebagai pedoman hidupnya. Berikut dibawah ini akan mengulas mengenai beberapa hadits keutamaan belajar Al Quran.

Hadits keutamaan belajar Al Quran
Hadits keutamaan belajar Al Quran

Beberapa Hadits Keutamaan Belajar Al Quran

Al Quran menjadi petunjuk kepada umat manusia supaya mereka tidak tersesat ketika hidup di dunia ini. Sebuah wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Didalam Al Quran terdapat 114 surat serta 1.027.000 huruf. Banyak sekali hadits keutamaan belajar Al Quran yang bisa Kamu jadikan pedoman. Berikut ini sejumlah hadits yang bisa Kamu pelajari.

HR. Tirmidzi, Darami, dan Baihaqi

عَن اَبٍي سَعيدٍ رَضَي اللٌهُ عَنهٌ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلٌى اللٌه عَلَيهٍ وَسَلٌمَ يَقُولُ الرَبُ تَبَاَركَ وَتَعَالى مَن شَغَلَهُ الُقرُانُ عَن ذَكرِي وَمَسْئلَتيِ اَعطَيتُه اَفضَلَ مَا اُعطِي السْاَئِلينً وَفَضلُ كَلآمِ اللٌه عَلى سَائِرِ الكَلآمِ كَفَضلِ اللٌه عَلى خَلقِه رواه الترمذي والدارمي والبيهقي في الشعب .

Artinya: “Allah berfirman, ‘siapa saja yang disibukkan dengan Al-Qur’an jika dibanding berzikir kepada-Ku serta memohon kepada-Ku, maka Aku akan berikan semua hal yang lebih besar dibanding apa saja uang sudah dia minta ke Aku dan keutamaan kalam Allah tersebut untuk sebuah keutamaan Allah atas semua makhluk-Nya.”

HR. Muslim dan Abu Dawud

عَن عُقبةً بنِ عَامِرٍ رَضيِ اللٌهٌ عَنهٌ قَالَ خَرَجَ عَلَينًا رَسُولٌ اللٌه صَلْي اللٌه عَلَيهِ وَسَلٌمَ وَنخَنُ فيِ الصفٌةِ فَقَالَ اَيٌكُم يُحبٌ اَن يَغدُ وَ كُلٌ يَومٍ اِلي بُطحَانَ اَواَلى الَعقَيقَ فَيَاٌتيِ بِنَاقَتَينِ كَومَاوَينِ فِي غَيِر اِثمٍ وَلآ قَظيعَةِ رَحَمٍ فَقُلنَا يَارَسُولَ اللٌهِ كُلٌنَا نُحِبٌ ذَالِكَ قَالَ اَفَلآ يَغدُو اَحَدُكُمَ اِلَى المسَجِدِ فَيَتَعَلَمَ اَوفَيَقَرٌاَ ايَتَينِ مِن كِتَابِ اللٌه خَيرٌلَه مِن نَاقَتَينِ وَثَلآثُ خَيرُلَه مِن ثَلآثٍ وَاَربَعُ خَيرُلَه من اربع ومن اعدادهن من الأبل رواه مسلم وابو داوود

Artinya: “Rasulullah datang kemudian menemui kami di Shuffah, kemudian beliau bertanya, ‘Siapakah diantara yang setiap hari ke pasar Buth-han / Aqiq kemudian  ia pulang dengan membawa 2 ekor unta betina. Kemudian Kami menjawab, ‘Ya Rasulullah, kami semua sangat menyukai hal itu.’ Rasululullah kemudian bersabda, ‘Mengapa kalian tidak ke masjid kemudian mempelajari dan membaca 2 buah ayat Al-Qur’an, karena kebaikannya lebih dari pada dua ekor unta betina, 3 ayat lebih baik dari 3 ekor unta betina, setiap ayat akan sama seperti mendapatkan sejumlah unta.”

HR. Al-Bukhari, Muslim,  Ibnu Majah , Abu Daud, Tarmidzi, dan Nasa’i.

عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه

Artinya: “Dari Aisyah, Nabi SAW bersabda, “Orang-orang yang ahli dibidang Al-Qur’an akan berada dengan Malaikat pencatat yang benar, dan orang yang terbata-bata saat membaca Al-Qur’an namun mempelajarinya meski bersusah payah akan mendapatkan dua kali pahala.”

HR Bukhari, Tarmidzi, dan Nasa’i

عَن ابنِ عُمَرَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم لآحَسَدَ ألآ فيِ اثنَتَينِ رَجُلُ اتَاهُ اللٌهُ القُرانَ فَهُو يَقُومُ بِه انَأءَ اللًيلِ وَانَأءَ النَهَارِ وَرَجُلُ اعطَاهُ مَالآ فَهُوَ يُنفق مِنهُ انَأءَ الٌلَيِل وَانَأءَ النٌهَارِ رواه البخارى ومسلم والترمذى والنسائى وأبن ماجه

Artinya: Ibnu Umar RA meriwayatkan sebuah sabda Rasulullah SAW, “Iri hati tidak diperbolehkan kepada dua orang: Orang yang diberikan karunia oleh Allah (kemampuan dalam membaca/menghafal Al-Qur’an). Kemudian dia yang membacanya malam dan siang hari, serta orang yang sudah dikaruniai harta oleh Allah, kemudian ia menginfakkannya saat malam dan siang hari.”

HR Muslim

Dalam hadits keutamaan belajar Al Quran  yang diriwayatkan oleh HR Muslim, menerangkan jika orang-orang yang mempelajari dan membaca Al Quran akan di angkat derajatnya oleh Allah SWT. Hal ini tertuang dalam sabda Rosulullah SAW,

عَن عُمَرَ بنِ الخَطٌاَبِ رَضَي اللٌهُ عَنهُ قَالَ: قَالَ رَسُولٌ اللٌهُ عَلَيهِ وَسَلٌمَ اِنَ اللٌهَ يَرفَعُ بِهذَ االكتَاِبِ اَقَوامًا وَيَضَعُ بِه اخَرِينَ رواه مسلم

Artinya: “Allah Ta’ala akan mengangakat derajat sejumlah kaum melalui Al-Qur’an dan Dia akan merendahkan sejumlah kaum lainnya juga melalui kitab ini.”

HR. Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majah, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Haban

Abdullah bin Umar RA menjelaskan jika penghafal Al Quran akan di mulyakan oleh Allah SWT di akhirat. Hal tersebut tertuang dalam sabda Rasulullah SAW,

عَن عَبدِ اللٌهِ بنِ عُمَرَ رَضَى اللٌهُ عَنُهمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلَي اللٌه عَلَيِه وَسَلَمَ يُقَالُ لِصَاحِبِ القُرانِ اِقَرأ وَارتقٌ وَرَتٌلٌ كًما كُنتَ تُرًتٌلٍ فيِ الدُنيَا فَاِنٌ مَنزِلَكَ فيِ اخٍرِايَةُ تَقرَأهُا رواه أحمد والترمذي وأبو داوود والنسائي

Artinya: ” Pada hari Kiamat nanti akan diperintahkan kepada para ahli Qur’an, ‘Bacalah serta teruslah naik, bacalah memakai tartil layaknya yang sudah engkau  membaca memakai tartil ketika di dunia, karena sesungguhnya tempatmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca.

Hadits keutamaan belajar Al Quran
Hadits keutamaan belajar Al Quran

Tanya Jawab Hadits Keutamaan Belajar Al Quran

Jika berbicara mengenai hadits keutamaan belajar Al Quran akan banyak sekali timbul pertanyaan-pertanyaan yang datang dari kalangan masyarakat. Disini penulis membantu menjawab dari beberapa pertanyaan yang ada. Berikut pertanyaan dan jawaban yang sudah disiapkan oleh tim martabattujuh.com dibawah ini:

Apa yang dimaksud dengan mempelajari Al Quran?

Yang dimaksud dengan mempelajari Al Quran adalah mengaji merujuk pada aktivitas membaca Al Quran dan mempelajari isi didalam Al Quran tersebut. Aktivitas ini dalam agama Islam termasuk ibadah dan orang yang melakukan hal tersebut tentu akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Secara bahasa, mengaji memiliki arti belajar atau mempelajari isinya.

Apa hukumnya mempelajari Alquran dan Hadits?

Hukum dari mempelajari Al Quran adalah fardhu’ain, maksudnya adalah wajib hukumnya mempelajari Al quran bagi setiap umat muslim, dan jika tidak mempelajarinya maka akan berdosa.

Hukum dari mempelajari ilmu hadits lebih utama daripada menjalankan solat sunnah dan puasa sunnah, kerana mempelajari ilmu ini adalah fardu kifayah, sedangkan solat sunah dan puasa sunah hukumnya sunnah.

Apa keutamaan orang yang membaca dan mengajarkan Al Quran?

Orang yang ahli membaca Al Quran akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang yang masih terbata-bata membaca Alquran serta bersusah payah untuk mempelajarinya maka baginya hanya mendapat 2 Pahala. Hal tersebut didapat dari HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud.

Membaca saja sudah mendapatkan keutamaan khusus. Apalagi jika ditambah dengan mengajarkan ilmu Al Quran. Akan ada amalan jariyah yang didapat tidak akan terputus walaupun sudah wafat.

Bagaimana cara membaca Al Quran dengan baik?

Cara membaca Al Quran dengan baik dan benar yang paling dasar adalah harus mengenal huruf hijaiyah, mengenal tanda baca, kasrah, tajwid, rajin dan bersungguh sungguh dan yang terakhir mempunyai guru yang tepat.

Penutup

Demikian beberapa penjelasan mengenai hadits keutamaan belajar Al Quran  dan anjuran semua umat muslim untuk membacanya setiap hari. Semoga penjelaan dan beberapa hadits diatas semakin memperkuat iman dan takwa Kamu kepada Allah SWT untuk menjalankan semua perintahNya.