6 Tata Cara Wudhu dan Doanya Latin, Arab dengan Artinya

Tata cara wudhu dan doanya latin, arab dengan artinya – Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Wudhu yang artinya bersuci pun dilakukan dengan urutan beserta doanya. Setelah selesai melakukan wudhu pun harus membaca doa. Doa setelah wudhu pendek ini juga harus dihafalkan dan diucapkan setelah selesai melakukan wudhu.

Karena merupakan salah satu syarat sah sholat, doa sebelum dan sesudah wudhu pun merupakan beberapa doa harian yang harus diajarkan sejak dini.

tata cara wudhu dan doanya

Tata Cara Wudhu dan Doanya Latin, Arab Beserta Arti

Untuk memudahkan, berikut adalah tata cara wudhu dan doanya latin, arab berikut dengan artinya yang harus dihafalkan.

Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Artinya

Wudhu artinya bersuci, tujuannya adalah untuk bersuci atau membersihkan tubuh dari hadats kecil. Saat berwudhu ada urutan yang harus dilakukan secara teratur mulai dari awal hingga akhir. Selain itu ada pula sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Diantara sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan saat berwudhu adalah membaca doa sebelum dan sesudah wudhu. Doa sesudah wudhu dianjurkan untuk dibaca setelah semua urutan wudhu selesai dilakukan. Berikut lafadz doa sebelum wudhu yang pendek.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala”.

Bacaan Doa Setelah Wudhu Pendek dan Artinya

Membaca doa setelah wudhu pendek ini sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini ditegaskan oleh hadist riwayat Tirmidzi. Dalam hadist tersebut disebutkan bahwa ‘Umar bin Al-Khaththab radiyalahlu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda, barang siapa yang berwudhu kemudian mengucapka doa setelah wudhu ini maka akan dibukakan delapan pintu surga baginya.

Selain doa ambil air wudhu yang dianjurkan untuk dibaca sebelum berwudhu, sunnah lain yang juga dianjurkan untuk diamalkan dalam rangkaian proses bersuci ini adalah membaca doa sehabis wudhu. Berikut adalah lafadz doa wudhu yang bisa dibaca.

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhaduu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalahu. Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu. Allahumaaj ‘alnii minattawwaabiina waj ‘alnii minal mutaththohiriina waj ‘alnii min ‘ibaadikashshaalihiin.

Artinya: “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Yaa Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat, dan jadikanlah saya orang yang suci, dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh”.

Tata Cara Wudhu dan Sunnah-Sunnahnya

Sebagaimana yang sudah sedikit disinggung di atas, membaca doa setelah wudhu pendek merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan untuk diamalkan. Selain sunnah, dalam melakukan wudhu ada adab dan tata cara yang harus diikuti agar wudhu yang dilakukan sah.

gambar tata cara wudhu
Gambar tata cara wudhu

Tata cara atau adab urutan berwudhu dimulai dengan membaca basmallah dan membaca niat berwudhu hingga tertib harus diikuti secara berurutan. Lebih jelasnya, berikut adalah urutan tata cara berwudhu yang tertib.

Membaca Niat Wudhu

Mengucapkan atau membaca niat merupakan rukun wudhu paling awal. Dalam segala tindakan yang akan dilakukan niat menjadi sebuah amalan sah yang harus dilakukan untuk memulai suatu ibadah ataupun memulai suatu pekerjaan.

Membaca niat dengan baik atau memulai suatu pekerjaan atau ibadah dengan niat yang baik juga bisa menjadi kunci untuk membukakan pintu pahala dari Allah. Hal itu juga berlaku sebelum melakukan wudhu.

Bacaan niat wudhu diawali dengan basmallah, lalu kemudian diikuti dengan bacaan niat wudhu sebagaimana yang disebutkan di bacaan doa sebelum wudhu dan artinya diatas. Setelah membaca basmallah dan niat, baru kemudian diikuti dengan rukun wudhu lainnya.

Membasuh Seluruh Bagian Wajah

Urutan dan rukun wudhu yang tertib selanjutnya adalah membasuh wajah dengan air. Pada tahap ini seluruh bagian wajah harus terbasuh dengan sempurna, mulai dari bagian kening sampai dagu dan kedua pipi serta bagian pinggir telinga.

Membasuh Kedua Tangan Hingga Siku

Urutan rukun wudhu berikutnya adalah membasuh kedua tangan. Dalam tata cara wudhu, bagian tangan yang dibasuh adalah keseluruhan mulai dari ujung jari hingga bagian siku. Tahap ini dilakukan sebanyak 3 kali.

Mengusap Sebagian Bagian Kepala

Rukun wudhu yang harus dilakukan berikutnya adalah mengusap sebagian kepala dengan air. Yang perlu diperhatikan adalah tahap ini berbeda dengan tahap membasuh wajah. Bagian kepala yang diusap dengan air tidaklah secara keseluruhan.

Bagian rambut yang diusap dengan air pun tidak semuanya. Bagian yang diusap hanya sebagian saja, yaitu hanya rambut bagian depan dan tidak sampai mengenai bagian kepala secara keseluruhan.

Membasuh Kaki Hingga Mata Kaki

Urutan rukun wudhu selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah membasuh kedua kaki sampai bagian mata kaki. Hal ini sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dalam QS Al-Maidah: 6.

Rasulullah pun memberikan anjuran saat membasuh kaki ini, yaitu memastikan agar air yang membasuh kaki bisa mencapai mata kaki. Apabila ada keraguan apakah air dapat membasuh hingga mata kaki, maka diperbolehkan kemudian membasuh hingga bagian betis.

Dilakukan dengan Tertib

Rukun berikutnya adalah dilakukan dengan tertib atau berurutan. Tertib ini maksudnya bahwa rukun atau urutan berwudhu dilakukan secara berurutan sesuai dengan urutannya yang benar dan tidak dilakukan dengan melompati setiap urutannya. Jika tidak dilakukan secara tertib, maka wudhu dianggap tidak sah.

Penutup

Setelah mengetahui tata cara wudhu dan doanya latin, arab dan artinya, hal berikutnya yang harus diketahui adalah tentang sunnah-sunnah wudhu. Sunnah ini merupakan rangkaian tindakan untuk menyempurnakan wudhu yang jika dilakukan dapat menambah pahala. Salah satu sunnah tersebut adalah membaca doa wudhu dan sesudah wudhu diatas.

Demikian bahasan dari tim martabattujuh.com tentang tata cara wudhu dan doanya latin, arab dengan artinya. Berdasarkan urutan serta amalan sunnah yang bisa dikerjakan berkaitan dengan wudhu. Sebagai salah satu syarat sahnya sholat, jika wudhu dikerjakan dengan benar, tertib dan sah, maka juga akan membuat sholat menjadi sah.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …