Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah

Kumpulan Doa Setelah Sholat Sesuai Sunnah dan Dianjurkan Nabi

Diposting pada
Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah dan dianjurkan Nabi. Membahas tentang ✓ kumpulan doa setelah sholat fardu ✓ kumpulan doa setelah sholat sunnah ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah dan dianjurkan Nabi. Selepas melakukan sholat fardhu maupun sunnah, Anda tidak dianjurkan untuk bergegas melanjutkan aktivitas yang sebelumnya tertunda. Anda bisa duduk sejenak dan berdoa untuk meminta apa yang Anda inginkan kepada Allah. Sebagai panduan, berikut merupakan kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnahyang dianjurkan untuk dilakukan oleh Nabi.

Banyak ulama yang mengatakan bahwa berdoa selepas sholat merupakan sunnah, apalagi jika Anda menambahkan dzikir setelahnya. Banyak hadist shahih yang telah menguatkan aktivitas tersebut, yang juga diikuti dengan berbagai kumpulan doa yang direkomendasikan untuk dibaca.

Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah
Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah

Berbagai Kumpulan Doa Selepas Shalat Fardhu

Anda bisa membaca berbagai kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah tersebut selepas melakukan sholat fardhu. Anda boleh memilih salah satunya atau membaca keseluruhannya. Setidaknya berikut merupakan tata cara bagaimana berdoa selepas sholat fardhu yang banyak disarankan oleh ulama.

Membaca Istighfar

Sebelum berdoa, Anda disarankan untuk membaca istighfar terlebih dahulu sebagai bentuk kepasrahan diri kepada Allah. Dalam berbagai kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah, membaca istighfar juga bisa dilanjutkan dengan membaca dzikir terlebih dahulu, dan diikuti dengan sholawat Nabi.

Membaca Doa untuk Terhindar dari Siksa Neraka

Doa untuk menghindari siksa neraka bisa Anda sambung dengan doa menghindari siksa kubur. Sebelum membaca doa tersebut, Anda sebaiknya memohon ampun dan memberikan pujian kepada Allah. 

Sedangkan untuk doa menghindari siksa neraka, yang Anda baca sebanyak 3 kali. Anda bisa menggunakan lafadz doa terhindar dari siksa api neraka sebagai berikut, yakni:

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

"Allaahumma ajirnii minannaar"

Artinya: “Ya Allah, Lindungi aku dari siksa api neraka”

Melakukan Dzikir

Dalam kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah, Anda dianjurkan untuk membaca dzikir. Dzikir biasanya dilakukan sebanyak 33x, yang lafadznya bisa Anda sesuaikan sendiri. Umumnya untuk lafadz dzikir, Anda bisa menggunakan kalimat tahlil, takbir, tahmid, hamdallah, dan lafadz yang memiliki tujuan untuk menuji serta mengingat Allah.

Membaca Surah al-Quran

Selanjutnya, lanjutkan dengan membaca surah al-Quran, yang dimulai dari al-ikhlas, al-falaq, kemudian terakhir adalah an-nass. Ketiga surat tersebut bisa Anda baca masing-masing 3x, bisa juga hanya satu kali saja untuk pembacaannya.

Surah al-Quran lain yang bisa Anda baca adalah 7 ayat pertama surat al-Baqarah, bisa juga membaca ayat kursi. Membaca satu ruku’ terakhir surat al-Baqarah juga banyak ditemukan dalam berbagai kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah.

Setelah membaca kumpulan doa tersebut, Anda bisa memanjatkan hajat yang diinginkan. Lakukan dengan tulus dan penuh pengharapan bahwa doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah, selanjutnya Anda bisa membaca doa agar amalan diterima.

Doa Agar Amalan Diterima

Doa ini bisa Anda baca selepas melakukan sholat fardhu atau sholat sunnah, karena doa ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Doa agar amalan Anda diterima ini dimaksudkan agar doa yang Anda hajatkan menjadi mudah terkabul, berikut adalah lafadznya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allaahumma innii as aluka ‘ilmann naafi ’a(an), wa rizqonn thoyyibann, wa ‘amalann mutaqobbala(n).

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima).

Dalam kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah, membaca doa agar rajin beribadah juga disarankan. Dengan begitu, nantinya Anda akan memiliki semangat untuk terus mendekatkan diri kepada Allah dan menjalankan berbagai perintahnya.

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allaahumma a ’innii ‘alaa dzikrika wa syuk rika wa husni ‘ibaa datik(a).

Artinya : Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik.

Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah
Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah

Kumpulan Doa untuk Sholat Sunnah

Berbeda dengan sholat wajib, ada berbagai doa yang dikhususkan untuk diucapkan ketika sholat sunnah. Berikut ini merupakan kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnahkhusus untuk amalan sholat yang tidak termasuk sholat wajib. Anda bisa mempraktekkannya sekaligus dengan mengamalkan sholat sunnah tersebut, sehingga pengalamannya bisa dilakukan bersamaan dengan doa yang ingin Anda panjatkan.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa selepas shalat dhuha adalah sebagai berikut, sesuai dengan hadist shahih yang banyak meriwayatkannya.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ،وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Allaahumma innaddhuhaa a dhuhaa uk(a) wal bahaa a bahaa uka, wal jamaa la jamaa luka, wal quwwata quwwatuka, wal qud rata qud ratuka, wal 'is mata ‘is matuka. Allaahumma in kaa na rizqii fissamaa i fa anzilhu wa in kaa na fil ardi fa akhrijhu wa in kaa na mu ’assarann fa yassir hu wa in kaana haraa mann fa tah hirhu wa in kaana ba ’ii dann fa qarrib hu bi haqqi dhuhaa ika wa bahaa ika wa jamaa lika wa quwwatika wa qudratika aatinii maa aa taita ‘ibaa dakasshaa lihiin(a).”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Doa Setelah Sholat Tahajud

Dalam berbagai kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah, membaca doa setelah melakukan sholat tahajud juga banyak diriwayatkan oleh ulama dan perawi hadis. Berikut merupakan doa yang bisa Anda panjatkan selepas melakukan sholat di sepertiga malam tersebut.

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.

Allaahumma rabbanaa lakal hamdu anta qayyimussamaa waa ti wal ardhi wa man fii hinn(a). Wa lakal hamdu anta malikussamaa waa ti wal ardhi wa man fî hinn(a). Wa lakal hamdu anta nuurus samaa waa ti wal ardhi wa man fii hinn(a). Wa lakal hamdu antal haq(qu) wa wa‘ dukalhaq(qu) wa liqaa uka haqq(un). Wa qauluka haqq(un). Wal jannatu haqq(un). Wannaa ru haqq(un). Wannabiyyuuna haqq(un). Wa Muhammadunn shallallaahu 'alaihi wasallama haqq(un). Wassaa ‘a tu haqq(un).

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Dilanjut dengan:

اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma laka aslamtu wa bika amantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaa shamtu wa ilaika haa kamtu fagfirlii. Maa qaddamtu wa maa akkhartu wa maa asrartu wa maa a‘ lantu a maa anta a‘ lamu bihi minnii antal muqaddimu wa antal mu akkhiru laa ilaaha illa ant(a). wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah(i).

Artinya: Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah
Kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah

Penutup

Itulah diatas yang dapat tim martabattujuh.com tulis tentang kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah yang bisa Anda lakukan sebagai penambah amalan keseharian. Semoga bisa membantu Anda yang belum mengetahui panduan dan lafadz doa dari sholat-sholat tersebut.